Planet terburuk yang ditemukan untuk tinggal bagi manusia


Kategori : Science | Date : 23 July 2013
Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi, tujuannya untuk pindah suatu hari nanti. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya seperti bumi. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Tidak panas, memiliki air dan oksigen.

Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana. Beberapa planet lain diluar tata surya sudah diamati, ukurannya relatif cocok. Lagi lagi terlalu panas karena terlalu dekat dengan bintang.

Dibawah ini beberapa catatan dari penemuan ilmuan NASA dalam mengamati planet seukuran bumi.



Venus
Yang dekat saja selain planet Mars. Venus sangat dekat dengan matahari, jaraknya terdekat 24  juta mil dan terjauh 162 juta mil. Ukurannya 95% lebih kecil dari bumi. Panasnya minta ampun.
  Corot 7B  Corot 7b
Sebuah planet dengan jarak 489 tahun cahaya, ukurannya 1,5x lebih besar dari bumi. Diperkirakan panasnya 2.500 deg.C. Planet ini sangat dekat dengan bintangnya. Setahun disana sama seperti 20 jam di bumi. Permukaannya sudah pasti berbentuk lava dan gunung berapi.
  TrES-2b
Jarak dari bumi 750 tahun cahaya. Planet ini tidak banyak diketahui, tapi bentuknya lebih hitam. Hanya memantulkan 1% cahaya yang masuk. Para ilmuwan sendiri tidak mengetahui apa penyebab planet ini menyerap cahaya dari dalam.  Gelap bukan berarti planet ini dingin. Cahaya yang merah muncul di planet ini seperti kompor listrik yang membakar elemen. Diperkirakan suhunya mencapai 900 deg.C
Wasp-12b
Jarak dari bumi 1.100 tahun cahaya. Planet ini secara perlahan sedang ditarik oleh bintang di dekatnya. Membuat bentuk planet ini seperti telur karbon super panas.
  Kepler 16b
Tidak jauh hanya 200 tahun cahaya. Memiliki 229 hari setiap tahun. Masalahnya planet ini mengorbit di 2 bintang kembar di dekatnya, bukan panas. Tapi suhu disana lebih dingin dari bumi, minus 84 deg.C, terlalu dingin untuk bertahan hidup.
  Kepler 10b
Jarak 560 tahun cahaya. Kali ini panas mencapai 1.500 deg.C. Disebut Rocky super Planet dengan ukuran 1,4x lebih besar dari bumi, tapi planet ini memiliki kepadatan lebih besar dari bumi dan disebut batu raksasa.


  CFBDSIR2149
Planet ini baru ditemukan akhir tahun disebut planet sedih. Karena inti di dalamnya gagal menghasilkan fusi nuklir lalu berjalan sendirian tanpa memiliki matahari
  Super Earth Cancri e
Planet Super 55 Cancri e ukurannya jauh lebih besar dari Bumi. Tapi massanya lebih kecil, karena planet ini adalah planet gas. Keunikan planet Cancri e terletak di posisi sangat dekat dengan bintang induk, memiliki orbit 18 jam setiap tahun disana. Tertangkap oleh teleskop Spitzer
Lebih lanjut dengan Cancri E
Kappa Andromedae b Planet Kappa Andromedae b
Planet Kappa Andromedae b memiliki ukuran sangat besar. 13x lebih besar dari planet Jupiter. Salah satu planet terbesar yang pernah ditemukan manusia.

Cerita planet Beta Pictoris B terlihat dalam bentuk 6 pixel, planet ini tertangkap teleskop selama 1,5 tahun.ESO kembali mengamati planet Beta Pictoris B dari tahun 2014 sampai 2018, melihat dengan jelas sebuah planet raksasa. Seperti ini bentuk planet di luar tata surya. Ukuran planet Beta Pictoris B diperkirakan 10x lebih besar dari planet Jupiter.

Tugas Kepler berlanjut dengan Mission K2, sebentar lagi akan berakhir. Setelah menemukan 2.245 exoplanet, Nasa mengumumkan bahan bakar teleskop mencapai titik terendah. Artinya tidak akan lama misi berakhir. Selesai pengambilan data, Nasa akan menugaskan Kepler untuk misi terakhir.

Teleskop Hubble sudah 2 kali diperbaiki, untuk memperbaiki kualitas gambar dan melihat lebih detail dan lebih jauh. Tahun 2010 lalu, Hubble menambah peralatan dengan Ultra Deep Field Infra red. Mampu melihat sampai 480 juta tahu. Foto 15 ribu galaksi dalam satu gambar



Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak

Tata surya Trappist terlihat ada 7 planet. Tapi hanya 3 planet berada di zona habitat. Apakah bintang yang lebih kecil membuat planet layak huni. Peneliti mengatakan itu hanya salah satu faktor, update jarak antar planet.

Bintang GJ436 atau Gliese 436 ditemukan sebuah planet seukuran Neptunus, tapi orbitnya seperti komet. Disebut planet GJ436b memutar tidak searah dengan ekuator melainkan dari kutub. Mengapa planet tersebut memiliki orbit tidak biasa.

Bila melihat data alam semesta mungkin kita akan kaget. Dalam 10 tahun terakhir manusia baru bisa menjawab beberapa pertanyaan. Galaksi Bima Sakti berada di Laniakea, dan galaksi kita hanya sebagian kecil dari isi alam semesta. Ukuran paling tepat saat ini, jarak Bumi ke tepi galaksi adalah 66 ribu tahun cahaya.



Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.

Kriteria mencar planet mirip Bumi, kriteria apa saja yang ada dari penemuan sebuah planet. Ukuran yang tepat belum tentu planet cocok untuk manusia. Banyak kriteria mininum yang ada sampai manusia bisa tinggal di sebuah planet baru.

Yang berukuran sedang saja masih 90x lebih besar dari Matahari. Dan masih ada bintang Antares sejauh ini ukurannya sebagai bintang paling besar yang pernah dipelajari saat ini. Semua ada di galaksi Bimasakti. Bintang adalah sebuah gas, dan membentuk cahaya karena di dalam intinya terjadi fusi nuklir. Dan ukuran bintang serta usia bintang dengan perubahan bentuk

Teropong bintang Kepler sudah dipastikan harus pensiun. Melihat jasa satelit Kepler dalam 3 tahun terakhir, update dengan video. 20 tahun lalu manusia belum tahu setiap bintang pasti ada planet yang mengikuti. 6 Oktober kemarin adalah 20 tahun dari revolusi astronomi dimana manusia pertama kali melihat planet lain di luar tata surya.

Bintang pulsar adalah bekas bintang mati yang memadat menjadi sebuah bintang yang sangat padat. Membayangkan kepadatan bintang pulsar seperti memadatkan gunung Everest seukuran ransel. Apakah mahluk hidup bisa tinggal di sekitar bintang Pulsar

3 tahun lagi ada sebuah teleskop TESS untuk mencari planet kembaran bumi. Disusul 1 tahun kemudian teleskop James Webb. Update dari Dr Natalie tentang teknik pencarian kembaran bumi



Setelah mempelajari selama 8 tahun dari planet urutan ke 2 di tata surya kita. Pesawat tanpa awak Peneliti mengatakan ada perbedaan antara Venus dan Bumi. Venus tidak memiliki perisai magnetik seperti Bumi, mungkin inilah yang menyebabkan Venus tidak memiliki lautan.

Bila manusia benar pindah ke Mars, mungkin mereka yang beragama Islam akan dilarang untuk pergi kesana. Kelompok pemimpin di Uni Emirat Arab mengeluarkan keputusan bahwa umat Islam seharusnya tidak pergi ke planet Mars.

Satu lagi sebuah planet VP113 memiliki lebar 450km, menjadi planet terjauh telah ditemukan. Bahkan planet Sedna yang terakhir ditemukan mengelilingi matahari. Planet Sedna berada dibelakang Pluto, sekarang masih diteliti apakah masuk sebagai planet di tata surya

Tim ilmuwan menemukan sebuah planet dengan kandungan air, mengorbit bintang Bootis. Tim peneliti dari universitas Penn State dan lembaga terkait mengumumkan penemuan tersebut pada 24 Februari di The Astrophysical Journal Letters.

Jumlah satu tata surya seperti matahari di dampingi 9 planet, sedangkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti saja mencapai 2-3 ratus milliar bintang. Berapa banyak planet di galaksi kita. Tinggal dikalikan dengan 9 dari angka rata rata. Berapa perkiraan jumlah planet di alam semesta ini.

Siapa yang tahu seberapa besar benua Antartika. Sulit digambarkan karena selalu tetutup es. Teatpi ilmuan dari Nasa sudah bekerja keras dan memperkirakan daratan disana seperti tanah alien.

Awal tahun ini astronom menditeksi satu objek sangat terang, seperti ledakan. 7 bulan kemudian baru diketahui cahaya seperti ledakan tersebut berasal dari bintang mati GRB 130427A. Bintang tersebut melepaskan radiasi sinar gamma.

Sebuah planet dinami Kepler 78B sudah dipastikan memiliki ukuran seperti bumi dan jaraknya tidak jauh. Ukurannya pas dan agak lebih besar seperti bumi. Jaraknya tidak terlalu jauh dari bumi, masalahnya planet ini lagi lagi mengorbit terlalu dekat dengan bintang.

Tapi ada miliaran bintang yang membentuk alam semesta. Tidak semuanya sama, bahkan beberapa bentuk sangat unik. Melihat dari foto mereka memang menarik, tapi tidak menarik bila melihat dampak terjadinya disana. Seperti apa penampakan benda aneh di alam semesta.

Astronot pergi ke bulan , untuk berhubungan dengan radio terjadi keterlambatan 1.5 detik. Bagaimana bila berkomunikasi dari Saturnus ke Bumi. Bagaimana bila lebih jauh lagi. Mungkin manusia yang jauh disana masih bisa melihat dinosaurus ke bumi. Melihat ruang angkasa sama seperti melihat waktu, mengapa berbeda. Diterangkan secara ilmiah

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Foto diambil dari Hubble menampilkan sebuah gambar nebula IC 289. Letaknya di utara konstilasi Cassiopeia, dulunya bintang ini seperti matahari di bumi. Tetapi kehabisan bahan bakar dan inti core mulai mengecil, sedangkan sisa gas terus membesar keluar dari inti core

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.

Planet HD 189773b mirip seperti bumi terlihat dari luar angkasa. Peneliti menyebut planet HD 189773b adalah planet True Color, ditemukan oleh teropong Hubble.

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E

Kalau di tanya berapa jauh jarak 1 tahun cahaya itu. Bukan berarti satu sinar menempuh perjalanan selama 1 juta tahun, dan jaraknya menjadi sangat jauh. Berapa tepatnya jarak 1 tahun cahaya. Cahaya memiliki kecepatan dan dihitung dalam satuan cahaya.

Satu lagi planet Kepler 37b ditemukan. Tetapi ukurannya hanya sepertiga dari ukuran planet bumi, bahkan diperkirakan sedikit lebih besar dari bulan. Planet Kepler 37b memiliki jarak 210 tahun cahaya, tidak terlalu jauh kata peneliti.

Jaraknya 100.000 tahun cahaya dari bumi sebagai planet yatim paling dekat. Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya.

Gambar diambil oleh satelit observasi tanpa awak Voyager 1. Bumi hanya sebesar 1 titik saja.


No popular articles found.