Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi, tujuannya untuk pindah suatu hari nanti. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya seperti bumi. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Tidak panas, memiliki air dan oksigen.

Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana. Beberapa planet lain diluar tata surya sudah diamati, ukurannya relatif cocok. Lagi lagi terlalu panas karena terlalu dekat dengan bintang.

Dibawah ini beberapa catatan dari penemuan ilmuan NASA dalam mengamati planet seukuran bumi.



Venus
Yang dekat saja selain planet Mars. Venus sangat dekat dengan matahari, jaraknya terdekat 24  juta mil dan terjauh 162 juta mil. Ukurannya 95% lebih kecil dari bumi. Panasnya minta ampun.
  Corot 7B  Corot 7b
Sebuah planet dengan jarak 489 tahun cahaya, ukurannya 1,5x lebih besar dari bumi. Diperkirakan panasnya 2.500 deg.C. Planet ini sangat dekat dengan bintangnya. Setahun disana sama seperti 20 jam di bumi. Permukaannya sudah pasti berbentuk lava dan gunung berapi.
  TrES-2b
Jarak dari bumi 750 tahun cahaya. Planet ini tidak banyak diketahui, tapi bentuknya lebih hitam. Hanya memantulkan 1% cahaya yang masuk. Para ilmuwan sendiri tidak mengetahui apa penyebab planet ini menyerap cahaya dari dalam.  Gelap bukan berarti planet ini dingin. Cahaya yang merah muncul di planet ini seperti kompor listrik yang membakar elemen. Diperkirakan suhunya mencapai 900 deg.C
Wasp-12b
Jarak dari bumi 1.100 tahun cahaya. Planet ini secara perlahan sedang ditarik oleh bintang di dekatnya. Membuat bentuk planet ini seperti telur karbon super panas.
  Kepler 16b
Tidak jauh hanya 200 tahun cahaya. Memiliki 229 hari setiap tahun. Masalahnya planet ini mengorbit di 2 bintang kembar di dekatnya, bukan panas. Tapi suhu disana lebih dingin dari bumi, minus 84 deg.C, terlalu dingin untuk bertahan hidup.
  Kepler 10b
Jarak 560 tahun cahaya. Kali ini panas mencapai 1.500 deg.C. Disebut Rocky super Planet dengan ukuran 1,4x lebih besar dari bumi, tapi planet ini memiliki kepadatan lebih besar dari bumi dan disebut batu raksasa.
  CFBDSIR2149
Planet ini baru ditemukan akhir tahun disebut planet sedih. Karena inti di dalamnya gagal menghasilkan fusi nuklir lalu berjalan sendirian tanpa memiliki matahari
  Super Earth Cancri e
Planet Super 55 Cancri e ukurannya jauh lebih besar dari Bumi. Tapi massanya lebih kecil, karena planet ini adalah planet gas. Keunikan planet Cancri e terletak di posisi sangat dekat dengan bintang induk, memiliki orbit 18 jam setiap tahun disana. Tertangkap oleh teleskop Spitzer
Lebih lanjut dengan Cancri E
Kappa Andromedae b Planet Kappa Andromedae b
Planet Kappa Andromedae b memiliki ukuran sangat besar. 13x lebih besar dari planet Jupiter. Salah satu planet terbesar yang pernah ditemukan manusia.