Matahari membuat letupan besar 21 Juli 2013 hari Minggu kemarin


Science | 23 July 2013

NASA Solar Terrestrial Relations Observatory-Behind (Stereo-B) menangkap gambar menakjubkan minggu ini. Mengabadikan Mass Ejection Super Coronal atau pelepasan panas  di permukaan matahari disamping kanan planet Venus.

Tertangkap camera satelit pengamat matahari pada hari 21 Juli 2013 Minggu 23:24 . Dan mengarah ke sebelah barat laut matahari. Kecepatannya diperkirakan 715 mil perdetik.

Matahari hanya salah satu sebuah bintang kecil, tapi ledakan yang terjadi di permukaannya sangat kuat dan terjadi secara tiba tiba dan radiasi panasnya menyebar sangat cepat. Tetapi mengarah  ke Heliosphere SepertTidak terbayang bila bintang sekelas Super Red Giant mengalami hal seperti ini.


Berita terkait
Satelit SDO diluncurkan 11 Februari 2010, hari ini genap 7 tahun beroperasi mengamati permukaan matahari. Nasa merilis hasil rekaman matahari selama 5 tahun  dan 6 tahun (sampai 2016). Aktivitas matahari Juli 2017 terlihat terdapat lubang.

Peneliti dari universitas Nagoya, bersama rekan dari Amerika dan Swiss mengidentifikasi bekas kuatnya matahari di sebuah pohon tua. Berdasarkan penelitian tertanggal tahun 5480 sebelum Masehi atau 7000 tahun lalu ada tanda tanda ditemukan bekas kadar karbon-14 di lingkaran pohon. Mengapa jejak tersebut membekas di sebuah pohon.



Seperti apa erupsi matahari. Bila gas terlempar begitu besar sampai membentuk dinding api. Untuk pertama kali Nasa mampu menangkap letusan matahari besar dengan detail yang belum pernah diambil gambarnya.

Namanya matahari memang besar. Pembentukan sebuah lembah dengan jilatan api disana juga besar. Nasa mengabadikan lembah yang terbuka sepanjang matahari, bila dihitung panjangnya 300 ribu km.




No popular articles found.