Iklan Sao Paulo dibersihkan sejak 2006


Stuff | 20 July 2013

Tahun 2006 kota Sao Paulo menerapkan aturan baru untuk tata kota. Semua iklan dilarang berada di luar ruangan. Termasuk iklan outdoor, billboard bahkan nama toko harus diperkecil agar tidak terlihat seperti iklan. Dalam setahun , 15.000 papan iklan diturunkan. Dan ukuran nama toko diperkecil agar tidak melanggar undang undang.

Iklan yang ada di bus dan ruang terbuka akan dianggap ilegal. Termasuk menempelkan selebaran di jalan, tembok atau tiang listrik bisa terkena dena. Sekitar 8 juta dollar sudah dikenakan bagi pemasang iklan. Sao Paulo adalah kota terbesar nomor 4 di Amerika Selatan, menjadi kota paling bebas iklan dan kekacauan pemasangan billboard yang menganggu seperti di kota kota besar.

Ketika larangan pemasangan iklan disahkan, membuat perusahaan iklan bersiap tutup. Bahkan pihak kota kehilangan 133 juta dollar dari pendapatan iklan dan sekitar 20 ribu orang kehilangan pekerjaan. Yang lain menyebutkan kota ini seperti hutan beton yang hambar tanpa iklan. Menurut kalangan agency periklanan, iklan adalah seni dan menghilangkan kebosanan dijalan. Tapi peraturan tetap dijalankan, kota Sao Paulo harus menjadi kota tanpa iklan dijalan. Ukuran papan nama atau tanda dibatasi sampai 1,5 meter.

Aturan mulai diberlakukan Januari 2007, dan diberikan 90 hari bagi pemasang iklan menurunkan iklan mereka sendiri. Selama 3 bulan, pekerja sibuk menurunkan iklan yang dipasang. Bahkan 100 iklan besar setiap hari diturunkan.

Pada tahun 2011 dilakukan survei kepada penduduk, mereka mengatakan menguntungkan kota tanpa iklan. Kota yang dulunya tertutup iklan sekarang tampil dengan keindahan kota tersembuyi dari kekayaan yang dimiliki. Tahun 2008 fotographer Tony de Marco mengabadikan perubahan kota Sao Paulo, setelah semua iklan diturunkan dari ruang publik.

Kota lain yang memiliki aturan khusus untuk iklan di jalan. Vermont, Alaska, Hawai dan Maine di Amerika melarang pemasangan billboard. Di Eropa Bergen Norwegia melakukan pembatasan pemasangan iklan di dalam kota.

Kota Athena sudah lebih dulu berbenah. Tahun 2000 kota tersebut dipenuhi iklan, bahkan warga sulit melihat arsitektur kota yang terkenal. Ketika persiapan Olimpiade musim panas 2004, kota mulai membangun proyek besar selama 4 tahun. Dan sukses membersihkan iklan billboard untuk mempercantik kota.




Berita terkait
Katanya ini iklan aneh yang pernah ditampilkan di Jepang. Entah idenya apa, bikin iklan di negara maju memang aneh. Dikumpulkan selama 6 menit boo.

Ini yang menarik , disebut iklan pintar. Bukan hanya menayangkan iklan yang membosankan tetapi dapat dimanfaatkan



Tidak berguna berlatih untuk kesan pertama, bila Google bisa membantu

Iklan dari beberapa perusahaan yang kreatif dan menarik.  Seperti iklan lalulintas, kecepatan 25 mil. Kecepatan kendaraan digantikan menjadi berapa hari dirumah sakit.




No popular articles found.
< /body>