Charger smartphone hati hati tersengat listrik


Kategori : News | Date : 6 December 2018
Juli 2013
Satu lagi pria asal China berumur 30 tahun juga terkena sengatan listrik.

Awalnya ada rasa seperti gigitan semut di tangan, lalu aliran listrik dirasakan menjalar ke semua badan sampai kaki.

Listrik mulai terasa ketika konektor charger disambung ke iPhone untuk mengisi baterai. Sampai saudaranya yang melihat langsung mencabut adaptor iPhone palsu dan memanggil ambulan. Karena korban terlihat sempat tidak bernapas lagi.

Beberapa minggu lalu dikabarkan, seorang pramugari meninggal karena tersengat listrik dari charger iPhone. Pramugari Ma Ailun tersengat listrik, ketika dia menerima telepon di kamar mandi.

Untuk kejadian pertama masalah terjadi dari isolasi adapter dibagian chargercharger dan bocor sampai arus listrik mengalir ke konektor iPhone. Isolasi charger awalnya bekerja dengan baik, tapi ketika charger mengalami overheating dan akhirnya merusak bagian isolasi. Hal itu yang membuat bocor. Ditambah suhu panas di kota Xingiang di China menambah buruk kondisi charger palsu bekerja.

Tahun 2014
Seorang wanita warga Australia 28 tahun. Ditemukan di rumah North Gosford 28 tahun.
Dia terkena sengatan listrik akibat kabel USB yang digunakan ketika mendengar musik.

November 2017
Dari Yahoo News. Pemilik iPhone mengisi baterai smartphone tersengat listrik sampai meninggal.

Seorang gadis usia 14 tahun asal Vietnam, masih mengunakan charger dengan kabel yang sudah rusak.



Dia mengisi charger iPhone 6 setiap malam. Diperkirakan ketika dia mengambil kabel dan menyentuh bagian kabel yang terbuka dan terdapat aliran listrik.

Tidak dijelaskan apakah charger tersebut asli atau palsu.

Charger palsu membuat remaja Vietnam tersengat listrik

Seorang remaja masih menempel earphone Feb 2018
Luiza dari Brasil dikabarkan terkena sengatan listrik. Ditemukan keluarga terlihat pingsan, dan dibawa ke rumah sakit.

Remaja 17 tahun ketika ditemukan tergeletak jam 5 sore di lantai. Dia mengunakan smartphone masih terhubung ke charger.

Dari data yang ditemukan, charger, smartphone dan earphone yang masih dikenakan terlihat meleleh.
Tidak disebutkan apakah charger asli atau palsu. Pihak rumah sakit belum dapat mengkonfirmasi penyebab Luiza terkena sengatan listrik.

Hanya di sekitar rumahnya memang terjadi beberapa kali petir walau tidak hujan. Diduga adanya listrik yang masuk ke rumah dan merusak charger (terlihat meleleh) sampai Luiza terkena sengatan listrik.

Charger terkena sambaran petir menyengat pemilik

Mei 2018
Seorang wanita usia 46 di desa India Kanathur tersenga listrik ketika tertidur sambil mendengar musik.
Laporan Times of India menyebut, polisi melihat terjadi short pada perangkat smartphone.

Juni 2018
Kejadian di India, di desa Pandyo. Pria berusia 22 tahun sedang mendengar musik dengan smartphone.
Ketika listrik padam, charger masih terhubung. Ketika listrik menyala, pria tersebut mendapat sengatan listrik melalui headphone. Laporan dari NDTV

Desember 2018
Seorang remaja Aidi Azzhar Malaysia yang tinggal di kota Rembau. usia 16 tahun ditemukan telah terkena sengatan listrik
Dia sedang mendengarkan musik dari smartphone dengan earphone sambil mengisi baterai.

iPhone di China mati secara acak akibat charger KW, merusak baterai dan sirkuit pengisian smartphone. Bila kehilangan adaptor charger handphone atau tablet, ada baiknya mencari penganti dengan produk original. 400 model hanya 3 unit yang aman dan memiliki isolasi untuk adaptor charger Apple kata CTSI

Kirsten Zastrow memiliki smartphone Nexus S, mendadak baterainya meledak ketika tidur. Diawali bunyi crack keras lalu muncul bau terbakar. Dan mulai tercium bau menyengat. Setelah dia duduk dan sempat melihat api muncul dikamarnya

Butuh power bank besar, atau sangat besar. Dengan power 24A (24.000mAh), hati hati jangan percaya bila ditawarkan dengan harga aneh. Seorang netter membeli power bank dengan kapasitas sangat besar tersebut.



Smartphone Xiaomi palsu meledak di kantong. Sempat diselidiki oleh staf Xiaomi  dan diketahui model tersebut palsu. Menurut Xiaomi , smartphone tersebut bukan produksi mereka atau model imitasi.

Hati hati dengan perangkat gadget, khususnya dengan baterai ampere besar. Sabtu lalu seorang pria berusia 55 tahun mendapatkanluka bakar tingkat 2 di paha kanannya, setelah baterai cadangan smartphonenya yang disimpan di saku celana mendadak beletup.

Baterai TrustFire 18650 ternyata ada yang dipalsu. Baterai Lithium 18650 umumnya digunakan untuk senter khusus dengan voltase lebih tinggi dari baterai biasa atau recharger NiMH.


No popular articles found.