Green | 18 July 2013

Berapa banyak keringat keluar sebelum cadangan air di tubuh habis


Kekurangan air minum bisa berbahaya bagi manusia. Paling berisiko ketika udara panas dan terkena heatstroke lalu pingsan. Kondisi berbahaya lain dari kekurangan cairan dapat menyebabkan darah kental bahkan penyumbatan pada jantung. Apa fungsi air di dalam tubuh. Gunanya untuk membawa nutrisi dan oksigen di dalam tubuh. Bila seseorang kekurangan cairan akan menjadi cepat lelah, itu gejala pertama.

Bagimana memperkirakan kebutuhan air bagi kita. Tergantung kondisi tubuh, kebugaran fisik dan hidrasi masing masing orang. Tubuh manusia memiliki 3 juta kelenjar keringat dan konsentrasi tertinggi ada di telapak tangan. Orang yang agresif bekerja dan berolahraga dapat menghabiskan 0,7 - 1.5 liter cairan perjam. Tetapi mereka yang memiliki keringat berlebih dapat mencapai 1,5 - 1,8 liter perjam. Untuk atlet triatlon bahkan mengeluarkan keringat jauh lebih besar, mencapai 4 liter.

Lawrence Spriet seorang ahli fisiologi olahraga dari universitas Guelph Ontario mengatakan ketika berat tubuh berkurang antara 3 - 5%, karena terlalu banyak keluar keringat. Proses pengeluaran cairan mulai melambat. 

Armstrong seorang ahli pelatihan olahraga mengatakan keringat manusia akan terus keluar dan tidak peduli seberapa besar dehidrasi pada tubuhnya. Fungsinya untuk mendinginkan suhu badan. Bila keringat mendadak berhenti, pasti ada yang salah.

Tetapi tubuh manusia tidak akan menciut karena terus mengeluarkan keringat terus menerus. Masalahnya ketika tubuh kekurangan cairan karena terkena udara panas menjadi berbahaya. Orang dengan mudah terkena heatstroke dan berakhir dengan pingsan.

Untuk olahraga, mereka yang memiliki penyakit darah kental akan lebih beresiko terkena gangguan jantung. Darah dapat mengumpal dan menyebabkan nyeri di dada. Serangan belum tentu terjadi di saat olahraga, tapi setelah selesai berolahraga. Walau sudah meminum cukup, pengumpalan darah dapat menyebabkan penyumbatan jantung.

Untuk mengurangi resiko kekurangan cairan dalam tubuh, manusia memiliki sensor yaitu rasa haus. Bila perasaan haus tersebut datang, sebaiknya mengambil air minum. Itu saja penyelesaian sederhana.
Mengapa keringat keluar dari tubuh. Sebagai contoh seseorang sedang berolahraga atau sedang berdiri di jalan dengan suhu udara yang panas. Maka tubuh akan mengeluarkan keringat. Fungsi keringat bertujuan untuk mendinginkan suhu tubuh yang mengalami peningkatan panas. Itu saja. Jadi tubuh akan bereaksi dengan mengeluarkan keringat bila suhu badan meningkat

Informasi diatas diambil dari beberapa referensi. Untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi tim medis atau dokter yang lebih ahli dengan pengetahuan kesehatan.



Artikel Lain

Lebah adalah serangga yang baik bagi manusia, terlebih bagi tumbuhan. Mereka melakukan pekerjaan setiap hari mengambil sari bunga. Bila lebah menghilang , apa yang ikut menghilang. U.S. Fish and Wildlife Service masukan lebah sebagai serangga yang dilindungi. Menyelamatkan lebih mudah penting dibanding mengusir.

Menghasilkan air dari udara sudah banyak dibuat. Seperti di Indonesia di lahan yang sulit air dapat ditampung dengan menangkap jenitk air dari kabut. NBD mengembangkan jaring untuk memanen air dari kabut, sampai mengembangkan tenda untuk menampung air.



Orang kaya mengkonsumsi makan berbeda dengan orang miskin. Mungkin benar, tapi apa dampaknya. Keduanya memiliki dampak yang sama hanya berbeda jenis makanan yang mereka konsumsi.

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah. Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.