Toko tracker wifi untuk mengetahui apa yang menarik bagi pembeli


Technology | 15 July 2013

Berbelanja di toko online besar, setiap pelanggan memiliki catatan tersendiri. Apa yang dimintai, apa saja yang dilihat, produk apa saja yang laku, ada yang suka dilihat tapi pembelinya lebih sedikit dibanding produk lain. Dari toko online bisa mencatat semua pengunjung. Tujuannya untuk memperbaiki penawaran mereka, memperbaiki penampilan produk atau mengalihkan agar pembeli juga membeli barang lain.

Bagaimana dengan toko konvensional yang menawarkan barang secara fisik dan visual kepada pembeli. Tentu tidak mudah melihat kebiasaan pembeli, apakah mereka tertarik tapi belum mau membeli, atau pajangan yang kurang menarik dilihat.



Toko konvesional memang dikalahkan oleh toko online. Baru baru ini perusahaan Nordstrom mempelajari lebih lanjut apa saja yang dilihat oleh pembeli yang datang ke toko mereka. Berapa banyak tamu, berapa banyak pengunjung yang sering datang dengan melacak via WIFI ponsel.  Toko Nordstrom hanya salah satu yang memanfaatkan teknologi ini.

Pengecer lain seperti Cabel, Mothercare, atau toko khusus Benetton dan lainnya juga sedang menguji teknilogi yang sama. Ditujukan untuk mengatur tata letak toko dan dekorasi sampai menawarkan kupon khusus untuk pelanggan. Toko lain memata-matai pembeli untuk merapikan penataan barang agar lebih menarik. Misalnya tempat pajangan mantel dimana pria rata rata hanya berdiri selama 1 menit. Tentu mereka tidak akan membeli, tempat seperti ini perlu ditata ulang agar pembeli lebih betah dan mengamati barang lebih lanjut. Pembeli yang terditeksi lebih lama mengamati barang, nantinya dapat didaftar untuk dikirim kupon atau discount khusus.

Jumlah pengunjung juga dicatat. Seberapa sering orang berkunjung ke satu toko, apakah lebih banyak pembeli baru yang datang atau hanya user lama saja yang sering datang. Bahkan arah pembeli dapat diamati, ada kebiasaan pembeli selalu melewati jalur kanan. Teknologi diatas mirip seperti teknologi Cisco yang dipasang di airport.

Harga peralatan tersebut hanya $1.500 dengan camera sterocospic yang bisa membedakaan antara orang dewasa dan anak anak, jumlah orang yang masuk dan berapa kali mesin penghitung dibuka tutup yang diartikan orang sudah berbelanja.

Apakah teknologi ini akan merugikan pembeli. Sejauh ini tidak, karena aplikasi ditujukan untuk melihat kebiasaan pembeli melalui ponsel (smartphone). Yang pasti jangan kaget bila datang berbelanja di toko seperti ini, tidak lama akan datang penawaran menarik dengan diskon barang dari sebuah toko.



Berita terkait
Samsung tampilkan cermin elektronik. Mengunakan bahan OLED tembus pandang berukuran 55 inci. Dengan resolusi 1920x1080 Full HD, mentramisi cahaya 45 %. Panel dapat diatur dengan kontras 100.000:1

Kebutuhan storage memory terus meningkat. Resolusi foto dan video serta digital musik membutuhkan storage lebih besar. Solusi baru ada di RRAM memanfaatkan teknologi dari flash memory. Apa keuntungan dari RRAM. Pemakaian power 20x lebih rendah



Menu restoran dengan LCD sudah dibuat. Salah satunya di hotel ke 7 di Vegas, Excalibur Hotel yang memiliki restoran Fast Food. Setiap tahun di kunjungi 7 juta tamu. Tahun 2010 baru di renovasi lebih modern.

Bila pergi ke toko buku, apa yang kita lihat. Luasnya, koleksi bukunya atau tempatnya yang nyaman. Yang ini semuanya ada. Namanya Selexyz Dominicanen Book Store di Maastricht Belanda. Gedung dari toko buku tersebut bukan gedung baru.

Seperti teknologi sensor kinetik dari PrimesenseCapri, dapat digunakan untuk sensor tablet, smartphone dan lainnya di masa depan. Penguna perangkat bahkan sensor dapat ditempatkan dimana saja. Dari whiteboard digital, dirumah, toko retail dan lainnya.

Teknologi kinetik mulai merambah Mannequin atau boneka di pajangan toko. Mampu mengikuti pengunjung yang melihat di depan, dan gerakan diterima seperti teknologi kinetik. Teknologi Mannequin kinetik mulai ditampilkan di Tokyo

Dengan sensor dari masing masing baju yang dipajang, layar di iklan ikut berubah dan menampilkan video seperti sang model. Teknologi dari teamLabHanger Jepang baru memasang teknologi gantungan baju pintar di toko Vanquish di Ikebukuro.




No popular articles found.
< /body>