Situs Lenstag dimana camera sering hilang update 2015


Security | 18 December 2015

Berdasarakan data dari Lenstag, ada 3 tempat dimana camera hilang. Amerika, Inggris dan Italia. 3 kota terbesar sebagai tempat camera dicuri adalah Roma, London dan Barcelona.

Target pencuri paling banyak mengincar camera Canon 5D Mark III, disusul Canon 5D Mark II, untuk lensa yang hilang terbesar Canon 24-70mm f2.8 Bodi camera yang hilang lainnya seperti Nikon D700, D800 dan D5100.

Dimana saja camera lenyap
Camera hilang di bobol pencuri dan di mobil, tingkat terbanyak antara 24 dan 27%.
Camera di jambret atau tertinggal di kendaraan umum mencapai 9%.
Hilang di acara atau tertinggal disana 7%
Di bandara atau pesawat, restoran, paket yang dicuri dan hotel sekitar 5 sampai 3%.

Situs LensTag adalah layanan gratis untuk mendaftar perangkat camera. Mereka yang memiliki lensa atau bodi camera sampai camera pocket bisa mendaftar. Caranya dengan memasukan email dan mengupload sampel foto.

Pembuatnya dari Trevor Sehrer yang bekerja sebagai insinyur di Google. Dia membuat situs pendaftaran camera agar suatu hari bisa ditelusuri keberadaannya. Bukan untuk mendapatkan kembali, setidaknya pemilik camera bisa mengetahui sudah berpindah kemana camera miliknya.

LensTag bahkan memberikan link personal dengan nama pemiliknya, sehingga orang lain dapat melihat peralatan apa saja yang di daftar. Serta opsi untuk mentranfer camera yang sudah di daftar ke akun orang lain juga tersedia.

Bila camera atau lensa hilang dan sudah terdaftar. Cukup mengumumkan di LensTag, kepada siapa pemiliknya dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Dan laporan kronologi, kapan serta dimana camera serta lensa yang sudah terdaftar hilang. Lenstag akan di index oleh Google, dan bisa ditelusuri dengan memasukan nomor seri perangkat camera di Google

Update Aplikasi Lenstag sekarang tersedia di Android
Untuk mendaftarkan perangkat camera anda bisa melalui website Lenstag



Layanan Lenstag adalah layanan gratis, tujuannya untuk mencari jejak dari foto yang dibuat dari perangkat camera dan lensa yang telah dicuri dari pemiliknya.

Bagaimana mendaftar ke Lenstag. Cukup mengunakan email, daftar perangkat yang dipakai. Lalu masukan sebuah foto untuk verifikasi perangkat anda dengan hasil sebuah file foto.


Update
Data dari Lenstag menyebutkan camera Nikon D7000 paling banyak hilang dicuri. Sedangkan lensa Canon paling banyak dicuri. Hilangnya camera bukan disebabkan dicuri saja. Tapi yang membawa camera suka lupa atau salah meletakan dan tertinggal.
  • Camera sering hilang adalah Nikin D7000, disusul Canon 60D, Canon 7D.
  • Lucunya lagi, lensa yang hilang terbanyak adalah tipe 70-200mm f2.8 L IS II yang tidak murah.
  • Disusul 24-70 f2.8L dan 85mm f1.2L
Dimana saja camera sering hilang.
29% di kendaraan, dan hilang dicuri dari rumah
10% ketika liburan, pernikahan atau sebuah acara, dan di Airport

Dibawah ini infografik dari Lenstag edisi 2013 atas peralatan camera yang hilang tapi sudah terdaftar di situs mereka.



Data tahun 2015
Camera hilang di kendaraan tetap tinggi. Kota dimana camera hilang masih paling kuat di kota Italia, disusul London dan Melbourne.

Infografik data lensa hilang tahun 2015

Bagaimana Lenstag mendapatkan data diatas. Mereka yang memiliki camera, lensa dan perlengkapannya bisa mendaftar ke situs Lenstag. Dan memasukan nomo seri dari masing masing peralatan camera. Jadi anda mendaftarkan semua peralatan yang anda miliki ke situs Lenstag.

Misalnya, camera hilang atau lensa hilang atau tertinggal. Mungkin dalam beberapa bulan ada yang menemukan atau mengunakan peralatan yang anda miliki. Bila foto yang diambil dari camera dan lensa tertentu maka data peralatan dicamera juga dimasukan ke file foto. Disebut Exif atau Metadata.

Bila camera memiliki peralatan GPS, akan lebih mudah lagi menemukan dimana lokasi pengambilan foto.

Berita terkait
www.lenstag.com
Hati hati memposting foto anda di media sosial atau situs storage gratis. Di smartphone memiliki fitur geotag atau data foto diambil akan disimpan dalam foto. Foto dapat menunjukan dimana keberadaan anda. Rusia melarang militer memposting di daerah zona militer

Perjalanan ke beberapa negara berakhir dengan kehilangan camera. David berbagi pengalaman , jangan terlalu antusias untuk membuat foto. Dalam perjalanan banyak hal tidak dapat diduga, seperti kehilangan tas kecil berisi camera dan seluruh file foto selama 3 bulan



Tyler Swift mungkin gerah bila suatu hari namanya dipakai untuk situs yang tidak tidak. Beberapa tahun lalu tampil nama situs dewasa untuk membedakan situs umum dengan situs dalam tanda petik. Si musisi dan selebrit Tyler tidak mau namanya di acak acak disana

Karena dia lupa mematikan fitur GeoTag di smartphone Mark John Tayler yang dikenal sebagai Abu Abdrul Rahma. Lokasinya malah ketahuan oleh publik, termasuk peneliti intelijen

Situs izitru.com dapat memerika foto asli atau tidak. Penguna tinggal mengambil sebuah foto format JPG, lalu di upload ke situs tersebut. Nantinya foto akan di analisa dan menampilkan persentasi asli atau palsu.

Bagaimana menemukan camera yang hilang, atau mencari iphone anda yang dicuri, atau notebook hilang dari kendaraan. Pasrah, coba ikuti cara Mr John.




No popular articles found.