Laser dapat merusak camera dan retina walau bentuknya hanya senter laser pointer


Kategori : Digital | Date : 17 October 2018
Camera sensor rusak dengan sinar laser
Jangan memandang sinar laser di acara Dugem atau konser karena tidak baik untuk mata.

Sinar laser dapat merusak sebuah camera. Berita sebelumnya pernah terjadi, ketika sebuah konser mengunakan sinar laser untuk acara musik.

Seorang fotographer merekam dengan camera diatas kepala agar dapat mengabadikan panggung.

Sialnya lensa camera terkena spot dari sinar laser. Sensor CMOS langsung rusak, bila terkena cahaya intensitas tinggi.

Giliran camera yang lebih mahal digunakan pada sebuah konser musik. Camera seharga $20.00 kena spot sinar laser. Ini bukan camera DSLR biasa tapi kelas Red Epic yang memiliki harga lebih mahal dari Canon 5D. Juga rusak akibat kuatnya intensitas sinar laser.

Rencananya akan dibuat untuk merekam acara Electric Daisy Carnival 2013 di Chicago. Posisi camera terlalu rendah dan terkena sorotan sebuah sinar laser.

Pada gambar bawah diatas kondisi sensor camera masih baik bekerja, tetapi gambar dibawah hanya sesaat berbalik menghadapi panggung terkena sorotan laser. Langsung sensor rusak dan bergaris.

Cahaya laser dapat merusak sensor camera


Hati hati saja bila ingin merekam konser musik atau acara yang mengunakan sinar laser di panggung. Cukup satu kali spot maka camera dengan sensor CMOS dapat rusak.

Laser Pointer


Ukuran kecil untuk menunjukan keterangan pada gambar dari proyektor. Umumnya digunakan pada seminar, atau pelajaran yang mengunakan proyektor.
Bila anda tertarik membeli dan mengunakan untuk mainan. Hati hati.

Ada beberapa produk laser pointer yang aman, tapi yang dijual bebas umumnya cukup berbahaya. Di Amerika, cahaya laser atau tipe laser pointer dibatasi sampai 5mW.
Di beberapa negara lain lebih ketat, hanya 1mW.

Ketika terkena sorotan cahaya laser, kita dapat berkedip dan menghindar, sehingga retina mata kita aman. Cahaya dengan tingkat 5mW tersebut sangat kecil, tapi dalam waktu lama tetap berbahaya.

Tetapi banyak produk laser pointer memberikan keterangan 5mW, nyatanya lebih tinggi dari 50mW. Lebih terang, lebih jelas, tapi apakah berbahaya mengunakan laser pointer dengan kekuatan tersebut.
Sebelum terlambat, hati hati dengan laser pointer yang kuat tersebut. Karena retina mata kita dapat tergoreng.
Bila retina rusak, tidak ada kata perbaikan, alias cacat seumur hidup.

Dibawah ini salah satu gambaran seberapa besar kekuatan cahaya laser pointer.
Salah satu produk laser pointer memiliki kekuatan cahaya 7mW.

Apa yang terjadi dengan kekuatan tersebut. Dapat menyalakan batang korek api dalam waktu kurang dari 3 detik.
Bagaimana bila terkena mata dalam waktu beberapa detik. Pada gambar kedua digambarkan simulasi bola mata dan bagian belakang tempatkan pelapis sebagai bagian retina mata.
Dalam hitungan detik bagian plastik tersebut terlihat bolong karena panasnya cahaya sinar laser pointer.
Bentuk yang kecil ternyata tersembunyi bahaya yang mengerikan, khususnya kita yang kurang mendapat informasi tentang cahaya laser.

Kekuatan cahaya laser mungkin dapat merusak retina mata

Laser proyektor juga merusak sensor camera.
Bila anda ingin mengabadikan sebuah acara musik atau acara yang mengunakan cahaya laser dan asap. Hati hati dengan cahaya laser, walau di acara tersebut menarik di abadikan.

Proyektor laser memiliki cahaya sangat kuat. Dan dapat menghancurkan pixel sensor camera.

Bila anda ingin mengabadikan foto sebuah acara. Pastikan arah sinar laser tidak mengarah ke tempat anda dan camera berada.

Seperti pengalaman dibawah ini, seorang fotografer yang membuat video di panggung untuk membuat foto.
Setelah kembali kerumah, semua gambar terdapat cacat bintik.
Dan setelah diperiksa beberapa titik muncul, akibat sensor camera yang rusak terkena cahaya laser.

Kekuatan cahaya proyektor laser dapat merusak sensor camera

Perbaikan kerusakan lensa dalam waktu 3 hari kerja di Indonesia sendiri sudah ditangani Ana-Photo. Layanan Tamron VIP Club untuk pelanggan loyal dari 4 lensa, 5 dan 6 lensa lebih

Ini keahlian dari seorang NPS atau Nikon Profesional Services. Keahliannya membongkar camera Nikon D4 hanya butuh 20 menit 42 detik. David Hilos dari Singapura mampu memperbaiki camera yang ditolak servis center camera

Falcon Eye KC-2000 bukan camera bisa, tapi dapat mengambil gambar dengan pencahayaan minimum. Camera ini dapat mengabadikan gambar dalam gelap, tapi tidak seperti camera night vision biasa yang menampilkan warna hitam putih atau hijau.



Dunia fotografi terkadang banyak marketing, lensa murah dibuat dari plastik katanya tidak sebaik lensa mahal dengan bodi metal. Kata marketingnya, lensa tahan cuaca atau kualitas konstruksi untuk profesional. Apa benar seperti itu.

Setelah camera Red Epic langsung rusak terkena sinar laser dugem, dan 5D Mark IIs juga terbakar cmosnya. Giliran Canon 5D Mark III akan rusak bila terkena intensitas sinar laser

Mereka yang membeli camera DSLR umumnya sudah memdapat paket lensa. Lensa camera DSLR memiliki banyak jenis. Dari lensa standar dengan zoom, tele zoom, prime lense, wide angle lens dan lainnya. Bagaimana bila menyewa lensa camera dahulu, atau belajar dengan camera DSLR sebelum membeli.

Bagi astronom, filter di depan CMOS memang menganggu. Bila ada 4 titik pixel yang seharusnya bisa ditangkap oleh sensor, tapi hanya 1 pixel yang tertangkap karena terhalang filter. Menurut Dave, mengikis filter di sensor dapat tidak berdampak pada objek biasa. Tapi memberikan keuntungan untuk fotographer astronomi



Hal menyebalkan ketika mengunakan camera digital untuk merekam video. Camera digital yang ada saat ini dibatasi merekam selama 30 menit pas. Aturan tersebut berlaku di semua jenis camera digital dengan fitur video recording.

Satu video youtube menampilkan berkas sensor rusak pada cmos camera


No popular articles found.