Jangan memandang sinar laser di acara Dugem atau konser karena tidak baik untuk mata.

Sinar laser dapat merusak sebuah camera. Berita sebelumnya pernah terjadi, ketika sebuah konser mengunakan sinar laser untuk acara musik.

Seorang fotographer merekam dengan camera diatas kepala agar dapat mengabadikan panggung.

Sialnya lensa camera terkena spot dari sinar laser. Sensor CMOS langsung rusak, bila terkena cahaya intensitas tinggi.

Giliran camera yang lebih mahal digunakan pada sebuah konser musik. Camera seharga $20.00 kena spot sinar laser. Ini bukan camera DSLR biasa tapi kelas Red Epic yang memiliki harga lebih mahal dari Canon 5D. Juga rusak akibat kuatnya intensitas sinar laser.

Rencananya akan dibuat untuk merekam acara Electric Daisy Carnival 2013 di Chicago. Posisi camera terlalu rendah dan terkena sorotan sebuah sinar laser.

Pada gambar bawah diatas kondisi sensor camera masih baik bekerja, tetapi gambar dibawah hanya sesaat berbalik menghadapi panggung terkena sorotan laser. Langsung sensor rusak dan bergaris.

Cahaya laser dapat merusak sensor camera


Hati hati saja bila ingin merekam konser musik atau acara yang mengunakan sinar laser di panggung. Cukup satu kali spot maka camera dengan sensor CMOS dapat rusak.

Laser Pointer
Ukuran kecil untuk menunjukan keterangan pada gambar dari proyektor. Umumnya digunakan pada seminar, atau pelajaran yang mengunakan proyektor.
Bila anda tertarik membeli dan mengunakan untuk mainan. Hati hati.

Ada beberapa produk laser pointer yang aman, tapi yang dijual bebas umumnya cukup berbahaya. Di Amerika, cahaya laser atau tipe laser pointer dibatasi sampai 5mW.
Di beberapa negara lain lebih ketat, hanya 1mW.

Ketika terkena sorotan cahaya laser, kita dapat berkedip dan menghindar, sehingga retina mata kita aman. Cahaya dengan tingkat 5mW tersebut sangat kecil, tapi dalam waktu lama tetap berbahaya.

Tetapi banyak produk laser pointer memberikan keterangan 5mW, nyatanya lebih tinggi dari 50mW. Lebih terang, lebih jelas, tapi apakah berbahaya mengunakan laser pointer dengan kekuatan tersebut.
Sebelum terlambat, hati hati dengan laser pointer yang kuat tersebut. Karena retina mata kita dapat tergoreng.
Bila retina rusak, tidak ada kata perbaikan, alias cacat seumur hidup.

Dibawah ini salah satu gambaran seberapa besar kekuatan cahaya laser pointer.
Salah satu produk laser pointer memiliki kekuatan cahaya 7mW.

Apa yang terjadi dengan kekuatan tersebut. Dapat menyalakan batang korek api dalam waktu kurang dari 3 detik.
Bagaimana bila terkena mata dalam waktu beberapa detik. Pada gambar kedua digambarkan simulasi bola mata dan bagian belakang tempatkan pelapis sebagai bagian retina mata.
Dalam hitungan detik bagian plastik tersebut terlihat bolong karena panasnya cahaya sinar laser pointer.
Bentuk yang kecil ternyata tersembunyi bahaya yang mengerikan, khususnya kita yang kurang mendapat informasi tentang cahaya laser.

Kekuatan cahaya laser mungkin dapat merusak retina mata