Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Dalam kondisi sengat gelap, langit itu tidak kosong. Tetapi kita tidak pernah  bayangkan seperti apa yang ada langit ketika tidak ada cahaya di kota. Masyarakat yang tinggal dikota hanya melihat cahaya beberapa bintang saja. Karena polusi cuaca, cahaya dari darat memantul ke langit dan menganggu cahaya dari semua bintang yang ada. Nama galaksi Milky Way adalah nama Inggris, sedangkan galaksi Bima Sakti sebagai nama Indonesia.

Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way. Sedemikan besarnya, bila dibandingkan tata surya seukuran pasir dibanding galaksi Bima Sakti yang seukuran lapangan bola.

Video ini memberikan pelajaran seperti apa galaksi Bima Sakti, dan asal mula terjadinya galaksi di Bimasakti. Video dibawah ini berisi film galaksi Bimasakti



Beberapa pengetahuan dari film Inside the Milky Way

Bagaimana para ahli menemukan bintang muda dari sebuah Nebula Orion. Memiliki jarak 1.344 juta tahun cahaya dari bumi. Umurnya baru 3 tahun dan ditemukan oleh Christiaan Huygens pada abad ke 16.
Nebula adalah gas dan material debu. Karena bentuknya seperti awan gas raksasa atau kabut. hanya bisa diamati dengan teropong khusus.
Warna nebula hijau lebih banyak kandungan oksigen, dan merah menunjukan kandungan hidrogen. Menjadi pertanyaan mengapa nebula terlihat bercahaya. Nebula menjadi awal sebuah bintang, dan bisa diamati dari bumi serta menjadi tetangga bumi.

Bila di lihat langsung hanya gambar warna warni saja, tapi tidak bisa di lihat apa isi di dalamnya. Peneliti sekarang mengunakan teleskop camera infra red untuk mengungkap isi di dalam kabut tersebut.
  • Gambar pertama dibawah adalah gambar Nebula secara visual,
  • Gambar ke 2 setelah diambil dengan teropong camera infra red
  • Gambar ke 3 mengunakan kombinasi X-ray.
Hasilnya di dalam Nebula terdapat banyak bintang lain yang tidak terlihat. Bintang disana yang membuat cahaya pada gas disekitar nebula. Seperti kabut di jalan, kita tidak bisa melihat sumber cahaya, terkadang samar. Dengan camera khusus barulah terungkap beberapa bintang di daerah tersebut mulai terbentuk.



Intinya sebuah galaksi dimulai dari material gas. Asal mula lahirnya bintang di galaksi karena terjadi pemadatan inti gas yang tertarik dari gravitasi selama jutaan tahun. Gas yang memadat lalu berputar dan terus tertarik ke inti. Semakin besar dan akhirnya bersinar menjadi sebuah bintang seperti matahari.

Dibawah ini tahapan lahirnya bintang. Dimulai dari kabut, lalu kabut berputar karena sesuatu sebab. Berjalan dengan waktu ratusan juta tahun, debu dan gas akan membentuk bintang.





Menit 23. Satu lagi berita menarik, dari catatan di China pada ribuan tahun lalu dan terlihat sebuah cahaya bintang besar menyala di tahun 1054. Karena terangnya bisa terlihat di pagi hari. Secara misterius menghilang dan baru diketahui menjadi nebula Crab saat ini. Menurut peneliti, cahaya tersebut berasal perubahan bentuk yang sangat cepat dari ledakan supvernova lalu menjadi nebula Crab saat ini. 
Nebula bisa berasal dari bintang yang kehabisan bahan bakar dan meledak. Melempar semua gas yang ada di dalamnya, dan inti bintang menjadi White Dwarf menyala berwarna putih. Dan suatu hari akan mati menjadi bintang hitam.



Tata surya seperti bumi, matahari dan planet lain adalah bagian dari galaksi Bimasakti. Tata surya seperti matahari dan planet lain berada di pinggiran galaksi Bimasakti. Galaksi Bimasakti diperkirakan berbentuk spiral, dengan 2 lengan besar dan 3 lengan kecil. Bumi dan Matahari berada di salah satu lengan kecil. dan letaknya hampir tepat ditengah diantara 2 spiral besar.