Masih ada saja merek yang iseng menawarkan kabel HDMI mahal. Sambil menjanjikan kemampuan konten Full HD menjadi tayangan 4K. Merek Seiki U-Vision cable dijual $50. Katanya bisa memberikan gambar lebih baik untuk input video Full HD ke layar 4K.

Tentu saja itu cuma tulisan bohong saja. Karena konversi gambar dilakukan oleh TV 4K bila menerima konten Full HD yang lebih rendah

Bentuk kabel Seiki U-Vision dibawah ini dan jangan percaya tulisan pada box yang ada.




Berita sebelumnya dari merek Monster dan Spectra 7.



Tertanggal press rilis di New York 24 Juni kemarin. produsen kabel mengeluarkan kabel HDMI 4K. Dari Spectra7 DisplayDirect untuk Gaming 4K dengan kemampuan mentranfer 31Gbps dan 120 fps dengan lebar resolusi gambar 3840x2160pixel. Bila mengunakan cable HDMI biasa, maka kecepatan gambar yang ditampilkan di layar monitor akan dibawah 24 fps.

Harga cable Monster M200 atau seri M tersebut dijual antara $50 - $500. Lebih hebat lagi dari kata marketing yang menawarkan update beberapa model dari Gold 18Gbps, Platinum 22.6Gbps dan Black Platinum 27Gbps yang ditawarkan dari $29,95 sampai $200.

Itu hanya kabel HDMI, tapi dibuat beberapa varian sesuai marketing mereka. Munculnya produk tersebut membuat media IT yang mengerti dengan kabel HDMI dan mengkomentari marketing kabel Spectra7. Katanya produk itu hanya Omong Kosong.

Kabel HDMI yang benar semuanya sama

Semua kabel HDMI sama, karena hanya kabel. Tidak ada fitur khusus, kecuali berbeda standar tranmisi data.



Kabel HDMI hanya mengikuti tipe atau nomor standar. Misalnya HDMI 1.0 atau HDMI 1.4. Tapi bukan dibuat akal akalan seperti platinum atau gold.
Kabel HDMI ada 4 jenis (diluar versi Automotive HDMI Cable) dan standar untuk 4K disarankan mengunakan tipe High Speed
  • High-speed with Ethernet
  • High-speed without Ethernet
  • Standard-speed with Ethernet
  • Standard-speed without Ethernet

Kecepatan tranfer kabel HDMI
HDMI 1.0 dirancang untuk HD untuk resolusi 720p dan 1080i
HDMI 1.3 dua kali lebih cepat dengan 4,9Gbit/s sampai 10Gbps. Disebut kabel High Speed HDMI.
HDMI 2.0 adalah High speed HDMI tapi mampu menangani tranfer data 18Gbps.