Pesawat Airbus A380 batal mendarat, dan harus kembali naik di landasan


Stuff | 8 July 2013

Harga pesawat Airbus A380 menjadi pesawat jet komersil paling mahal saat ini. mencapai 414 juta dollar atau sekitar 4 triliun rupiah perunit. Rata rata dirancang untuk membawa 555 penumpang dengan sistem double decker atau 2 tingkat. Sisi bangku di lantai bawah memiliki 3+3+3 bangku dan sisi atas dengan 2+4+2. Bila dimasukan semuanya untuk kelas ekonomi, pesawat A380 menjadi pesawat terbesar yang mampu mengangkut 853 penumpang.



Airbus A380 sampai tahun 2014 sudah dipesan sebanyak 318 pesawat. Tapi Airbus hanya mampu memproduksi 147 pesawat. Armada yang memiliki Airbus A380 hanya beberapa saja, karena pesawat ini harus memiliki airport dengan landasan khusus untuk pesawat berbadan lebar.
  • Singapore Airlines pertama 25 October 2007
  • Emirates first service on 1 August 2008
  • Qantas first service on 20 October 2008
  • Air France first service on 20 November 2009
  • Lufthansa first service on 6 June 2010
  • Korean Air first service on 17 June 2011
  • China Southern Airlines first service on 17 October 2011
  • Malaysia Airlines first service on 1 July 2012
  • Thai Airways International first service on 6 October 2012
  • British Airways first service on 2 August 2013
  • Asiana Airlines first service on 13 June 2014
  • Qatar Airways first service on 10 October 2014
  • Etihad Airways first service on 27 December 2014
Airbus A380 membutuhkan kecepatan mendarat dengan 250km perjam. Pesawat ini dapat take-off dengan beban 577 ribu ton. Mampu terbang nonstop untuk jarak 15 ribu km, dan membutuhkan landasan sepanjang 3km untuk take-off.

Walau pesawat Airbus A380 memiliki badan besar, bukan berarti pesawat ini tidak lincah. Mampu mencapai kecepatan maksimum 0.95 mach dengan mesin Roll Royce Trent 900. Sedangkan kecepatan rata rata Airbus A380 mencapai 0,85 mach. Pilot Jacques Rosay yang mencoba menerbangkan pesawat sebelum masuk pasara, dia mengatakan pesawat Airbus A380 seperti mengendalikan sepeda.
Sistem kabel dipesawat sangat rumit, memiliki 98 ribu kabel dan 40 ribu konektor. Walau sudah dikembangkan bertahun tahun, Airbus A380 pertama digunakan oleh Singapore Airlines pada 15 Oktober 2007. Pesawat A380 lebih hemat 20% bahan bakar dibanding pesawat Boeing 747 400 untuk jarak jauh. Pada bulan Februari 2009, pesawat Singapore Airlines sudah membawa 1,5 juta penumpang dari 4200 penerbangan selama 41 ribu jam.
Tahun 2008 pesawat kedua diberikan kepada Emirates, disusul Quantas untuk rute Mebourne dan Los Angeles.
Airbus mengirim pesawat ke 100 kepada Malaysia Airlines. Sampai bulan Juni 2014, sekitar 65 juta penumpang sudah diangkut oleh pesawat jenis ini.

Seperti apa lincahnya pesawat berbadan sangat besar ini. Seorang pilotnya memang  ini memang jago menangani A380, menghitung kemungkinan kurang baik dalam pendaratan pesawat. Dan memutuskan kembali terbang. Direkam tahun lalu di bandara Manchester, ketika terjadi angin kencang.

Posisi pesawat harus miring dan sulit melakukan pendaratan dengan arus angin (Crosswind) dari samping. Pilot Emirates sudah mencapai posisi terbaik, tetapi pesawat dengan badan sangat besar itu terangkat kembali. Kembali menyentuh landasan lalu di putuskan batal dan mengulangi di putaran kedua.

Belum diketahui apakah pesawat dari A-380 EA ini sedang melakukan test Touch and Go, atau pilotnya harus benar benar memutuskan untuk mengulangi kembali pendaratan.







Cerita kemahiran pilot menghadapi Crosswind memang menarik. Bandara Kai Tak hanya disarankan bagi pilot senioruntuk menerbangkan pesawat kesana. Satu rekaman lain dari Boeing 747, ketika mendarat di Kai Tak tahun 1998. Pesawat harus berbelok untuk mendarat di bandara lama Hong Kong dan harus menghadapi arus angin di sisi pesawat. Lihat saja kemahiran si pilot yang satu ini


Berita terkait
Pesawat terbesar di dunia bukan dari disain pesawat penumpang. Umumnya dibuat untuk cargo, penelitian antariksa dan pesawat angkut militer. Pesawat terbesar dipegang buatan Soviet Myra. Di abad ke 21 satu pesawat Stratolaunch untuk mengangkut roket keluar berhasil uji terbang.

Video ini memperlihatkan satu dari 4 mesin pesawat Airbus milik Air France A380 hancur. Kejadian pada hari Sabtu 30 September 2017, mesin nomor 4 yang berada di sayap kanan terlihat rusak.Tetapi pesawat komersil terbesar di dunia ini dapat mendarat kembali.



Cuaca buruk dari salju, angin dan hujan es, sampai suhu panas. Dapat menghentikan semua penerbangan di Amerika dan negara Eropa. Pesawat dirancang mampu terbang dengan kondisi ekstrim, tapi ada kalanya harus dibatalkan. Mengapa pesawat dilarang terbang, khususnya ketika cuaca sedang panas diatas 48 derajat Celcius

Sebuah pesawat Boeing 777 dengan beban 250 ton turun dengan keras di landasan. Ban pesawat menahan semua beban ke landasan, tapi tidak meledak. Mengapa ban mampu menopang begitu besar, apakah ban pesawat beda dengan ban mobil biasa. Tentu saja.

Seorang dokter gigi memesan tiket untuk menghadiri konferensi di Portula. Dia memesan tiket ke Granada Spanyol sekaligus jalan jalan. Mengunakan pesawat British Airway, ternyata tiket yang dipesan malah ke Grenada di Karibia. Ada yang salah.

Etihad Airlines hanya menjelaskan kabin kelas satu mereka di pesawat Airbus A380. Rute pesawat yang dilayani antara Abu Dhabi ke London, New York dan Sydney. Penerbangan perdana dimulai tahun 2015. Di dalam kabin terdapat LCD TV 32 inch, layar 27 inch di kamar tidur

Satu rekaman video takeoff dan landing dalam kondisi Crosswind direkam menjadi kompilasi video tahun 2013-2014. Rekaman dari bandara BHX Birmingham Inggris ini harus memastikan para penumpang untuk mengenakan sabuk pengaman.



Pesawat Boeing 777 Emirates batal landing setelah posisinya terlalu miring di landasan. Pesawat batal mendarat dan kembali naik dan pindah ke bandara lain.

Satu pesawat remote control dengan bentuk Airbus A380. Panjang sayap 5,3 meter dan panjang badan 4,8 meter. Berat pesawat RC ini mencapai 70kg. Apakah pesawat mainan ini bisa terbang.

Jakarta ke Bandung bukan penerbangan paling singkat. Masih ada lagi jarak penerbangan paling pendek, ada di Skotlandia. Logan Air melayani penerbangan antara 2 pulai dari pulau Westray ke Papa Westray, tapi keduanya memiliki batas air laut.

Pesawat pengangkut barang UPS jatuh di bandara Birmingham. Pesawat dengan nomor N155UP jatuh di landasan pacu 18, dan awak pesawat mengalami cidera. Pesawat A300 dikirim ke UPS pada tahun 2004, dan baru berusia 9,8 tahun.

Cerita menarik minggu ini, Quantas dengan rute Chile ke Sydney bermasalah dengan WC. Dipesawat ada 10 WC untuk penumpang, tetapi hanya 7dari 10 WC yang bisa dipakai. Sialnya ada 26 penumpang menderita diare bersamaan.

Ada 2 video menarik di Youtube, tentang pesawat terbang melawan angin. Pesawat yang mendarat harus menghadapi cuaca kurang baik di landasan, karena adanya Crosswind atau angin kencang dari arah samping.

Pesawat Airbus A330 sedang bersiap take off di bandara Manchester 24 Juni 2013 lalu. Perjalanan dari Inggris menuju republik Dominika. Mendadak mesin di sebelah kanan dor.



Satu foto diposting oleh departemen pertahanan Amerika. Memperlihatkan pesawat cargo militer C 17 Globemaster III sedang di isi bahan bakar di udara tengah malam oleh satu pesawat 151 Air Refueling Wing

Satu tentara sedang berada di pintu belakang cargo pesawat yang terbuka. Entah kenapa parasutnya terbuka, dan boom, langsung terlempar keluar pesawat.

5 pemilik pesawat jet pribadi. Perusahaan besar memerlukan pesawat pribadi untuk pemimpin perusahaan. Pesawat jet perusahaan umumnya digunakan untuk mempersingkat waktu perjalanan. Walau biayanya tidak murah, beberapa perusahaan besar membeli pesawat bagi para staf eksekutif

Dampak dari kebisingan pesawat rupanya menjadi penyebab mengapa rasa makanan berubah. Hasil studi dilakukan dari 48 orang. Mereka di tutup matanya dan di uji untuk merasakan makanan manis




No popular articles found.