NASA Galactic Evolution Explorer atau disebut satelit teropong GALEX. Satelit GALEX dirancang untuk menemukan galaksi dengan sensor ultraviolet dan sudah bekerja sejak tahun 2003. Tapi satelit GALEX tidak akan lama lagi, karena NASA memangkas pendanaan operasi untuk satelit ini. Apa saja penemuan teropong GALEX

Sebelum menceritakan penemuan GALEX, satelit ini berada di 697 km dari bumi dengan orbit rendah. Tidak diluncurkan dengan roket, hanya dengan pesawat dan dilepas untuk naik di ketinggian orbit rendah.

GALEX mendapatkan foto bintang Mira yang sudah dikenal sejak 400 tahun lalu. Tetapi foto yang di dapat dari bintang Mira memiliki buntut panjang. Seperti komet tapi panjangnya mencapai 13 juta tahun cahaya.



Galaksi Cartwheel, menghasilkan foto dibawah ini. Perlu pengabungan foto dari GALEX, Hubble, teropong Slitzer dan teleskop observasi X-Ray Chandra. Gambar dibawah dibuat agar bisa lebih mudah di amati oleh mata manusia



Lengan tersembunyi dari galaksi NGC 4625. Bila di amati dengan teropong, bentuknya hanya lingkaran kecil. Dengan sensor GALEX, ukuran galaksi lebih besar. Bintang di lengan baru bisa terlihat lebih cerah dan panas membentuk cahaya (gambar diatas). Dibawahnya NGC 4618 berisi gas hidrogen terlihat berwarna biru.



Helix Nebula. Foto dibawah ini adalah bintang besar yang memasuki masa akhir atau bintang yang akan mati. Karena inti galaksi sudah kehabisan bahan bakar, gas menyebar keluar bisa terlihat oleh GALEX. Jarak Helix sekitar 650 tahun cahaya, ditemukan pada abad ke 18.
Gambar kiri diambil dari teropong Spitzer, gambar kanan oleh teropong GALEX. Diambil pada tahun 2005. Bintang yang sekarang tersebut berada di titik paling tengah.





Galaksi NGC 6744 kembaran Bimasakti. Bentuknya hampir mirip, tapi ini di galaksi yang lain.



Penemuan galaksi kerdil Dwarf Galaxy. Berada di samping galaksi yang sangat besar galaksi NGC 6872 sehingga galaksi disebelahnya yang jauh lebih kecil nyaris tidak terlihat (di lingkari). Dalam pengamatan, cahaya yang diterima oleh teropong tenggelam oleh galaksi yang besar. Dengan teropong Galex maka keberadaan galaksi kecil tersebut bisa terlihat.





Tertarik melihat berapa banyak galaksi di alam semesta ini, bisa dilihat via Youtube SpaceRip. Gambar diambil dari ESO teleskop



Lebih lanjut Galex bisa dilihat via NASA