Daur ulang botol bekas menjadi tutup makanan


Green | 6 July 2013

Botol bekas bisa dijadikan penutup makanan. Misalnya makanan dari kacang, permen, kismis atau makanan apa saja yang dikemas dalam kemasan plastik. Umumnya dibiarkan terbuka begitu saja, atau dibuat berikan karet untuk penutup.

Satu cara memanfaatkan botol bekas bisa digunakan penganti karet. Dengan memotong bagian kepala botol plastik, lalu plastik makanan yang tersisa dimasukan ke dalam mulut botol. Tinggal ditutup dengan tutup botol. Praktis dan udara akan lebih kedap dibanding mengunakan karet gelang.

Tekniknya dibawah ini
  • Potong botol plastik untuk bagian atas saja.
  • Masukan kemasan makanan dari plastik
  • Tarik plastik paling atas dan tekuk di mulut botol
  • Baru ditutup


Berita terkait
Tanaman membutuhkan proses fotosintetis untuk menghasilkan oksigen. Tanaman di rumah atau gedung kantor juga membantu meningkatkan kualitas udara di ruangan kita. Aada beberapa tanaman menghasilkan oksigen pada malam hari. Pohon Empress Splendo jenis pinus tumbuhan paling efisien di dunia, mampu menyerab 103 ton karbon per hektar

Bicara sampah di Amerika, penduduk memilah antara sampah plastik dan kertas yang bisa di daur ulang. Tetapi masyarakat Amerika tidak tahu kemana sampah mereka berakhir. Sebagian di ekspor, lalu kemana sampah harus dibuang setelah China tidak lagi menerima sampah.



Memanfaatkan botol plstik atau daur ulang botol plastik untuk pancuran, tempat majalah, pot kecil tanaman, tempat sampah dan menaruh adaptor. Cara memanfaatkan botol bekas tinggal digunting, ditempel atau dibuat pola. Satu ide lagi memanfaatkan botol plastik pengantu botol semprotan air yang rusak.

Ada ide menarik untuk daur ulang atau membuat dudukan smartphone sendiri. Bisa dibuat dari kayu yang dibuat pola menjadi sandaran untuk smartphone, atau kardus bekas dan di percantik dengan kertas kado.

Nah ini ide menarik kalau susah mencari sapu dirumah. Seorang geek membuat sapu dari botol bekas. Dibutuhkan 4 botol plastik ukuran 1,5 liter lalu di satukan .

Beberapa tip memudahkan kita, atau memanfaatkan barang bekas menjadi berguna. Seperti mengikat kabel, membuat gantungan baju lebih banyak, tabung bekas untuk menyimpan adaptor dan memberikan warna pada kunci.

Daur ulang jepitan roti, kayu bekas, ranting atau dahan pohon, ban bekas, bekas tempat nasi, atau bekas besi troli barang dari supermarket. Bisa di daur ulang menjadi barang berguna.



Bila seseorang sedang tersesat atau nyasar. Sedangkan persediaan makanan yang dibawa dalam kaleng, tapi tidak membawa alat pembuka kaleng. Ada cara sederhana mengunakan tangan kosong

Daur ulang barang bekas dari kayu menjadi bangku, botol pastik menjadi tempat barang, botol selai menjadi tutup lampu, pengikat barang jadi tas dan lainnya Kay bekas dapat dijadikan kursi duduk. Membuat lampu dari gelas atau toples kaca, atau membuat parkir tempat sepeda dari kayu bekas.

Dekorasi rumah, daur ulang barang bekas, memanfaatkan vinyl untuk lantai, memanfaatkan ruang kosong disamping pintu, mengunakan tirai dengan bahan lebih murah bisa dilakukan lebih kreatif

Membuat pot tanaman , tanaman gantung, atau tempat pot yang digantung di pagar rumah. Ada cara sederhana, biayanya lebih murah dan tidak memakan tempat seperti ukuran pot yang besar.

Mungkin kurang tepat disebut sebagai daur ulang untuk dekorasi rumah. Beberapa bagian bisa saja dari barang yang sudah tidak terpakai lagi.
Bisa dimulai dari mendekor ulang dinding kamar, tanpa perlu melakukan pengecatan.

Computer terdiri dari bagian utama yaitu Motherboard. Bila tidak terpakai lagi, board akan dibuang menjadi sampah. Ada cara mendaur ulang komponen computer seperti papan pcb bekas menjadi clipboard.

Penumpang kereta api bisa membawa botol bekas mereka ke satu stasiun. Disana terdapat mesin penghancur botol plasti. Tinggal dimasukan ke dalam mesin, lalu mesin akan menghancurkan botol plastik, lalu tiket kereta bawah tanah akan ditambah kreditnya.



Satu gedung di pusat kota Tokyo menempatkan tanaman di seluruh jendela. Perusahaan Pasona yang berpusat di Tokyo tersebut bahkan memiliki kebun lantai atas gedung.

Minum air yang cukup membantu tubuh tetap bugar dan sehat. Air memiliki manfaat bagi kesehatan, air meningkatkan kekebalan dalam tubuh dan bertindak sebagai pengendali suhu bnadan. Air berfungsi sebagai pelumas dalam pencernaan, air mengangkut nutrisi dan oksigen ke dalam sel

Di kota Porto Alegre terdapat sebuah jalan yang panjangnya 500 meter. Jalan tersebut diapit pohon tua yang berjajar rapi, seperti membentuk gapura hijau. Jalan Ruo Goncalo de Carvalho ditanam tahun 1930 dan menjadi kanopi bagi jalan dan pejalan kaki selama 70 tahun terakhir.

Daur ulang botol bekas bisa dijadikan tembok rumah atau tembok pagar. Selain menghemat batu bata, cahaya dari luar bisa masuk ke dalam rumah atau tembok depan rumah. Pilihan daur ulang botol bekas bisa mengunakan botol hijau biasa

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah. Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya

Dibawah ini beberapa tip mendaur ulang barang bekas dan lebih kreatif mengunakan barang di kehidupan sehari hari.

Satu lagi ide memanfaatkan botol plastik bekas bisa dibuat menjadi pot tanaman. Bermodalkan botol bekas plastik yang dilubangi di sisi samping, tanah dengan pupuk, kawat dan tanaman. Pemasangan pot bisa digantung di tembok rumah. Bagaimana membuat rumah kaca mini dengan botol plastik

TerraCycle di dirikan oleh 2 mahasiswa Princeton Tom Szaky dan Jon Beyer, memanfaatkan barang daur ulang seperti sampah menjadi dekorasi. Dari bahan daur ulang tersebut kembali dikemas menjadi produk dan dijual ke toko retail besar seperti Target dan Walmart. TerraCycle tidak sendiri.

Bila tertarik menjadi fotografer untuk produk, atau meja kecil untuk foto. Bisa dibuat sendiri dirumah. Tidak memerlukan ukuran besar, hanya satu meja dengan  sebuah triplek putih. Atau dapat dibuat dengan lembaran plastik keras yang dipasang dengan bentuk melengkung.

Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang lebih menarik. Frame foto atau bingkai tempat foto. Membuat papan pengumuman atau bulletin board. Bekas botol plastik, dapat dijadikan tempat penyimpan

Sedang diuji coba dari pemakaian lampu LED, AC dan tingkat efisiensi konversi DC bagi peralatan elektronik




No popular articles found.
< /body>