Airport layanan apa yang paling dicari


News | 5 July 2013

Bicara airport, sekarang sudah 10 layanan gratis tersedia. Walau hanya di beberapa airport menyediakan bioskop, tempat tidur kecil sampai perpustakaan. Ketiga layanan tersebut paling diminati.



Sekitar 10.000 wisatawan yang diwawancarai dari 25 negara yang berkunjung di Thailand, 49% mengatakan mencari informasi perjalanan di Skyscanner. Bioskop di Changi Airport paling disukai. Shuteye mendapatkan 36% responden, mereka tertarik dengan layanan tempat tidur di bandara Abu Dhabi. Bukan hotel tapi bentuknya seperti Pod tidur bulan Mei lalu. Biaya relatif lebih murah dibanding menyewa hotel. Nomor 3 adalah perpustakaan di airport.

Apa lagi yang dibutuhkan pelancong melalui pesawat udara. Taman menduduki posisi nomor 4, dan pantai menduduki nomor 9. Maksudnya kalau bisa di airport dibuatkan pantai mini. Sebagian lagi butuh tempat karaoke dan Gym. Urusan belanja kalau wanita sudah pasti ingin kosmetik gratis, salon gratis dan pria ingin tempat main golf. Ada juga yang ingin tersedianya sepeda biar bisa jalan jalan di sekitar airport.

Survei ini diambil dari negara Thailand bandara Suvanabhumi. Setiap tahun dikunjungi 50 juta wisatawan, makanya pihak bandara perlu meningkatkan layanan bagi penumpang. Kira kira apa yang akan dipenuhi. Toilet premium, bioskop paling mungkin dibuat disana. Tapi kolam renang, tempat gym dan perpustakan, katanya belum tentu dibuat untuk kenyamanan penumpang.

Berita terkait
Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan mendarat di bandara lain.Istanbul Airport selesai dibangun dengan 4 landasan

Mungkin kita bertanya mengapa bandara diberi nama dengan 3 huruf. Awalnya bukan 3 tapi 2 huruf. Nama bandara diatur oleh IATA sebagai badan regulasi perbangan internasional. Seperti CKG adalah nomor bandara Cengkareng, walau nama bandara aslinya adalah Soekarno Hatta.



Pesawat yang sudah terbang sebanyak 3675 kali sekarang berada di airport Schiphol Amsterdam Belanda. Sudah berubah menjadi apartemen dengan luas 366 meter persegi dan disain kamar jaman dulu (Vintage). Sebuah kamar apartemen di pesawat berukuran king size dan kamar kedua dengan 2 single bed

Tren masyarakat China memang membutuhkan hiburan. China menjadi negara ke 2 sebagai pasar film setelah Amerika. Seperti strategi China, bangun dulu infrakstruktur maka permintaan akan mengalir kemudian. Jumlah bioskop disana naik 4x lipat dari periode 2009 sampai 2012.

Bulan lalu dari 22 ribu penerbangan dari bandara Beijing Capital hanya 18% yang tepat waktu. Tidak satupun bandara di China mampu menjadwalkan 50% penerbangan pada waktu yang ditentukan. Gilanya penumpang disana bisa ngamuk tidak karuan.

Kai Tak adalah airport tua peninggalan Inggris, memiliki landasan menjorok keluar di antara pulau Hongkong dan daratan. Bandara tersebut sudah tidak terpakai sejak pemindahan ke airport baru yang jauh lebih modern.

Di bandara Abu Dhabi atau ADAC ada tempat tidur. Bentuknya seperti kepompong yang bisa di tutup. Ada bagian penutup diatasnya bisa ditarik turun untuk tidur.



Sendirian di rumah sudah buruk. Apalagi harus berpergian, bagaimana kalau sempat di kerjain oleh tim Nivea. Ketika sedang duduk di airport, lalu melihat wajah anda muncul di koran seorang penumpang di depan anda. Bahkan masuk siaran televisi, lagi lagi wajah anda terpampang.




No popular articles found.