Galaksi PGC 9074 dan 9071 suatu hari nanti akan bergabung


Kategori : Science | Date : 6 July 2013
Di konstelasi Triangulum ada sepasang galaksi yang diberi kode PGC 0974 dan PGC 9071. Keduanya cukup dekat dan terikat dengan grativitasi. Walau terlihat tidak ada gangguan di antara keduanya, mungkin saja kedua galaksi akan saling tarik menarik.

Kedua galaksi memiliki jenis yang sama sebagai galaksi Spiral. Yang kiri PGC 9074 memiliki bagian lebih cerah dengan 2 lengan spiral di sekitar inti. Galaksi disebelahnya PGC 9071.

Secara bertahapa kedua galaksi yang berdekatan akan saling tarik menarik. Dan proses pembentukan bitang akan meningkat dan membuang ekor mereka menjadi satu. Tapi terjadinya nanti, sekitar ratusan juta tahun lagi. Keduanya akan membuat sebuah galaksi yang lebih besar lagi.
Gambar diambil dari Hubble dari tim ESA

Gambar asli via ESA
spaceinimages.esa.int/Images/2013/06/Inseparable_galactic_twins


www.obengplus.com/artikel/articles/103/1/Aplikasi-Astronomi-di-Android
Bila melihat data alam semesta mungkin kita akan kaget. Dalam 10 tahun terakhir manusia baru bisa menjawab beberapa pertanyaan. Galaksi Bima Sakti berada di Laniakea, dan galaksi kita hanya sebagian kecil dari isi alam semesta. Ukuran paling tepat saat ini, jarak Bumi ke tepi galaksi adalah 66 ribu tahun cahaya.

Gambar yang tajam ini mengungkap galaksi yang terbesar dibelakang bintang dan debu dari galaksi Bima Sakti. Berada di batas utara dengan konstelasi Pegasus. Galaksi NGC 7331 paling terang, tapi yang menganggu dibelakangnya dari 4 galaksi yang akan bertabarakan

Astronomi kali ini menampilkan sebuah foto galaksi payung atau setidaknya berbentuk payung di sisi galaksi utama. NGC 4651 memiliki bagian buntut yang tertinggal, bagian tersebut sebenarnya sampah dari tabrakan 2 galaksi yang terjadi.



Galaksi NGC 4258 jaraknya 23 juta tahun cahaya. Disana terlihat seperti kembang api, ada lubang hitam memakan gas disana.  Galaksi 4258 disebut juga M106, memiliki bentuk spiral seperti Bima Sakti. gambar 4 teleskop untuk mendapatkan satu gambar lengkap

Bentuk galaksi melakukan tranformsi dari bentuk elips menjadi beberapa bentuk akibat tabrakan atau fenomena yang terjadi dari galaksi sendiri. Galaksi dapat terlihat seperti mata, memiliki bentuk pipih dengan cahaya sangat terang ditengah, galaksi dapat berantakan ketika saling bertemu.

Sebuah galaksi yang letaknya 25 juta tahun cahaya dibuat foto oleh Hubble. Disebut galaksi ESO 373-8, setidaknya ada 7 galaksi lain di dekatnya dan galaksi ini menjadi grup NGC 2997. Anehnya bentuknya pipih tanpa ada objek lain di atas dan bawah galaksi

Ada 4 galaksi saling berdekatan. Disebut Seyfert Sextet sebuah kelompok galaksi memang berdekatan di area Serpens. Gambar yang diambil oleh teleskop Hubble ini memperlihatkan 4 galaksi seukuran Bima Sakti di formasi yang sama dan berinteraksi.



Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.

Galaksi NGC 1433 diabadikan oleh NASA ESA dari teleskop Hubble. Struktur warna di pusat galaksi ini yang menarik. Dari teleskop Alma di bumi menganalisa gambar lama dan baru. Alma adalah teleskop gelombang radio yang berada di Chili.

Satelit observasi Chandra memiliki kemampuan untuk melihat objek diruang angkasa dengan sinar X-Ray. Sehingga dapat mengabadikan bintang yang memiliki thermal walau tertutup kabut atau debu di ruang angkasa.

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Satelit GALEX dirancang untuk menemukan galaksi dengan sensor ultraviolet dan sudah bekerja sejak tahun 2003. Tapi satelit GALEX tidak akan lama lagi, karena NASA memangkas pendanaan operasi untuk satelit ini. Apa saja penemuan teropong GALEX

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E



Gambar menakjubkan dari NASA mengambil 2 galaksi yang bertabrakan. Ditangkap oleh Hublle Space Telescope, Galaksi Sprial NGC 2936 dan Galaksi lain pendamping NGC 2937 atau dikenal sebagai Arp 142 memiliki bentuk elip

Umumnya sebuah galaksi memiliki 2 spiral atau lebih. Tetapi galaksi NGC 4725 hanya satu memiliki satu spiral saja. Mungkin aneh, tetapi biasa bagi penemuan di dunia astronomi.

Galaksi spiral NGC 6872 yang ditemukan NASA menjadi galaksi spiral terbesar saat ini. Rentangnya mencapai 552 ribu tahun cahaya, dan jaraknya memang jauh sekitar 212 juta tahun cahaya dari Bumi.


No popular articles found.