Pesawat SR 71 mantan pilot menceritakan seperti apa canggihnya pesawat mata mata ini


Kategori : Stuff | Date : 3 July 2013
Pesawat tercepat di dunia ketika ngebut pilot lawan hanya bisa mengepalkan tangannya
Pesawat mata mata SR 71 memiliki keunikan. Bahan rangka pesawat dibuat dari titanium, warna asli pesawat ini tidak sepenuhnya hitam, hanya sedikit dibuat.

Katanya hanya 86 pilot saja yang disediakan untuk menerbangkan pesawat ini.

Cerita pesawat SR 71 diceritakan mantan pilot kolonel Rich Graham melalui BBC.

Mampu terbang di ketinggian lebih dari 20km diatas permukaan laut, kecepatan 3 mach, pilot harus mengunakan baju layaknya astronot.

Rekor yang pernah dicapai, hanya butuh waktu 1 jam 4 menit dengan kecepatan rata rata 3.400km perjam. Dia terbang dari kota Los Angeles ke Washington.

Semua persiapan dilakukan di darat. Ketika terbang diatas ketinggian 20km, maka pilot tidak bisa keluar atau membuka baju. Karena oksigen sangat tipis, kesalahan fatal bagi pilot di ketinggian 20km bila terjadi sesuatu..



Graham menceritakan pesawat ini tidak pernah bisa dikejar. Karena terbangnya yang cepat dan berada di ketinggian diatas rata rata pesawat biasa.
Setiap misi rahasia berlangsung cepat, membutuhkan waktu 3-4 jam dan sudah selesai. Di bagian 2 mesin jenis rocket tersebut, ternyata bagian moncong mesin bisa bergerak mundur ke dalam untuk meningkatkan daya dorong mesin pesawat.

Di jamannya, pesawat SR71 sangat canggih. Sekarang sangat beresiko menerbangkan pesawat tempur untuk memata-matai daerah lawan. Teknologi mata-mata sudah tidak diperlukan pesawat pengintai lagi, tapi melalui satelit langsung dan gambar lebih jelas dapat mengunakan drone yang di remote dari jarak jauh.




Pesawat SR 71

Lain cerita dengan 2 pilot SR 71, pada 13 Agustus 1981 Jay Reid dan Thomas melakukan misi nomor 964. Setelah terbang melintas Soviet untuk pengambilan gambar mata mata. Targetnya adalah markas angkatan laut Murmansk Soviet

Beberapa saat setelah pesawat terbang lalu di jemput dua kali oleh tanker udara KC135 dan melakukan pengisian bahan bakar di udara ke 6 tank
Melintas lautan Atlantic melintas ke Greenland dan Iceland pesawat langsung dikebut sampai 3 Mach. Dan terakhir mengisi bahan bakar kembali di Laut Utara dekat Scotland.

Rencananya setelah pesawat masuk ke Soviet dengan kecepatan terakhir mencapai 3,25 Mach untuk melintas di daerah target.  Melintas barat Norwegia, lalu Finlandia utara dan menuju negara Soviet.
Setelah mengambil gambar, pesawat secepatnya kembali ke daerah laut utara dengan kecepatan 3 Mach. Dan mengisi bahan bakar di teluk Goose.

Ketika pengisian bahan bakar ke 4 di daerah Scotland, terlihat lampu peringatan dan terlihat masalah di salah satu sayap kemudi belakang ketika melakukan pengisian bahan bakar di udara. Setelah mengetahui mesin bermasalah, kedua pilot membatalkan penerbangan dan secepatnya mencari landasan untuk pendaratan darurat.

Pesawat kembali dan mendarat di Bodo pada tanggal 13 Agustus waktu Norwegia. Total penerbangan sampai 4 kali pengisian dengan pesawat tanker udara hanya 6,4 jam. Norwegia langsung mengamankan pesawat mata mata mereka, karena memiliki data penting dan rekaman dari base Murmansk.
Di landasan udara militer Norwegia, kedua pilot meminta pesawat mereka di jaga selama 24 jam. Uniknya pertama kali yang menyambut adalah seorang pilot Norwegia dan menanyakan salah satu rekan mereka.
Pilot Norwegia mendapat latihan dari USAF, dan salah satu penerbang senior Bill Groninger yang menerbangkan SR71
Pilot ytersebut bernama General Olav Aamoth sebagai komandan di Bodo yang pernah di latih oleh penerbang SR-71

Video lengkap pesawat ini bisa di tonton via BBC



Seorang mantan pilot Terry Pappas menceritakan kecanggihan pesawat mata mata SR71 ini dalam sisi berbeda. Dia salah satu pilot yang mendapatkan gelar Habu sebagai lambang dari kepala ular di pesawat SR71. Ketika pesawat ini terbang begitu tinggi, katanya pesawat pencegat hanya bisa mengepalkan tinjunya ke pilot SR71. Dengan ketinggian diatas rata rata pesawat jet tempur, SR71 nyaris tidak mungkin di tembak dengan rudal udara ke udara di jaman itu.

Ada cerita menarik tentang pembuatan pesawat ini. Bahan pesawat SR71 adalah metal titanium. Berfungsi untuk menahan panas mesin jet serta seringan aluminium. Amerika ketika itu hanya mengetahui bahan titanium terbaik ada di Soviet. Sampai CIA membuat perusahaan palsu untuk membeli lembaran titanium dari Soviet. Tapi perusahaan yang memproduksi titanium di Soviet tidak tahu untuk apa bahan tersebut. Yang ternyata digunakan untuk memproduksi pesawat SR 71 dari Amerika serta memata-matai Soviet.

Sepanjang servis pesawat ini, semua dijaga ketat, teknologi yang diberikan khusus untuk pesawat ini. Tahap penyaringan pilot tempur juga sama ketat. Pengisian bahan pesawat di udara merupakan hal rumit karena pesawat SR71 yang boros bahan bakar. Kesulitan kedua ada di pesawat tanker udara yang selalu tancap gas untuk berada di depan SR71 dan menyeimbangkan kecepatan pesawat agar selaras bersamaan. Sedangkan pesawat SR71 harus terbang dengan kecepatan minimum dibelakangnya untuk mengisi tangki 80.000 pound.

Dari 32 pesawat yang dibuat, 12 pesawat mengalami kecelakaan (hilang atau jatuh). Tapi tidak satupun karena serangan musuh (ditembak jatuh).
Bila pesawat di kebut sampai 3,5 mach. Suhu permukaan pesawat akan meningkat sampai 260 derajat C. Masalah akan terjadi panas di ruang cockpit sampai 120 deg.C, pesawat tersebut harus dipasangkan sistem pendingin.
Kecepatan maksimum dibatasi dan tidak lebih 3.3Mach atau rata rata 3.2 Mach untuk ngebut, agar menjaga suhu pesawat tidak melewati batas panas 427 deg.C
Bila badan pesawat mengalami suhu panas, kadang terjadi kebocoran bahan bakar yang merembes ke luar.

Berbeda dengan pesawat tempur biasa, pilot boleh saja mengunakan baju penerbangan biasa. Tapi cerita mantan pilot diatas, pilot harus tetap berada di baju khusus. Komunikasi dengan copilot dilakukan dengan radio atau headset, dan baju pilot adalah baju penopang hidup yang tertutup.

Mesin pesawat SR71 disebut Black Magic jenis TurboRamjet. Mesin dapat memacu pesawat dari 0 sampai 3,2 mach tanpa henti. Udara masuk dari depan, dan membentuk udara kejut, ditekan dengan putaran jet turbin kompresor dengan begitu banyak baling baling di dalamnya, dan tekanan begitu kuat kembali dibakar (burner jet engine). Disain mesin ini mengabungkan antara teknologi mesin TurboJet seperti pesawat komersil yang ada saat ini dengan Ram Jet. Di ujung depan mesin pesawat terdapat tutup kerucut yang dapat berubah posisi untuk memasukan pasokan udara.

Di dalam, panas mesin pesawat tidak akan merusak mesin karena mengunakan sistem cooler yang dirancang khusus. Untuk kecepatan dibawah 1,2 mach seperti take-off dan landing di sisi belakang terdapat tutup udara untuk menurunkan kekuatan mesin Ketika pesawat berada pada kecepatan diatas 1,2 mach keatas, bagian tersebut akan terbuka penuh.





Kecepatan pesawat maksimum 3.540km perjam konstan. Ketinggian 24.000 meter dari permukaan laut. Jarak jelajah hanya 5.400km , dan Ferry 5.925km. Beban sensor di badan pesawat maksimum 1,6 ton, berat kosong pesawat mencapai 30,6 ton, dan beban total 69 ton. Mengunakan 2 mesin Ramjet Pratt &Whitney JR59-1, secara terus menerus mengunakan afterburning tubrojet.

Tahap pembuatan dana pengunaan pesawat
Mesin pertama dibuat dan diuji tahun 1957, 1962 diperkenalkan ke angkatan udara Amerika, dan tahun yang sama pengujian selesai dan 6 pesawat dipesan. Tahun 1964 diumumkan ke publik Amerika akan memiliki sebuah pesawat mata mata yang mampu terbang 3,3 mach. Pesawat prototipe pertama dikirim tahun yang sama. Tahun 1967 pertama kali pilot dilatih tapi mengalami kecelakaan
Tahun 1968 tahap awal secara penuh SR71 bertugas. Tahun 1989 tugas SR 71 dihentikan.
selanjutnya beberapa pesawat ada di museum, pernah digunakan Nasa, dan penerbangan terakhir oleh Nasa di tahun 1999.

Pesawat SR71 tercepat pernah dikebut oleh kapten Robert Helt, sampai ketinggian 25.929 meter dari permukaan laut
Pilot Brian Shul masuk dalam buku The Untouchables, karena dia menerbangkan pesawat dengan kecepatan 3,5 Mach di tahun 1986, untuk menghindari rudal Lybia.

Apa yang masyarakat tidak ketahui dengan teknologi kapal selam. Amerika memiliki daftar 66 kapal selam, kemampuan menyerang kapal selam lain, rudal balisitik. Rusia 60 kapal selam, satu kapal mampu mengunting kabel bawah laut.

Lain lagi nasib seorang mantan pilot Soviet yang dipanggil Loginov. Dia sekarang bekerja di restoran cepat saji di Rusia. Letnan Kolonel Petrov yang menyelamatkan bumi dari Armageddon perang dunia ke III. Terungkap 10 tahun sebelum Soviet menekan tombol merah peluncur rudal balistik.

Hanya 4 negara memiliki pesawat legenedaris ini. Mirip F-14 Tom Cat, Amerika memiliki 250 pesawat dan tidak pernah di jatuhkan dalam pertempuran udara. Jepang merubah dengan nama Mitsubish. Memiliki kekalahan nyaris 0 dalam pertempuran udara.



Helikopter membawa beban paling berat. Memiliki daya angkut 10 ton sampai 20 ton. Dimiliki oleh Rusia dengan beban paling besar adalah Mil Mi-26. Sikorsky CH-53K beban angkut ekternal dan helikopter terbang paling tinggi, disusul Changhe Z-18 dari China menjadi helikopter kedua yang memecahkan rekor terbang sampai 9000 meter.

Helikopter TNI, setidaknya 4 unit setelah di pamerkan di Monas. Sekitar 4 pesawat melintas di jalan Arteri Pondok Indah. 7 Maret 2017, Heli TNI AD diatas jalan Arteri Pondok Indah

Mig 25 adalah jet tempur tercepat kedua di perang dingin. Ketika terungkap oleh barat, akhirnya diketahui pesawat tersebut bukan pesawat jet tempur biasa. Memiliki kecepatan 2,8Mach dan maksimum 3,2 Mach. Tidak ada yang bisa mengejar bila pesawat dipacu dengan 2 mesin jet Tumansky R-15. Sampai barat semua teungkap setelah barat membuka isi pesawat

Sebuah pesawat Boeing 777 dengan beban 250 ton turun dengan keras di landasan. Ban pesawat menahan semua beban ke landasan, tapi tidak meledak. Mengapa ban mampu menopang begitu besar, apakah ban pesawat beda dengan ban mobil biasa. Tentu saja.



Pesawat pembom nuklir supersonik XB-70 Valkyrie tampil di era 1968. Jet pembom XB-70 Valkyrie mampu terbang sampai kecepatan 3 mach+ berada di ketinggian 21 ribu meter. Dengan posisi yang sangat tinggi dan cepat, pesawat pembom ini tidak mampu dicegat ketika masuk ke daerah musuh

Gambar pesawat jet tempur Stealth ATD-X buatan Jepang.  Dibuat oleh perusahaan Mitsubishi, awalnya sempat keluar dalam bentuk mock-up saja. Menurut data, kementrian pertahanan Jepang meminta Mitsubishi membuat pesawat jet ATD-X.

Pilot ajib melakukan pekerjaan dengan cepat sekali. Mengambil pohon cemara aka untuk pohon natal hanya mengunakan helikopter. Diambil dalam waktu 20 detik lalu sudah pindah ke atas truk lagi

Berapa kecepatan alat transportasi yang dibuat manusia. Sejauh ini tercatat pesawat ruang angkasa paling cepat. Apollo 10 menjadi kendaraan paling cepat yang pernah tercatat dengan kecepatan terbang 32 mach. Nomor 2 dari Space Shuttle atau pesawat ulang alik tahun 1981.

Pesawat mata mata seperti A 12, SR 71 dan U2 keliatannya keren. Tetap tidak bagi pilot pesawat jenis ini. Terbang jauh lebih tinggi dari pesawat komersil membutuhkan baju khusus. Rata rata pesawat mata mata perlu terbang selama 12 jam untuk tugas pengintaian.

Dirancang untuk membawa beban berat, pasukan sampai kendaraan. Jasanya cukup banyak, dari Chernobyl dan digunakan PBB



Hanya 32 unit saja yang pernah dibuat untuk pesawat mata mata militer, 12 lainnya hilang atau rusak.

Dari Liveleak menayangkan kecelakaan helikopter  Apache AH-43 jatuh di Sharana Afghanistan. Pilot mencoba melakukan manuver kembali ke target untuk berbalik menyerang.


No popular articles found.