Setiap tahun Intel membuat procesor baru. Perbaikan dari procesor sebelumnya ke generasi selanjutnya. Haswell adalah generasi ke 4, bagaimana dengan generasi ke 3 dari Ivy Bridge. Apakah generasi ke 3 sudah usang, apa beda Ivy Bridge dengan Haswell. Atau memang banyak perbedaan Haswell vs Ivy Bridge dan Sandy Bridge, ternyata tidak juga.

Perbedaan paling penting antara Ivy Bridge vs Haswell vs Sandy Bridge
  • Haswell adalah procesor Intel generasi ke 4, memiliki fitur baru internal VGA (GPU) lebih cepat.
  • Ivy Bridge adalah procesor Intel generasi ke 3, memiliki fitur internal VGA (GPU) sedikit lebih lambat.
  • Sandy Bridge adalah procesor Intel generasi ke 2, memiliki fitur internal VGA (GPU) paling lambat.
Secara keseluruhan, ketiganya berbeda kecepatan, antara 5-10% saja.
  • Apakah anda tahu, procesor Sandy Bridge hanya dibuat sampai 3.3-3.4Ghz saja. Sedangkan Ivy Bridge dan Haswell berada di atas 3.4Ghz. Tentu aja kedua generasi baru tersebut lebih cepat.
  • Apakah anda tahu, procesor Sandy Bridge memiliki kecepatan paling rendah di speed. Hanya 1.6Ghz ketika idle dan tetap hemat power ketika untuk mengetik atau browsing saja. Sedangkan Haswell dan Ivy Bridge sudah dipatok kecepatannya diatas 2.3Ghz atau lebih.

Bila ingin berhemat, bisa memilih procesor lama. Dari PCmag mengatakan harga generasi ke 3 Intel lebih murah. Penawaran terbaik dengan perbedaan harga budget, sekitar $100 lebih. Khususnya produk notebook, anda bisa berhemat dengan procesor lama dibanding membeli generasi Haswell. Memang ada teknologi yang tertinggal di Ivy Bridge dibanding Haswell, khususnya kecepatan internal VGA

Ada kata Tick Tock di setiap pemasaran procesor

Tick adalah pengecilan, procesor baru dibuat lebih padat dengan nm lebih kecil. Tock adalah microprocesor baru.
  • Ivy Bridge dikecilkan dari Sandy Bridge. Dari 32nm diturunkan ke 22nm.
  • Haswell masih bertahan seperti Ivy Bridge, tapi dibuat sedikit lebih hemat power. Itu katanya, khususnya untuk produk procesor mobile memang membutuhkan power hemat.

Motherboard Haswell sudah berbeda dengan socket 1150
Ketika pemilik motherboard Sandy Bridge ingin menganti ke Ivy Bridge, cukup mengupdate BIOS untuk motherboard dan procesor. Walau tidak semua motherboard bisa di upgrade. Tapi keduanya memiliki ukuran socket yang sama.
Socket Haswell berbeda, mengunakan Socket LGA 1150. Sedangkan Ivy Bridge dan Sandy Bridge memakai socket LGA 1155.

Haswell memiliki internal grafik lebih baik.
Fitur ini yang diandalkan Intel, internal VGA lebih cepat dari Ivy Bridge. Memungkinkan pengunaan internal VGA seperti performa VGA ekternal di computer atau notebook. Intel menawarkan Iris dan Iris Pro yang lebih cepat. Walau di prakteknya mungkin tidak sebagus promosi. Perbaikan hanya sekitar 5-10 frame perdetik untuk resolusi 1366x768 di game 3D. Lebih hemat karena VGA berada di dalam procesor.
Internal GPU / VGA di Haswell, paling cepat setara Nvidia GTX 8800GT atau 7600 GT atau HD 3670. Katanya seperti itu. Jauh dibawah kemampuan ekternal VGA kelas entry level.

Kecepatan di perangkat mobile
Haswell memang cepat, tapi produsen memilih memperlambat untuk procesor mobile. Apple MacBook Air 13 inch mengunakan Core i5 1.8GHz untuk model 2012. Model 2013 malah diturunkan, dengan Haswell cukup 1.3Ghz Core i5. Kecepatan sama dengan model lama, tapi lebih hemat power. Untuk perangkat mobile seperti notebook, procesor baru lebih baik.

Pemakaian baterai pada perangkat notebook.
MacBook Air dan ultrabook mampu menghemat baterai lebih baik dengan Haswell. MacBook Air yang baru mampu bertahan selama 15 jam lebih dengan power baterai. 2x lebih lama dibanding model 2012. Sony VAIO Duo 13 dengan Haswell bisa bertahan hampir 9 jam, atau 2x lebih tahan dibanding model sebelumnya.

Ada perbedaan antara Haswell dan Ivy Bridge lainnya. Haswell memiliki sirkuit internal untuk voltage regulator dan sudah menjadi bagian chip itu sendiri. Fokusnya bekerja di suhu rendah dan hemat power. Baik untuk computer tipis atau tipe All in One.

Selanjutnya perbandingan kecepatan Haswell vs Ivy Bridge dan Sandy Bridge