Ambulan di Ekuador memiliki kuasa di jalan. Mereka akan membajak siaran radio dan memberitahukan bila kendaraan ambulan dalam keadaan darurat akan lewat. Itu legal.

Bila kita melihat mobil ambulan di jalan sudah membunyikan suara. Masih ada saja pengemudi peduli, apa lagi mereka yang suka mendengar musik keras di kendaraan. Di kota Guayaquil, ambulan akan membajak siaran radio dari frekuensi FM dan AM. Pengemudi kendaraan akan mendengar suara peringatan bila mobil ambulan akan lewat.



Daya radio dari ambulan hanya memancar sampai jarak 1 km, tapi cukup menganggu frekuensi radio. Walau teknologi musik saat ini sudah digantikan oleh CD dan MP3 mungkin pengendara tidak mendengar suara dari ambulan.
Sejauh ini teknik tersebut cukup efektif dan dan mempercepat mobil ambulan mencapai rumah sakit. Setidaknya pengemudi kendaraan di radius 1 km bisa mendengar pesan dan memperlambat dan memberikan jalan lebih dahulu.

Ambulan di Swedia.
Mobil ambulan di Swedia akan melakukan hal yang sama. Tapi yang ini akan lebih keras lagi bila anda pengendara di depan tidak mau memberikan jalan untuk mobil ambulan. Seberapa keras speaker mobil , pengemudi akan melihat peringatan dan suara dari ambulan di belakangnya.

Kendaraan ambulan Swedia akan membajak siaran radio di kendaraan anda, lalu memberikan suara di radio yang menjengkelkan serta menampilkan pesan text di radio kendaraan.
Pembuatnya dari mahasiswa KTH Stockholm, merancang sistem yang disebut Radio Data System - RDS. Unit tersebut dikemas menjadi peralatan EVAM dan ditambahkan di ambulan. Jika kebetulan pengendara di depan sedang asik mendengar radio seperti radio FM atau Bluetooth sangat keras dan tidak mendengar suara ambulan. Akan muncul suara yang menganggu sampai pengendara sadar ada ambulan di sekitarnya dan harus memberi jalan.
Sampai sepanjang rute jalan, pengendara dapat menerima pesan sinyal yang di tranmisi oleh ambulan yang akan lewat.
Alasannya, bila sistem dijalankan maka mobil ambulan dapat melintas dalam hitungan detik. Bila tidak mengunakan sistem, mobil ambulan menjadi terlambat sekitar 10-15 detik. Bila dihitung total waktu perjalanan, maka kelambatan tersebut menjadi penting untuk menyelamatkan manusia.
Program ambulan di Swedia akan diterapkan untuk beberapa kendaraan selama uji coba.

Siapa sangka negara di Amerika Latin dan Swedia peduli dengan layanan masyarakat. Dan perijinan dibuat hanya antara perusahaan radio dan kalangan medis.