Stuff | 25 March 2018

Pesawat udara jaman dulu lebih nyaman walau kurang aman


Perubahan layanan angkutan terus berubah mengikuti jaman. Di Indonesia pernah ada kereta Bima yang memiliki layanan tempat tidur yang nyaman. Sekarang sudah di hapus dijadikan gerbong eksekutif dengan bangku empuk. Pesawat terbang juga berubah.

Pesawat jaman dulu lebih nyaman dibanding layanan pesawat komersil sekarang. Walau teknologi pesawat dahulu masih kalah, dan belum memiliki teknologi GPS, bahan pesawat dari plastik carbon, dan teknologi lainnya.

Di tahun 1940an Boeing Stratocruiser digambarkan seperti karpet terbang. Dilayani oleh pramugari yang cantik, kursi sangat empuk, dan tempat duduk semua kelas dapat dirubah menjadi tempat tidur



Awal tahun 1980an, Conintental Airlines dengan pesawat DC10, mereka memilik pub dengan meja bundar. Bahkan ada tempat bermain game Pong, ketika itu menjadi game terbaik dalam teknologi di jamannya

Tahun 1970, Southern Airway menyebut maskapai udara mereka sebagai Rute Bangsawan. Karena memberikan semua kelas dengan sentuhan First Class. Diberikan bantal, minuman nonstop selama persediaan masih ada di penerbangan jarak jauh. Termasuk roti dengan mentega untuk rute tertentu.

Panam 707 menawarkan makanan di pesawat dengan membawa koki untuk memasak bagi penerbangan Trans Atlantik. Panam memiliki layanan bebas getaran sehingga penumpang mendapat bunga segar bagi penumpang First Class sampai akhir 1970.

Di tahun 1970 sampai 1974, American Airlines menyediakan piano di bagian belakang pesawat 747. Bukan piano besar, tetapi piano listrik. Kabarnya piano tersebut sering rusak karena banyak yang suka memainkan musik di setiap penerbangan dan menumpahkan minuman koktail.

Tahun 1965 penerbangan layaknya peragaan busana. Pramugari menyambut dengan seragam pertama. Lalu berganti seragam berwarn warni ketika layanan makan.

Bagaimana dengan pesawat modern. Pesawat model lama memiliki kaca dengan ukuran 34 inch, sekarang rata rata mendekati 31 inch. Pesawat sekarang semakin padat penumpang. Jarak bangku semakin rapat, bila salah mengambil tempat duduk maka penumpang hanya mendapatkan separuh jendela.



Sekarang kembali pesawat Airbus dan Boeing yang menyediakan tempat tidur di dalam kabin. Tentu ada di First dan Business Class, hanya tarifnya bikin geleng kepala. Maklum untuk kelas First Class, tempat tidur mengunakan ruang lebih banyak dibanding kelas ekonomi. Setidaknya perbangan di kelas premium kembali memberikan layanan premium. Dari tempat tidur, kursi lebih lebar serta hiburan di pesawat.





Kursi pesawat modern lebih kecil.
30 tahun atau bahkan 20 tahun lalu, kursi pesawat kelas ekonomi masih terasa lebar. Tapi pesawat terbaru akan terasa lebih sempit. Salah di tubuh kita, atau ukuran kursi yang berubah.

Dari harian Telegraph mengatakan kursi kelas ekonomi saat ini menjadi sempit. Umumnya hanya 34-36 inci.



Boeing 707 tahun 1958, menawarkan kursi denganjarak 34 inci. Demikian juga seri 747 seperti armada Pan Am dan TWA.
Tahun 1981 harian NYT melaporkan pertama kali, produsen pesawat diminta mengecilkan jarak kursi penumpang menjadi 32 inci.
Tahun 1990an harian Telegraph memnandingkan jarak kuris dari maskapai murah BA dan Virgin. Tetapi jarak kursi dari setiap armada penerbangan berbeda, khususnya jarak jauh dari Lufthansa, Quantas dan Virgin masih menawarkan kursi 34 inci dikelas ekonomi.
Tapi BA memiliki kursi dari 31 dan 34 inci, tergantung tipe pesawat. Berbeda dengan Virgin, bahkan lebih kecil hanya 29 inci.
Sekarang sebagian besar pesawat malah turun lagi 28 inci.

Boeing mengatakan perubahan kursi duduk terkait dengan bahan materi yang diganti. Agar memiliki ruang lebih luas bagi penumpang, tapi jarak antar kursi semakin dekat.

60 tahun berlalu sampai sekarang, lebar kursi untuk penumpang semakin kecil. Dahulu antara 19-20, sekarang luar biasa sempitnya, antara 16, 17 dan paling besar 19 inci.

Airline     jarak kursi (inci).
Singapore Airlines     32-34
Emirates     32-34
Qatar Airways     31-33
Cathay Pacific     32
Virgin     29-31
Malaysia Airlines     32-34
KLM     31-35
Delta     31-35
Etihad     31-33
South African Airways     31-33.5
Air Transat     32-33
Thomas Cook     29-31
Tui Airways     33
Air Canada     31-35
British Airways     30-33
American     31-37
United     31-37



Penerbangan jarak kaki (inci)
Aurigny     29-31
Norwegian     29-31
Jet2     29
Aer Lingus     31-32
Swiss     31
Air Malta     30
Lufthansa     30-32
KLM     30-33
SAS     30-32
Eurowings     30-32
EasyJet     29
Flybe     30-31
Tui Airways     28-34
TAP Portugal     28-30
Wizz Air     30-32
Thomas Cook     28-30
British Airways     29-34
Ryanair     30
Vueling     29-30

Walau tinggi tubuh anda standar dengan 170cm. Penumpang kelas Ekonomi harus duduk tegak, bila tidak dengkul akan mentok ke kursi depan.
Untuk kenyamanan duduk, antara lebar kursi dan kenyamanan kaki kita di kelas Ekonomi. Jangan heran pesawat saat ini terasa semakin sempit.


Artikel Lain

Penerbangan komersil tidak ada yang lewat di atas Tibet. Hanya penerbangan regional dalam negeri saja, itupun hanya jarak pendek. Mengapa pesawat tidak lewat di atas Tibet. Beberapa pertimbangan dengan faktor keamanan penumpang dan pesawat.

Dunia penerbangan sekarang sudah sangat sibuk. Bila pilot atau pramugari meminta ponsel dimatikan total. Jet komersil capai kecepatan supersonik 1300km perjam 8 Feb 2020, tiba 1 jam lebih cepat. Ventilasi udara di pesawat dapat menghindari penyakit. Maskapai menempatkan camera keamanan untuk memonitor penumpang (Agustus 2019)



Pesawat penumpang terbesar di dunia A380, 28 April 2020 1 pesawat yang terbang.  November 2020, 6 unit pesawat sudah pensiun dan tidak pernah terbang lagi. Tahun 2023 sekitar 70% armada A380 kembali ke udara. Mampu membawa 4x penumpang dibanding Boeing 737 MAX.

Pesawat Boeing KC-46 tanker udara. Lebih besar, mampu mengisi bahan bakar pesawat angkut sampai militer di udara. Selain Amerika, Jepang telah memesan  tanker terbang ini. Indonesia masih mempertimbangkan antara Boeing dan Airbus, sesuai kebutuhan pesawat yang ada.

Bila tertarik membeli pesawat jet komersil. Lihatlah di toko online China Taobao, masih tersisa satu dijual murah. Pesawat jet Boeing 747 milik perusahaan kargo Jade Cargo International disita oleh pengadilan Shenzhen China. Setelah perusahanaan mengajukan kebangkrutan. Jet milik Jade Cargo sekarang dimiliki perusahaan lain China SF Airlines.

Pesawat 777-300ER dirancang terbang jarak jauh. Menjadi pesawat paling efisien dan digunakan untuk terbang nonstop. Bagi penumpang, duduk terbang berjam jam lebih dari 12 jam adalah hal membosankan. Bagaimana dengan awak pesawat, tunggu dulu.

Pesawat di era 60an, ketika teknologi tidak ada di pesawat genrasi lama. Tidak ada GPS, tidak ada komunikasi satelit dan tidak ada WIFI di pesawat. Semua tergantung sinyal dan komunikasi radio. Sekarang di pesawat menyediakan jaringan internet, bahkan memiliki sistem kemudi otomatis dan pendaratan sendiri.



Pesawat DC10 buatan McDonnel Douglas dengan 3 mesin, 2 mesin di sayap dan satu lagi di bagian belakang. Terakhir di operasikan oleh Bisman Airlines dan akan dipensiunkan. Pesawat DC10 adalah pesawat yang handal dan terbang sangat tenang. Layaknya mobil Cadillac Fleetwood tua.

Ada beberapa rute penerbangan yang tidak biasa dan tiketnya sangat mahal. Ada yang mahal karena duduk di First Class, ada lagi penerbangan untuk 3 hari. Tapi ditawarkan oleh perusahaan penerbangan.

Satu foto diposting oleh departemen pertahanan Amerika. Memperlihatkan pesawat cargo militer C 17 Globemaster III sedang di isi bahan bakar di udara tengah malam oleh satu pesawat 151 Air Refueling Wing



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.