Berapa banyak daerah yang hijau di bumi ini, apakah semua masih hijau.  Amerika latin memiliki daratan tinggi, disana lumayan gersang. Amerika di daerah sisi barat lebih gersang dibanding bagian timur.  Afrika tengah dan Afrika selatan lebih gersang. Satu lagi di gurun Gobi China serta Australia sudah lama menjadi daerah gersang yang minim pepohonan.

NASA mengunakan satelit Suomi NPP mengumpulkan gambar dengan resolusi tinggi selama satu tahun. Lalu dijadikan sebuah gambar yang besar dan memberikan gambaran dimana saja daerah yang masih hijau.

Satelit Suomi NPP memakai teknologi inframerah dan radiometer untuk menditeksi energi di titik permukaan tanah. Lalu merefleksikan kembali ke satelit. Sehingga sensor satelit dapat membedakan tanaman yang hiudp dan benda lainnya.

Daerah hijau gelap adalah daerah vegtasi, sedangkan warna pucat adalah daerah yang gersang atau kurang tanaman. Bisa disebabkan banyaknya salju, daerah berbatu, kekeringan atau daerah perkotaan.

Gambar diambil oleh NOAA selama bulan April 2012 sampai 2013. Bisa dilihat untuk Indonesia masih memiliki daerah hijau sangat banyak, semoga daerah tersebut tetap hijau.

Dibawah ini gambar dari satelit Suomi NPP



Detail gambar bisa dilihat langsung dari NOA +  www.nnvl.noaa.gov/Green.html