Green | 24 June 2017

Manfaat lebah bila menghilang dampaknya separuh buah dan sayuran akan hilang


Pentingnya lebah bagi tumbuhan

Sebagian besar lebah atau tawon adalah serangga yang baik bagi manusia, terlebih samgat bermanfaat bagi tumbuhan.

Mereka melakukan pekerjaan setiap hari mengambil sari bunga, menghasilkan madu, sambil menyebarkan serbuk sari antar tumbuhan.

Kehadiran mereka kadang menganggu, khususnya beberapa lebah yang masuk kategori berbahaya.
Tetapi lebah kecil seperti lebah madu atau lebah pencari serbuk sari sangat baik untuk kita yang memiliki kebun. Khususnya terkait dengan bunga dan buah.
Alam memberikan semuanya, tapi kita tidak tahu apa fungsi yang sudah ada.

Bila kehidupan lebah terganggu atau menghilang, apa yang terjadi.
Beberapa pohon buah kemungkinan kesulitan untuk berbuah.
Tanyakan ke orang tua kita, ketika kecil apakah di jalan banyak pohon yang menghasilkan buah. Seperti pohon mangga, durian, belimbing, jambu yang paling mudah tumbuh
Bandingkan di waktu sekarang, apakah masih kita lihat adanya pohon berbuah di jalan ?
Perlahan pembangunan kota besar di Indonesia telah merusak ekosistem alam.

Hilangnya lebah madu, ketika tidak ada lagi lebah yang menyebarkan serbuk sari untuk bunga. Artinya tumbuhan tidak akan berbuah.
Sudah hukum alam bila lebah memiliki hubungan dengan tumbuhan, dan kehidupan keduanya berlangsung saling menguntungkan

Dari 453 jenis buah yang ada di pajang di supermarket, sekitar 237 buah akan menghilang tanpa bantuan lebah.
Seandainya tidak ada lagi lebah berkeliaran untuk menyebarkan serbuk sari, sebuah perkebunan mungkin kesulitan untuk panen.

Di pasar akan menghilang makanan seperti apel, bawang, alpukat, wortel, mangga, jeruk nipis, limau, Honeydew, belewar, timun Jepang, labu musim panas, terong, timun, seledri, hijau bawang, bungkul, daun bawang, kubis, brokoli,  sawi dan lainnya.

Pestisida adalah perusak termasuk serangga Lebah.
Pestisida dikembangkan ketika perang dunia kedua oleh Jerman Nazi, tujuannya untuk pemusnah manusia.
Setelah perang usai, teknologi pestisida dibawah ke Amerika.
Dan dijadikan alat anti serangga, atau pembasmi hama.

Masalahnya pengunaan pestisida tidak menguntungkan, bila sebuah lahan di bombardir pestisida.
Kerusakan tanah akan terjadi tapi bukan dibagian atas.
Alasannya, pestisida akan turun ke dalam permukaan tanah.
Kota kota mikro yang berada dibawah tanah seperti bakteri, bintang kecil bahkan cacing akhirnya pindah bahkan lenyap.
Kerusakan tanah juga dibuat film dokumenter Kiss the Ground



Missing link lebah mendadak menghilang.
Peneliti Perancis mengatakan bahan pestisida neonicotinoid sangat merusak individu lebah madu.

Di Eropa bahan neonicotinoid pestisida untuk bunga sudah dihindari.

Peneliti Inggris menemukan kaitan antara hilangnya lebah dengan bahan pestisida. Lebah pekerja dapat diproduksi kembali oleh ratu lebah.
Tetapi ketika jumlah lebih sedikit, jumlah lebah pekerja berkurang di koloni lebah.
Produksi pekerja menurun dan tidak mengantikan sebagian besar dari lebah pekerja yang mati.

Ratu lebah secara alami akan memproduksi lebah penjaga lebih banyak dibanding lebah pekerja. Ini yang menyebabkan mengapa lebah mendadak hilang dan tidak banyak kembali lagi ke daerah perkebunan.



Walau banyak penyebab mengapa lebah menghilang selain kerusakan akibat pestisida, hal lain seperti kehilangan tempat habitat dan gangguan alam sendiri.

Bagaimana manusia bisa membantu para lebah. Serangga penyerbuk ini merupakan komponen penting dari 85% tumbuhan di muka bumi.
Pelihara saja lebah yang tidak berbahaya, dan ada disekitar rumah dan jangan di matikan bila mereka tidak membahayakan kita.
Dijamin pohon buah di sekitar rumah lebih sering berbuah, dan berbunga.

Lebah masuk serangga di lindungi di Hawaii
U.S. Fish and Wildlife Service, lebah menghilang atau mati begitu cepat mungkin tidak baik untuk mereka yang menyukai tanaman dan buah.

7 lebah kuning dari spesies Hylaeus membutuhkan perlindungan pemerintah. Dimana lebah tersebut berada, mereka ada di Hawai.

Bila anda melihat lebah disana, berpikir dua kali untuk mematikannya. Karena mereka sudah mulai menghilang alias menjadi cukup langka ditemukan.
Jumlah lebah kuning berlimpah di Hawai pada awal 1900an, namun sekarang menghilang dari habitatnya dan sudah jarang terlihat.

Manusia memainkan peran penting penghancuran kelompok lebah. Tapi spesies Hylaeus dikacaukan oleh kelompoknya sendiri.
Mereka bersaing dengan kelompoknya sendiri dan serangga lain seperti semut asing. Semut suka memakan larva di sarang lebih kuning.

Jason Graham seorang entomologi universitas Hawaii juga ahli dalam penelitian lebah kuning.

Dia merancang sarang buatan agar lebah lebih terlindungi dari semut pemangsa. Menurut Nat Geo, sarang hutan blok kayu yang dilubangi sesuai ukuran lebah betina, dibuat agar mereka lebih aman.

Dan dibagian bawah dilindungi zat lengket agar predator dapat dicegah masuk. Sementara rancangan sarang Jason membantu mempertahankan lebih Hylaeus, tapi spesies mereka sudah masuk daftar terancam punah

Bentuk lebah setidaknya di Amerika terdapat 4000 spesies

Satu peneliti Amerika melakukan penelitian, dan populasi lebah yang menurun.
Lebah bekerja sebagian bermanfaat untuk kehidupan manusia, memberikan makanan dengan membawa serbuk sari bagi tumbuhan

Membuat bunga dapat mekar dan berwarna warni, dan membuat madu termasuk untuk kita. Madu bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Clay mencari lebah di berbagai tempat, dan bekerja sama bersama para ilmuwan dan konservasi untuk melestarikan lebah.

Perjalanan Clay membawanya ke Wisconsin, dimana dia menemukan jawaban hidup lebah. Mereka lebih rumit dari yang kita perkirakan. Dibanding kita harus mengusir mereka karena kita takut di sengat.





Menyelamatkan lebah.
Untuk menyelamatkan lebah sangat mudah. Media Nature mengatakan koloni lebah bila hidup di daerah yang kaya bunga liar.
Peluang hidup mereka meningkat, dalam setahun dapat mencapai 4x lipat dari jumlah sebelumnya. Meningkatnya jumlah lebah dapat meningkatkan campuran tanaman.

Temuan ini tidak mengejutkan bagi ekologi. Karena masyarakat cenderung menganti hutan dengan padang rumput atau peternakan. Membuat keragaman bunga untuk lebah semakin berkurang.

Peneliti ekologi Claire Carvell dan rekan-rekannya mempelajari 3 spesies lebah di daerah seluas 20 km persegi di Inggris. Mereka memetakan daerah pertanian, padang rumput, hutan, desa, dan bunga yang ramah dengan lebah. Koloni lebah dapat bertahan dan tinggal di daerah 1 km dari habitat mereka bila tinggal di lahan  berbunga.

Jika anda tertarik menyelamatkan lebih, cukup membuat beberapa pot bekas dan rumput lalu masukan pasir atau tanah basah di daerah kosong untuk lebah tinggal
Lalu tanam beberapa bunga liar, dan anda bisa melihat bunga akan mekar sepanjang musim.

Perancis melarang pestisida berbahaya bagi lebah tahun 2018
Perdana Menteri Perancis Edouard Philippe meminta menteri lingkungan dan pertanian untuk mengatur pestisisa yang berbahaya bagi lebah akan dilarng mulai tahun 2018.

Bahan Neonicotinoid diatur dalam undang undang tahun 2016 ditentang keras oleh petani, dan membantah penelitian yang menyoroti resiko zat kimia membahayakan lebah.
Sekitar 20 ribu spesies lebah bertanggung jawab untuk 90% dari 107 tanaman utama termasuk produk pertanian di dunia.

Zimbabwe September 2020.
Petani lebah di Zimbabwe beralih menjadi peternak lebih kacil untuk mengimbangi hilangnya panen akibat kekeringan.
Pada saat yang sama lebah menguntungkan untuk penyerbukan, nutrisi serta dampak dengan hasil produk buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian yang berlimpah. Tetapi juga menghasilkan varitas dan kualitas lebih baik menurut organisasi pangan dan pertanian.

2 pemelihara lebah profesional Ismael Sithole dan Willet Mutisi memiliki misi untuk menyelamatkan lebah Zimbabwe dari kepunahan. Mereka mendirikan tempat perlindungan lebah di kaki gunung Dangamvura di daerah pinggiran kota.
Sarang lebah ditempatkan dibawah pohon akasia di tempat terpencil. Sehinggal lebah dapt terbang untuk mengumpulkan serbuk sari, nektar disekitarnya.
Dengan penempatan sarang lebah dibawah pohon akasia, memberi keteduhan bagi lebah. Dan melindungi pohon dari pemburu kayu bakar kata Ismael.

Sifat lebah afrika lebih suka bertahan dari serangan, bila ada yang menyusup di sekitar sarang sampai jarak 10 meter. Pemindahan sarang lebah juga melindungi dari pestisida, termasuk madu yang bebas cairan kimia dari lahan pertanian.



Penduduk di sekitar mengatakan berharap proyek yang dilakukan 2 orang tersebut untuk membuat ekowisata dapat berhasil. Dan dijadikan proyek percontohan di daerah lain. Banyak gunung ditebang untuk diambil menjadi kayu bakar.

Walau lebah dinilai sebagai penghasil madu. Kontribusi utama mereka untuk memperkaya tumbuhan dan hewan, seperti tugas utama dengan penyerbukan alami.


Artikel Lain

Wereng di anggap hama pertanian. Peneliti Penn State menemukan permukaan badan hama ini memiliki teknologi anti UV. Bentuk brokosom bola kecil ukuran nanometer, membuat serangga kasat mata bagi predator. Di dunia sain, dapat membuat bahan anti panas, anti infrared, bahkan anti UV.

Bila seseorang mulai mengurangi pemakaian kendaraan, mengecilkan AC, rajin mematikan lampu yang tidak terpakai. Dia tidak sendirian. Para ahli sudah mengatakan jauh hari, negara di Asia Selatan paling terkena dampak dan tidak dapat dirubah. Indonesia rangking 34. Prediksi buruk dari tahun 1912 sangat akurat yahg awalnya dikira palsu.



Keseluruhan, masyarakat Jepang memiliki cukup kesehatan. Tetapi penduduk di Jepang memiliki masalah ginjal lebih kecil. Mengapa ginjal berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Temuan baru di tahun 2021, ginjal memiliki peran lain. Membuka penelitian medis dengan tekanan darah tinggi dan darah rendah

2 orang penemu dari Australia katanya merancang sarang lebah dan dapat mengambil madu tanpa mengeluarkan lebah dari sarangnya. Dipasang satu pipa kecil, nantinya madu akan turun sendiri ke botol penampung.

Masyarakat Amerika terlalu banyak membuang makanan. Terkait dengan tanda label tanggal kadaluwarsa. Lalu apa fungsi tanggal kadaluwarsa di makanan supermarket Amerika. Bagaimana mengetahui daging busuk, atau susu formula. Percayakan pada indra kita.

Kekurangan air minum bisa berbahaya bagi manusia. Paling berisiko ketika udara panas dan terkena heatstroke lalu pingsan. Kondisi berbahaya lain dari kekurangan cairan dapat menyebabkan darah kental bahkan penyumbatan pada jantung.

Di kota Porto Alegre terdapat sebuah jalan yang panjangnya 500 meter. Jalan tersebut diapit pohon tua yang berjajar rapi, seperti membentuk gapura hijau. Jalan Ruo Goncalo de Carvalho ditanam tahun 1930 dan menjadi kanopi bagi jalan dan pejalan kaki selama 70 tahun terakhir.



Stanley memegang hak paten untuk pembuatan dinding hijau atau cara penanaman pohon secara vertikal. Teknik Stanley dapat diterapkan untuk pembuatan dinding hijau, dan tumbuhan dapat menjalar di tembok gedung atau ditanam di atas balkon.

Mendaur ulang botol plastik menjadi vas bunga. Cukup mengandalkan gunting dan menekuk bagian plastik. Tahapnya dengan memotong bagian atas botol plastik, mengunting bagian atas botol menjadi lempengan kecil.

Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang lebih menarik. Frame foto atau bingkai tempat foto. Membuat papan pengumuman atau bulletin board. Bekas botol plastik, dapat dijadikan tempat penyimpan



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.