Manfaat lebah bila menghilang dampaknya separuh buah dan sayuran akan hilang


Kategori : Green | Date : 24 June 2017
Pentingnya lebah bagi tumbuhan
Lebah adalah serangga yang baik bagi manusia, terlebih bagi tumbuhan.

Mereka melakukan pekerjaan setiap hari mengambil sari bunga, menghasilkan madu, sambil menyebarkan serbu sari antar tumbuhan.

Bila kehidupan lebah terganggu atau menghilang, apa yang terjadi. Beberapa pohon buah kemungkinan kesulitan untuk bisa berbuah lagi.

Karena lebah madu misalnya tidak ada lagi lebah yang menyebarkan serbuk sari untuk mengkawinkan di antara bunga pada tumbuhan. Sudah hukum alam lebah memiliki hubungan dengan tumbuhan, dan kehidupan keduanya berlangsung saling menguntungkan

Dari 453 jenis buah yang ada di pajang di supermarket, sekitar 237 buah akan menghilang. Seandainya tidak ada lagi lebah berkeliaran untuk menyebarkan serbuk sari.

Di pasar akan menghilang makanan seperti apel, bawang, alpukat, wortel, mangga, jeruk nipis, limau, Honeydew, belewar, timun Jepang, labu musim panas, terong, timun, seledri, hijau bawang, bungkul, daun bawang, kubis, brokoli,  sawi



Missing link lebah mendadak menghilang.
Peneliti Perancis mengatakan bahan pestisida neonicotinoid sangat merusak individu lebah madu. Di Eropa bahan neonicotinoid untuk pestisida untuk bunga sudah dihindari sampai tahap evaluasi di akhir tahun ini.

Peneliti Inggris menemukan kaitan antara hilangnya lebah dengan bahan pestisida. Lebah pekerja dapat diproduksi kembali oleh ratu lebah. Tetapi ketika jumlah lebih pekerja menghilang di koloni lebah. Produksi pekerja akan menurun dan tidak mengantikan sebagian besar lebih pekerja yang mati.

Ratu lebah akan memproduksi lebah penjaga lebih banyak dibanding lebah pekerja. Ini yang menyebabkan mengapa lebah mendadak hilang dan tidak kembali lagi ke daerah perkebunan.



Walau banyak penyebab membuat lebah menghilang selain kerusakan akibat pestisida, hal lain seperti kehilangan tempat habitat dan gangguan dari alam sendiri.

Bagaimana manusia bisa membantu para lebah. Serangga penyerbu merupakan komponen penting dari 85% tumbuhan di muka bumi. Pelihara saja lebah yang ada disekitar rumah dan jangan di matikan. Dijamin pohon buah disekitar rumah akan sering berubah.

Lebah masuk serangga di lindungi di Hawaii
U.S. Fish and Wildlife Service, lebah menghilang atau mati begitu cepat mungkin tidak baik untuk mereka yang menyukai tanaman dan buah.

7 lebah kuning dari spesies Hylaeus membutuhkan perlindungan pemerintah. Dimana lebah tersebut berada, mereka ada di Hawai.

Bila anda melihat lebih disana, berpikir dua kali untuk mematikannya. Karena mereka sudah mulai menghilang.

Lebaih kuning berlimpah di Hawai sejak awal 1900an, namun sekarang menghilang dari habitatnya dan sudah jarang terlihat.

Manusia memainkan peran penting penghancuran kelompok lebah. Tapi spesies Hylaeus kacau oleh kelompoknya sendiri.

Mereka bersaing dengan kelompoknya sendiri dan serangga lain seperti semut asing. Semut suka memakan larva di sarang lebih kuning.

Jason Graham seorang entomologi universitas Hawaii juga ahli dalam penelitian lebah kuning.

Dia merancang sarang buatan agar lebah lebih terlindungi oleh semut pemangsa. Menurut Nat Geo, sarang hutan blok kayu yang dilubangi sesuai ukuran lebah betina, dibuat agar mereka lebih aman.

Dan dibagian bawah dilindungi zat lengket agar predator dapat dicegah masuk. Sementara rancangan sarang Jason membantu mempertahankan lebih Hylaeus, tapi spesies mereka sudah masuk daftar terancam punah

Menghancurkan sarang lebih pikirkan kedua kali

Bentuk lebah setidaknya di Amerika terdapat 4000 spesies

Satu peneliti Amerika melakukan penelitian, dan populasi lebah mulai menurun. Lebah bekerja untuk kehidupan manusia, memberikan makanan dengan membawa serbuk sari.

Membuat bunga dapat mekar dan berwarna warni, dan membuat madu.

Clay mencari lebah di berbagai tempat, dan bekerja sama bersama para ilmuwan dan konservasi untuk melestarikan lebah.

Perjalanan Clay membawanya ke Wisconsin, dimana dia menemukan jawaban hidup lebah. Mereka lebih rumit dari yang kita perkirakan. Dibanding kita harus mengusir mereka karena kita takut di sengat.



Menyelamatkan lebah.
Untuk menyelamatkan lebah sangat mudah. Media Nature mengatakan koloni lebah bila hidup di daerah yang kaya bunga liar. Peluang hidup mereka meningkat, dalam setahun dapat mencapai 4x jumlah sebelumnya. Meningkatnya jumlah lebah dapat meningkatkan campuran tanaman.



Temuan ini tidak mengejutkan bagi ekologi. Karena masyarakat cenderung menganti hutan dengan padang rumput atau peternakan. Membuat keragaman bunga untuk lebah semakin berkurang.

Peneliti ekologi Claire Carvell dan rekan-rekannya mempelajari 3 spesies lebah di daerah seluas 20 km persegi di Inggris. Mereka memetakan daerah pertanian, padang rumput, hutan, desa, dan bunga yang ramah dengan lebah. Koloni lebah dapat bertahan dan tinggal di aera 1km dari habitat mereka bila tinggal di daerah berbunga.

Perancis melarang pestisida berbahaya bagi lebah tahun 2018
Perdana Menteri Perancis Edouard Philippe meminta menteri lingkungan dan pertanian untuk mengatur pestisisa yang berbahaya bagi lebah akan dilarng mulai tahun 2018.

Bahan Neonicotinoid diatur dalam undang undang tahun 2016 ditentang keras oleh petani, dan membantah penelitian yang menyoroti resiko zat kimia membahayakan lebah.

Sekitar 20 ribu spesies lebah bertanggung jawab untuk memupuk 90% dari 107 tanaman utama termasuk produk pertanian di dunia.

Jika anda tertarik menyelamatkan lebih, cukup membuat beberapa pot bekas dan rumput lalu masukan pasir atau tanah basah di daerah kosong untuk lebah tinggal

Lalu tanam beberapa bunga liar, dan anda bisa melihat bunga akan mekar sepanjang musim.

Keseluruhan, masyarakat Jepang memiliki cukup kesehatan. Tetapi penduduk di Jepang memiliki masalah ginjal lebih kecil. Mengapa ginjal berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Mengapa budaya berbadan kecil beresiko bagi keturunan.

2 orang penemu dari Australia katanya merancang sarang lebah dan dapat mengambil madu tanpa mengeluarkan lebah dari sarangnya. Dipasang satu pipa kecil, nantinya madu akan turun sendiri ke botol penampung.

Nyamuk tidak hanya berbahaya tapi dapat membawa parasit. Seperti penyakit malaria atau parasit yang menginfeksi manusia. Tapi nyamuk juga berjasa, dan tidak mungkin dimusnakan begitu saja. Nyamuk menjadi ekositem mahluk lain.



Kekurangan air minum bisa berbahaya bagi manusia. Paling berisiko ketika udara panas dan terkena heatstroke lalu pingsan. Kondisi berbahaya lain dari kekurangan cairan dapat menyebabkan darah kental bahkan penyumbatan pada jantung.

Di kota Porto Alegre terdapat sebuah jalan yang panjangnya 500 meter. Jalan tersebut diapit pohon tua yang berjajar rapi, seperti membentuk gapura hijau. Jalan Ruo Goncalo de Carvalho ditanam tahun 1930 dan menjadi kanopi bagi jalan dan pejalan kaki selama 70 tahun terakhir.

Stanley memegang hak paten untuk pembuatan dinding hijau atau cara penanaman pohon secara vertikal. Teknik Stanley dapat diterapkan untuk pembuatan dinding hijau, dan tumbuhan dapat menjalar di tembok gedung atau ditanam di atas balkon.

Mendaur ulang botol plastik menjadi vas bunga. Cukup mengandalkan gunting dan menekuk bagian plastik. Tahapnya dengan memotong bagian atas botol plastik, mengunting bagian atas botol menjadi lempengan kecil.



Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang lebih menarik. Frame foto atau bingkai tempat foto. Membuat papan pengumuman atau bulletin board. Bekas botol plastik, dapat dijadikan tempat penyimpan

Bagaimana membangun rumah indah dari bahan bekas rumah lain. Perancang Studio Arthur Casas membuat rumah hijau. Bata bangunan diambil dan di daur ulang untuk membangun rumah kembali.


No popular articles found.