Lebah adalah serangga yang baik bagi manusia, terlebih bagi tumbuhan.

Mereka melakukan pekerjaan setiap hari mengambil sari bunga, menghasilkan madu, sambil menyebarkan serbu sari antar tumbuhan.

Bila kehidupan lebah terganggu atau menghilang, apa yang terjadi. Beberapa pohon buah kemungkinan kesulitan untuk bisa berbuah lagi. Karena lebah madu misalnya tidak ada lagi lebah yang menyebarkan serbuk sari untuk mengkawinkan di antara bunga pada tumbuhan. Sudah hukum alam lebah memiliki hubungan dengan tumbuhan, dan kehidupan keduanya berlangsung saling menguntungkan

Dari 453 jenis buah yang ada di pajang di supermarket, sekitar 237 buah akan menghilang. Seandainya tidak ada lagi lebah berkeliaran untuk menyebarkan serbuk sari.

Di pasar akan menghilang makanan seperti apel, bawang, alpukat, wortel, mangga, jeruk nipis, limau, Honeydew, belewar, timun Jepang, labu musim panas, terong, timun, seledri, hijau bawang, bungkul, daun bawang, kubis, brokoli,  sawi



Missing link lebah mendadak menghilang.
Peneliti Perancis mengatakan bahan pestisida neonicotinoid sangat merusak individu lebah madu. Di Eropa bahan neonicotinoid untuk pestisida untuk bunga sudah dihindari sampai tahap evaluasi di akhir tahun ini.

Peneliti Inggris menemukan kaitan antara hilangnya lebah dengan bahan pestisida. Lebah pekerja dapat diproduksi kembali oleh ratu lebah. Tetapi ketika jumlah lebih pekerja menghilang di koloni lebah. Produksi pekerja akan menurun dan tidak mengantikan sebagian besar lebih pekerja yang mati. Ratu lebah akan memproduksi lebah penjaga lebih banyak dibanding lebah pekerja. Ini yang menyebabkan mengapa lebah mendadak hilang dan tidak kembali lagi ke daerah perkebunan.

Walau banyak penyebab membuat lebah menghilang selain kerusakan akibat pestisida, hal lain seperti kehilangan tempat habitat dan gangguan dari alam sendiri.

Bagaimana manusia bisa membantu para lebah. Serangga penyerbu merupakan komponen penting dari 85% tumbuhan di muka bumi. Pelihara saja lebah yang ada disekitar rumah dan jangan di matikan. Dijamin pohon buah disekitar rumah akan sering berubah.

Lebah masuk serangga di lindungi di Hawaii
U.S. Fish and Wildlife Service, lebah menghilang atau mati begitu cepat mungkin tidak baik untuk mereka yang menyukai tanaman dan buah. 7 lebah kuning dari spesies Hylaeus membutuhkan perlindungan pemerintah. Dimana lebah tersebut berada, mereka ada di Hawai. Bila anda melihat lebih disana, berpikir dua kali untuk mematikannya. Karena mereka sudah mulai menghilang.

Lebaih kuning berlimpah di Hawai sejak awal 1900an, namun sekarang menghilang dari habitatnya dan sudah jarang terlihat. Manusia memainkan peran penting penghancuran kelompok lebah. Tapi spesies Hylaeus kacau oleh kelompoknya sendiri. Mereka bersaing dengan kelompoknya sendiri dan serangga lain seperti semut asing. Semut suka memakan larva di sarang lebih kuning.

Jason Graham seorang entomologi universitas Hawaii juga ahli dalam penelitian lebah kuning. Dia merancang sarang buatan agar lebah lebih terlindungi oleh semut pemangsa. Menurut Nat Geo, sarang butan blok kayu yang dilubangi sesuai ukuran lebah betina, dibuat agar mereka lebih aman. Dan dibagian bawah dilindungi zat lengket agar predator dapat dicegah masuk. Sementara rancangan sarang Jason membantu mempertahankan lebih Hylaeus, tapi spesies mereka sudah masuk daftar terancam punah

Menghancurkan sarang lebih pikirkan kedua kali

Bentuk lebah setidaknya di Amerika terdapat 4000 spesies

Satu peneliti Amerika melakukan penelitian, dan populasi lebah mulai menurun. Lebah bekerja untuk kehidupan manusia, memberikan makanan dengan membawa serbuk sari. Membuat bunga dapat mekar dan berwarna warni, dan membuat madu. Clay mencari lebah di berbagai tempat, dan bekerja sama bersama para ilmuwan dan konservasi untuk melestarikan lebah.

Perjalanan Clay membawanya ke Wisconsin, dimana dia menemukan jawaban hidup lebah. Mereka lebih rumit dari yang kita perkirakan. Dibanding kita harus mengusir mereka karena kita takut di sengat.