Baterai tahan 27 tahun dengan bahan lithium untuk mobil listrik


Green | 17 June 2013

Ilmuan dari  Center for Solar Energy and Hydrogen Research Baden-Wurttemburg (ZSW) mengembangkan baterai lithium paling efisien. Disebut Super Li-ion yang tahan digunakan untuk mobil listrik selama 27 tahun.



Peneliti mengatakan kapasitas baterai yang mereka kembangkan hanya akan drop 85% setelah dipakai selama 27 tahun walau sudah digunakan setiap hari.

Setelah uji coba sebanyak 10.000x di isi ulang setiap jam. Kemampuan baterai menunjukan kapasitasnya hanya turun sebesar 85% saja. Baterai dapat dirancang sangat kuat dengan kerapatan tinggi mencapai 1.100W per kg. Baterai dapat memberi power lebih besar bagi mobil listrik dan pengisian baterai lebih cepat.

Baterai sudah di produksi di pabrik ZSW yang di danai kementerian pendidikan dan penelitian Jerman. Kedepan para peneliti akan mengembangkan lagi untuk ukuran lebih besar untuk menyimpan power listrik dari turbin angin dan solar cell

Berita terkait
Si mantan pembalap Wolf membawa motornya dengan kecepatan 100km lebih. Dan menempuh jarak antara 160-200km dengan satu baterai . Membutuhkan waktu 84 jam, tercatat sebagai perjalan paling cepat dengan kendaraan listrik.

Satu perusahaan EOS Energy Storage baru mendapatkan dana 15 juta dollar. Dana akan digunakan bagi pengembangan baterai backup yang murah. Mengapa diperlukan baterai untuk menyimpan listrik



Sony membuat baterai power bank tipe Sony ESSP-3005/18P. Memiliki kekuatan 6 kWh, materaial Lithium iron. Daya tahan baterai Sony ESSP-3005/18P memiliki kinerja 10 tahun (dengan pengisian dan pemakaian 1x setiap hari)




No popular articles found.
< /body>