Teknologi laser scanning dapat menemukan kota yang hilang


Technology | 16 June 2013



Teknologi terkadang membuat sesuatu yang WoW. Tim dari Australia memiliki teknologi laser yang disebut LIDAR. Teknologi LIDAR teknologi scanner 3D untuk memetakan kontur permukaan tanah.

Dengan mengunakan helikopter dan memasang laser untuk pemetaan. Lalu gambar dihasilkan dalam bentuk 3D, dan dianalisa di lab.
Hasilnya ditemukan sebuah reruntuhan tempat bersejarah sebuah kota tua yang tidak terlihat. Disebut Mahendraparvata dan letaknya tidak jauh dari tempat turis angkor Wat.

Dari bawah tidak akan terlihat, tetapi dari atas akan terlihat sisi perspektif apakah daratan yang digambarkan oleh scanner terlihat seperti sebuah kota atau candi tua.
Mirip apa Indiana Jones, tim mulai mendatangi tempat yang tertangkap oleh laser. Memang benar ada beberapa reruntuhan yang ditemukan disana. Tim ini juga menemukan bekas kota lain yang tertimbun ilalang di daerah Honduras


Berita terkait
Teknologi mesin Fax menjadi kejayaan di era 80an, tapi tergantikan oleh teknologi digital internet. Beberapa mesin fax masih digunakan saat ini, terlebih bagi layanan yang memerlukan copy dokumen resmi. Selesainya teknologi mesin Fax diawali pada era digital internet, satu persatu ditinggalkan dan kantor beralih mengunakan teknologi email sampai saat ini

Dirancang untuk kereta cepat, menghindari kerusakan lingkungan. Panjangnya mencapai 57km dan tepat dibuka tahun 2016. Terowongan kereta terpanjang ini untuk menekan angkatan barang yang melintas di pegunungan Alpin, serta transportasi kereta penumpang dengan kecepatan 160km perjam



Mesin printer 3D masih mengunakan plastik. Yang ini untuk mencetak metal dengan disain 3D. Mesin DMG Mori Hyrid dapat membuat pola 3D. Misalnya kebutuhan tempat baut dari sebuah tube

Menu restoran dengan LCD sudah dibuat. Salah satunya di hotel ke 7 di Vegas, Excalibur Hotel yang memiliki restoran Fast Food. Setiap tahun di kunjungi 7 juta tamu. Tahun 2010 baru di renovasi lebih modern.

Tanpa kita sadari, kehidupan manusia sekarang sudah bergantung dengan satelit. Apa yang terjadi bila suatu hari semua satelit berhenti bekerja. Kalau suatu hari nanti semua satelit terganggu dan tidak bisa mengirim signal apa yang terjadi.




No popular articles found.
< /body>