Terusan Panama sudah hampir memasuki usia satu abad. Satu lagi negara yang ingin memiliki terusan untuk jalur kapal laut adalah Nikaragua. Negara Nikaragua sudah lama memimpikan memiliki terusan yang menghubungkan laut Pasifik ke Karibia. Kabarnya akan di realisasi dan sudah disetujui oleh pemerintah Nikaragua

Pembangunan diberikan ke sebuah perusahaan asal China dan pengelolaan jalur tersebut diberikan eksklusif. Great Canal Nikaragua merupakan pencapaian terbesar dalam sejarah manusia. Biaya awalnya diperkirakan menghabiskan 40 milyar dollar, dan akan membengkak bila ditambah dengan konstruksi pendukung lain.

Misalnya sarana jalur kereta api, pipa gas, dan 2 port air yang dalam, 2 bandara internasional dan zona perdagangan bebas di sepanjang kanal. Kanal Nikaragua 3x lebih panjang  dibanding kanal Panama. Panjangnya sekitar 178km dan lebarnya 22 meter.

Kanal Panama memang sudah ada dan dapat menghemat waktu pelayaran kapal laut dengan memotong di terusan Panama. Tapi kapal dengan bobot 65 ribu ton saja yang bisa melewati jalur ini. Tetapi tidak bisa dilewati oleh kapal besar sepeti super tanker atau kapal pesiar terbesar di dunia. Sehingga kapal besar sekelas itu harus memutar.

Setidaknya dibutuhkan 10 tahun kedepan dan pembangunan baru dimulai tahun 2015. Pihak grup HKND yang membangun kanal nantinya mendapat hak khusus sebagai investor pembangunan dan hak pengelola selama 100 tahun. Dan pengiriman barang lintas benua menjadi semakin singkat dengan kapal laut.

Proyek raksasa tersebut memakan biaya sangat besar, karena lebih panjang dibanding pembangunan terusan Panama. Pada gambar rute yang harus dilewati untuk membuat jalur untuk kapal laut, membelah 2 daratan di negara Nikaragua dan dapat dilalui kapal laut sampai maksimum bobot 250 ribu ton. Sedangkan terusan Panama memiliki terusan lebih pendek (sisi kanan peta) hanya mengijinkan kapal berukuran sedang. Bila proyek ini jadi dibangun dan selesai, dipastikan akan tercatat sebagai mega proyek dunia.