Produksi daging sapi sudah mencapai 7x lipat dibanding tahun 1950an. Planet bumi adalah mesin raksasa pembuat makanan, setiap manusia membutuhkan makan dan bumi masih mencukupi. Sekarang jumlah penduduk dunia memasuki era 7 milyar manusia. Diperkirakan tahun 2050 akan mencapai 9 milyar manusia.

Yang menjadi pertanyaan apakah bumi mampu memproduksi makanan yang cukup untuk manusia sebanyak itu. Jawabnya tidak juga. Produksi beberapa makanan sudah sampai titik maksimum.

Petani di seluruh dunia memiliki padang rumput yang mencukupi. Tetapi tidak mampu menutupi permitaan daging bagi semua orang untuk dijadikan daging hamburger. Harga daging sapi di Amerika sudah naik akibat kurangnya pasokan daging sapi karena padang rumput mengalami kekeringan.

Bagaimana dengan ikan. 85% populasi ikan di dunia ini di ekploitasi secara berlebihan dan suatu hari akan habis sama sekali. Nelayan sudah berlayar semakin jauh untuk mencari ikan dan berakhir dengan jumlah tangkapan lebih sedikit. Kebutuhan tangkapan ikan terus naik dalam beberapa tahun terakhir



Ternak lain juga sama nasibnya, khususnya ternak dengan gandum yang semakin berkuran. Masyarakat Cina dengan jumlah penduduk terbesar. Di tahun 1975 hanya rata rata memakan 8kg daging pertahun, tahun 2011 diperkirakan mencapai 37kg (JP Morgan). Dampaknya kebutuhan pakan ternak disana semakin meningkat, dan harus di impor dari luar. Tentu akan berdampak ke negara lain yang membutuhkan pakan ternak mereka.

Bukan penduduk Cina yang mengkonsumsi pangan sangat besar. Saat ini jumlah penduduk dunia sudah mencapai 7 milyar manusia. India diperkirakan akan melewati jumlah penduduk Cina, setelah pertumbuhan penduduk Cina mulai melampat. Setidaknya dalam 15 tahun kedepan, India menjadi negara dengan penduduk paling banyak.

Walau pertumbuhan populasi penduduk di Cina sudah melambat, tetapi pendapatan mereka terus meningkat. Dimana orang dengan penghasilan lebih akan mengkonsumsi daging lebih banyak.

Data diatas adalah gambaran seperti apa manusia mengkonsumsi makanan dan dampaknya di masa mendatang. Setidaknya kita bisa berpikir kembali manfaat untuk melakukan diet untuk hidup lebih sehat dan mengurangi beban dunia.