Ultrarope membuat sebuah lift naik diatas 500 meter


Stuff | 13 June 2013

Berapa tinggi elevator di kantor atau sebuah gedung membawa anda. Saat ini paling tinggi hanya 500 meter keatas. Setelah itu harus berganti lift untuk keatas.

Satu teknologi disebut Ultrarope, bisa digunakan untuk elevator / lift naik sampai 1 km keatas. Dibuat oleh perusahaan elevator Kone dan baru diperkenalkan hari Senin lalu di London.



Bentuknya bukan kawat baja bundar, tetapi seperti pita dengan bagian dalam terbuat dari carbon fiber. Menurut perusahaan Kone, tali untuk mengangkat elevator mereka mampu mengurangi beban masa sampai 60% dibanding tali kabel baja. Selain lebih ringan, tali pita buatan Kone lebih hemat power karena tali lebih ringan. Hitungannya dari titik terdekat akan menghemat 15% power, dan semakin ke bawah sampai 800 meter lebih hemat 45%. Kabel Ultrarope 2x lebih kuat dari tali baja dan tidak perlu diberikan pelumas.

Tapi teknologi ini akan menghemat pemakaian listrik di gedung tinggi. Masalahnya berapa banyak gedung dengan tinggi 500 meter, tentu bisa juga dipakai untuk gedung lebih rendah.


Berita terkait
Gambar gedung tertinggi di dunia Kingdom Tower akhirnya menjadi Jeddah Tower. Tingginya 1km pas, sedangkan gedung tertinggi saat ini Burj Khalifa hanya mencapai 828m. Mulai dibangun bulan April 2014. Dana pemerintah Arab Saudi sudah mengalokasikan untuk pembangunan Jeedah Tower termasuk proyek Jeddah Economy City

Ini dia gaya 2 supermen Ludovic Woerth & Jokke Sommer di Rio de Janeiro. Keduanya terjun dari 2 hang glidding terus turun dengan wing suit dan melintas di celah sebuah gedung.



Bentuk kubus dengan kaligrafi, tetapi nyaris tidak terlihat karena samar dengan pola gedung. Perancangnya adalah Ridwan Kamil




No popular articles found.
< /body>