Bagaimana mana menghitung jarak ke bintang lain

Kali ini  dimulai dari jarak bintang yang dekat saja. Seperti melihat titik cahaya bintang malam hari dan bentuknya seperti titik cahaya kecil. Disebut  dengan lagu bintang kecil ketika masih kecil. Bila kita melihat banyak cahaya bintang di langit, mungkin kita bertanya apakah itu cahaya dari 8 planet di tata surya.

Pastinya cahaya tersebut bukan hanya 8 planet karena jumlahnya lebih dari 8 cahaya. Seandainya sebagian besar cahaya tersebut dari bintang, dimana bintang itu dan berapa jauh jarak dari bumi. Apakah benda tersebut ada diluar galaksi kita, atau malah ada dekat dengan tata surya kita.

Seperti pemandangan di langit rumah. Dalam ilmu bumi sekali dikatakan ada 8 planet lain termasuk bumi. Mengapa foto dibawah ini muncul banyak cahaya. Apakah semuanya titik planet  Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus menjadi sumber cahaya. Ternyata tidak.


Foto Wikipedia Solar System

Anda sudah tahu jawabannya, dari foto dibawah akan berbeda dan cahaya yang begitu banyak bukan dari planet dari di gambar atas.
Semua titik terang yang tampak adalah cahaya bintang, dan mungkin beberapa titik cahaya saja berasal dari salah satu planet.
Click gambar untuk memperbesar.



Cahaya planet yang sering terlihat dari bumi hanya 5 planet karena planet juga memantulkan cahaya Matahari.
Mars paling sering terlihat disebut cahaya pagi, Merkurius dan Venus juga sering terlihat karena jaraknya lebih dekat ke Bumi.
Saturnus atau Jupiter ukurannya paling besar, Jupiter letaknya cukup jauh tapi ukurannya cukup besar dan sering memantulkan cahaya matahari sehingga terlihat jelas dari bumi. Planet lain seperti Neptunus, Uranus bahkan Pluto lebih sulit terlihat, karena letaknya lebih jauh lagi.

Jadi titik cahaya di foto diatas adalah bintang yang lain. Mengapa cahayanya lebih terang dibanding planet. Karena hanya bintang yang mengeluarkan cahaya dan ukuran bintang disana mungkin jauh lebih besar ukurannya dari matahari kita.

Bila kita melihat Matahari sangat besar, apakah Matahari termasuk bintang ukuran besar. Matahari diklasifikasikan sebagai bintang dengan ukuran kecil atau rata rata saja. Apakah ada bintang yang lebih besar seperti matahari, banyak sekali bahkan ada yang masuk sebagai bintang raksasa (super giant star). Contoh bintang Antares sering terlihat cahayanya di bumi. Antares adalah salah satu bintang raksasa yang ada di galaksi kita. Walau ukuran sangat besar, tapi terlihat dibumi sangat kecil, kadang cahayanya kalah kuat dibanding planet Jupiter dan Mars.

Seandainya bintang Antares diperumpamakan sebuah bola basket. Maka ukuran matahari hanya sebesar ujung korek api. Di ruang angkasa sangat mungkin menemukan benda aneh dan diluar logika kita, karena begitu banyak bintang yang berukuran lebih besar dan sangat terang cahayanya dan berada di galaksi kita sendiri. Jaraknya yang sangat jauh, mereka terlihat kecil di bumi. Tapi disana, mereka adalah sebuah gas dari bintang raksasa yang mengambang. Sebagian bintang masuk kategori Super Giant Star disebut juga si raksasa dengan warna putih dan biru.

Selanjutnya bila begitu banyak bintang seperti gambar diatas, dimana bintang tersebut berada dan sebesar apa dibanding matahari.