Tanpa kita sadari, kehidupan manusia sekarang sudah bergantung dengan satelit. Apa yang terjadi bila suatu hari semua satelit berhenti bekerja. Kalau suatu hari nanti semua satelit terganggu dan tidak bisa mengirim signal apa yang terjadi.

Untuk televisi, siaran TV luar negeri akan hilang. Tetapi bagi militer, pesawat drone akan hilang dari patroli dan sistem komunikasi militer akan gagal bekerja untuk saling terhubung antara pasukan darat, kapal laut, pesawat udara serta pusat kendali. Di kapal pesiar yang tergantung siaran satelit , semua penumpang akan kehilangan film dan berita. Tanpa satelit, kapal kontainer di kutub utara, nelayan dan pekerja di gurun sahara harus terisolasi.

GPS sebagai alat navigasi untuk membantu berpergian dan tidak tersesat, signalnya akan hilang. Mereka yang mengandalkan sistem satelit navigasi harus menentukan arahnya sendiri. Pesawat juga tergantung dengan sistem satelit cuaca. Pastinya semua penerbangan akan dibatalkan, karena pilot tidak bisa menandalkan teknologi autopilot di pesawat dan peringatan tentang cuaca tidak tersedia. Akibatnya semua perjalanan bagi wisatawan akan dihentikan, dan semua akan duduk atau tidak bisa pulang di bandara.

Beruntung sejauh ini tidak pernah ada gangguan sistem satelit di bumi. Di era 1990an, internet masih memanfaatkan tranmisi data melalui satelit. Sekarang sudah mengandalkan jalur kawah laut yang lebih cepat. Tapi satelit tetap penting, karena masih diandalkan untuk sistem navigasi, siaran berita, komunikasi dan sistem jam global.