Bila satelit berhenti mengirim signal dan tidak bekerja, apa yang terjadi


Kategori : Technology | Date : 11 June 2013
Tanpa kita sadari, kehidupan manusia sekarang sudah bergantung dengan satelit. Apa yang terjadi bila suatu hari semua satelit berhenti bekerja. Kalau suatu hari nanti semua satelit terganggu dan tidak bisa mengirim signal apa yang terjadi.

Untuk televisi, siaran TV luar negeri akan hilang. Tetapi bagi militer, pesawat drone akan hilang dari patroli dan sistem komunikasi militer akan gagal bekerja untuk saling terhubung antara pasukan darat, kapal laut, pesawat udara serta pusat kendali. Di kapal pesiar yang tergantung siaran satelit , semua penumpang akan kehilangan film dan berita. Tanpa satelit, kapal kontainer di kutub utara, nelayan dan pekerja di gurun sahara harus terisolasi.

GPS sebagai alat navigasi untuk membantu berpergian dan tidak tersesat, signalnya akan hilang. Mereka yang mengandalkan sistem satelit navigasi harus menentukan arahnya sendiri. Pesawat juga tergantung dengan sistem satelit cuaca. Pastinya semua penerbangan akan dibatalkan, karena pilot tidak bisa menandalkan teknologi autopilot di pesawat dan peringatan tentang cuaca tidak tersedia. Akibatnya semua perjalanan bagi wisatawan akan dihentikan, dan semua akan duduk atau tidak bisa pulang di bandara.

Beruntung sejauh ini tidak pernah ada gangguan sistem satelit di bumi. Di era 1990an, internet masih memanfaatkan tranmisi data melalui satelit. Sekarang sudah mengandalkan jalur kawah laut yang lebih cepat. Tapi satelit tetap penting, karena masih diandalkan untuk sistem navigasi, siaran berita, komunikasi dan sistem jam global.







Thuraya X5-Touch telepon satelit dan GSM pertama berbasis Android. Memiliki dukungan sistem satelit komunikasi, dan berpindah ke GSM bila tersedia jaringan.Disain seperti telepon Android, hanya satu antena lebih menonjol di bagian atas untuk menangkap sinyal satelit.

Satelit ruang angkasa tidak berbeda dengan peralatan melakukan navigasi bumi dengan satelit. Satelit mengunakan posisi dengan Pulsar.2018 Nasa kembangkan perangkat navigasi SEXTANT, prinsipnya sama mengunakan sumber sinyal bintang pulsar

Sejak internet digunakan, awal dari koneksi internet ke seluruh dunia masih mengunakan teknologi satelit. Pertumbuhan internet semakin cepat dengan teknologi kabel serat optik untuk menghubungkan antar benua. Kabel bawah laut tercepat, Marea milik Microsoff, Facebook dan Telxius, selesai kapasitas 160TBps



Jepang kirim pesawat Kounotori 6 untuk membersihkan sampah di ruang angkasa. Mengunakan tali jaring yang bekerja dengan magnet Bumi.

Tugas Rosetta berakhir, pencapaian manusia mengejar dan melihat permukaan komet dari dekat. Probe Phile yang akan mendarat di atas komet kabarnya sempat mental 2x, karena jangkar yang ditembakan gagal menyebar. Philae sudah mendarat, tapi baterainya drop. 17 Feb 2015 ESA publikasikan video komet 67P

Sebuah satelit milik US Air Force sebagai satelit Defense Meteorological Satellite Program Flight 13 (DMSP-F13) untuk analisa cuaca meledak. ESA yang memiliki beberapa satelit dan berdekatan dengan rute satelit DMSP-F13 mulai khawatir.

America sebelumnya melarang teknologi pencitraan satelit foto high res. Yang mampu mengabadikan sampai 50cm. Sekarang kita bisa menikmati foto satelit dari Google dan Bing berkualitas tinggi, setelah aturan foto resolusi tinggi dari satelit dicabut. Masih ada lagi yang lebih tajam.



Nasa mengembangkan pemancar frekuensi biasa untuk mentranfer data dari stasiun ISS ke bumi. Sekarang dikembangkan dengan laser untuk komunikasi. Disebut Opals atau Optical Payload for Lasercomm Science, tranmisi data dikirim dari stasiun ISS ke bumi.

Seorang peneliti dari Jepang bisa membuat barang mengambang seperti levilasi foto. Benda yang diberikan frekuensi tertentu dari speaker dibawahnya seakan terbang melayang. Dari barang plastik ringan, tetesan air bisa terbang.

India baru meluncurkan satelit navigasi pertama untuk regional India. IRNSS-1A menjadi salah satu satelit dari 7 yang akan diluncurkan. Posisi satelit berada di ketinggian 1.500km diatas negara India. Sistem satelit IRNSS-1A memiliki 2 signal berbeda.

Teknologi terkadang membuat sesuatu yang WoW. Tim dari Australia memiliki teknologi laser yang disebut LIDAR. Teknologi LIDAR adalh teknologi scanning 3D untuk memetakan kontur permukaan tanah.

Perusahaan satelit komunikasi Globalstar baru baru ini mengumumkan telepon satelit ringan. Dapat menerima panggilan telepon, SMS dan pengirim data. Kecepatannya tidak secepat GPRS atau 3G, hanya 28kBPS atau sekelas modem computer jaman dulu.

Berapa biaya mengirim satelit ke ruang angkasa, biayanya sekitar 50 juta dollar. Satu perusahaan asal Swiss atau disebut Swiss Space Systems (S3) menawarkan seperlima dari biaya pengiriman dengan roket konvensional. Hanya 10,6 juta dollar saja


No popular articles found.