Turbulensi di pesawat, apa yang terjadi


Stuff | 4 June 2013

Pesawat Singapore Airlines sedang terbang dari Singapura ke London. Di tengah penyajian makan untuk sarapan penumpang, mendadak pesan dari kokpit agar memakai sabuk pengaman.

Pesawat yang membawa 328 penumpang dan 28 awak pesawat mengalami turbulensi. Perintah suara dari kokpit agak aneh terdengar kata seorang penumpang. Ternyata pesawat akan mendapat gangguan turbulensi tiba tiba dan anjlok sampai beberapa puluh meter dari ketinggian. Kejadian hanya berlangsung dalam hitungan detik.

Apa yang terjadi. Semua kabin penumpang yang sedang bersiap sarapan berantakan. Sampai minuman menempel di atap kabin. Setelah semua berlalu, pramugari langsung membereskan dan ada beberapa penumpang mengalami lecet. Penerbangan dilanjutkan selama 10 jam akhirnya mendarat selamat

Setelah penumpang turun, diberikan coklat untuk bonus ke setiap penumpang. Katanya ini yang aku suka dari Singapore Airlines, biar di baju sudah ternoda saus tomat.

Peringatan kencangkan sabuk pengaman di pesawat rupanya tidak main main.



Berita terkait
Dunia penerbangan sekarang sudah sangat sibuk. Bila pilot atau pramugari meminta ponsel dimatikan total. Jet komersil capai kecepatan supersonik pada 19 Februari 2019, tiba 48 menit lebih cepat akibat dorongan angin. Ventilasi udara di pesawat dapat menghindari penyakit. Maskapai menempatkan camera keamanan untuk memonitor penumpang (Agustus 2019)

Bagaimana perusahaan penerbangan murah mampu melawan maskapai besar. Bukan tiket murah, tapi sudah dihitung sejak pembelian pesawat. Mengambil rute banyak kota, karyawan yang merangkap, pelatihan untuk satu model pesawat menjadi salah satu mereka dapat menjual tiket murah



Kapal pesiar mewah Explorer of the Seas berlayar pada 21 Januari untuk rute 10 hari pelayaran bagi wisatawan. Tapi 600 dari 3050 penumpang sakit masal di kapal. Jadwal pelayaran dipercepat 2 hari dan kapal kembali ke New Jersey hari Rabu kemarin.

Berapa lama mengeluarkan seluruh penumpang pesawat raksasa Airbus A380. Total penumpang mencapai 873 penumpang dalam waktu 90 detik. Apakah Airbus mampu mengeluarkan semua penumpang dalam waktu sesingkat itu.

Cerita menarik minggu ini, Quantas dengan rute Chile ke Sydney bermasalah dengan WC. Dipesawat ada 10 WC untuk penumpang, tetapi hanya 7dari 10 WC yang bisa dipakai. Sialnya ada 26 penumpang menderita diare bersamaan.

Pesawat Airbus A330 sedang bersiap take off di bandara Manchester 24 Juni 2013 lalu. Perjalanan dari Inggris menuju republik Dominika. Mendadak mesin di sebelah kanan dor.

Terbang dari Los Angeles ke Frankfurt jerman. Mengunakan layanan pesawat Lufthansa di First Class dengan pesawat Boeing 747-8i. Satu tempat duduk memiliki ranjang 2 meter, termasuk power untuk laptop, layanan hiburan. Untuk makanan jangan ditanya lagi.



Ada beberapa rute penerbangan yang tidak biasa dan tiketnya sangat mahal. Ada yang mahal karena duduk di First Class, ada lagi penerbangan untuk 3 hari. Tapi ditawarkan oleh perusahaan penerbangan.

Satu tentara sedang berada di pintu belakang cargo pesawat yang terbuka. Entah kenapa parasutnya terbuka, dan boom, langsung terlempar keluar pesawat.




No popular articles found.