Stuff | 4 June 2013

Turbulensi di pesawat, apa yang terjadi


Pesawat Singapore Airlines sedang terbang dari Singapura ke London. Di tengah penyajian makan untuk sarapan penumpang, mendadak pesan dari kokpit agar memakai sabuk pengaman.

Pesawat yang membawa 328 penumpang dan 28 awak pesawat mengalami turbulensi. Perintah suara dari kokpit agak aneh terdengar kata seorang penumpang. Ternyata pesawat akan mendapat gangguan turbulensi tiba tiba dan anjlok sampai beberapa puluh meter dari ketinggian. Kejadian hanya berlangsung dalam hitungan detik.

Apa yang terjadi. Semua kabin penumpang yang sedang bersiap sarapan berantakan. Sampai minuman menempel di atap kabin. Setelah semua berlalu, pramugari langsung membereskan dan ada beberapa penumpang mengalami lecet. Penerbangan dilanjutkan selama 10 jam akhirnya mendarat selamat

Setelah penumpang turun, diberikan coklat untuk bonus ke setiap penumpang. Katanya ini yang aku suka dari Singapore Airlines, biar di baju sudah ternoda saus tomat.

Peringatan kencangkan sabuk pengaman di pesawat rupanya tidak main main.



Artikel Lain

Dunia penerbangan sekarang sudah sangat sibuk. Bila pilot atau pramugari meminta ponsel dimatikan total. Jet komersil capai kecepatan supersonik 1300km perjam 8 Feb 2020, tiba 1 jam lebih cepat. Ventilasi udara di pesawat dapat menghindari penyakit. Maskapai menempatkan camera keamanan untuk memonitor penumpang (Agustus 2019)

Bagaimana perusahaan penerbangan murah mampu melawan maskapai besar. Bukan tiket murah, tapi sudah dihitung sejak pembelian pesawat. Mengambil rute banyak kota, karyawan yang merangkap, pelatihan untuk satu model pesawat menjadi salah satu mereka dapat menjual tiket murah



Terbang dari Los Angeles ke Frankfurt jerman. Mengunakan layanan pesawat Lufthansa di First Class dengan pesawat Boeing 747-8i. Satu tempat duduk memiliki ranjang 2 meter, termasuk power untuk laptop, layanan hiburan. Untuk makanan jangan ditanya lagi.

Ada beberapa rute penerbangan yang tidak biasa dan tiketnya sangat mahal. Ada yang mahal karena duduk di First Class, ada lagi penerbangan untuk 3 hari. Tapi ditawarkan oleh perusahaan penerbangan.



Youtube Obengplus

Trend