Merkurius, Venus dan Jupiter, lintasan ketiga planet seperti dansa pada akhir Mei 2013


Kategori : Science | Date : 24 May 2013
Minggu ini sampai akhir bulan, orbit Merkurius, Jupiter dan Venus akan sangat dekat terlihat dari bumi. Ketika planet akan melintas beriringan seperti planet sedang berdansa.

Ketiganya dapat dilihat setelah matahari terbenam, dimulai dari tanggal 24 Mei akan membentuk 3 titik segitiga, puncaknya 26 Mei ketiga planet terlihat mendekat lalu satu garis pada 1 Juni. Ketiganya akan terlihat mudah karena ketiga planet tersebut paling terang terlihat di bumi. Kejadian yang sama terlihat bulan Mei 2011, selanjutnya baru terlihat Oktober 2015.

Untuk melihat ketiganya ada di areah barat saat matahari terbenam. Untuk memperkirakan dimana keberadaan planet Jupiter , Venus dan Jupiter bisa mengunakan aplikasi Astronomi dari Android



Penjelasan di Youtube via Skyandtelescope posisi ke 3 planet dengan sudut 10 derajat dan posisi planet setelah 40 menit matahari terbenam. Info lengkap via Skyandtelescope


Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/103/1/Aplikasi Astronomi langsung menunjukan posisi bintang smartphone dan tablet
Teropong bintang Kepler sudah dipastikan harus pensiun. Melihat jasa satelit Kepler dalam 3 tahun terakhir, update dengan video. 20 tahun lalu manusia belum tahu setiap bintang pasti ada planet yang mengikuti. 6 Oktober kemarin adalah 20 tahun dari revolusi astronomi dimana manusia pertama kali melihat planet lain di luar tata surya.

Matahari adalah bintang, Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Disusul nomor 2 planet Saturnus dengan cincin. Uranus dan Neptunus menjadi planet ke 3 dan 4 tidak sampai sepertiga ukuran Saturnus. Bagaimana dengan ukuran bumi.



Fotographer asal Rumania Maximilian Teodorecu memiliki hobi sebagai astronomi. Mengunakan teleskop 1800mm f/12 Maksutov, dia ingin mencoba kemampuan teleskopnya di akhir minggu.

Berita menarik dari NASA mendapatkan gambar sebuah asteroid ukuran besar, ternyata ada satelitnya. Ukuran asteroid memang besar, diperkirakan memiliki panjang 2,3km.

Gerhana matahari 10 Mei 2013 hari Jumat. Di Indonesia dapat melihat gerhana sebagian pada hari Jumat besok. BMKG merilis jam terjadinya gerhana 10 Mei 2013.

Orbit planet Saturnus akan sangat dekat dengan tingkat cahaya +0.1 Magnitude pada 25 April kemarin dan semakin terang pada 28 April 2013. Posisinya bisa terlihat dekat bulan

Peneliti mengatakan komet ISON akan terang seperti komet Lovejoy. Buntut komet akan terlihat jelas. Komet Pan Starrs adalah komet kedua yang terbaik untuk bisa dilihat.




No popular articles found.