Bulan Mei adalah saat paling tepat untuk mendaki gunung Everest. Salah satunya dari Jepang, Yuichiro Miura 80 tahun dan putranya, foto dikirim ketika berada di ketinggian 6.500m. Rencananya hari Kamis besok sudah menuju ke puncak Everest. Bila tercapai, Yuichiro menjadi orang tertua yang pernah mendaki Everest.

Update 26 Mei 2013. Yuichiro Miura menjadi pria tertua yang berhasil mencapai puncak gunung Everest hari Kamis kemarin.



Pendaki Min Bahadur Sherchan mantan tentara Inggris Gurkha Mei 2017. Ingin kembali mengalahkan rekor Miura yang merebut rekornya sebagai manusia tertua yang berhasil mencapai puncakEverest.
Tapi Sherchan dikabarkan meninggal 6 Mei 2017 di basecamp Everest, diduga mengalami sakit jantung. Rencana sebelumnya pada tahun 2015, tapi batal karena terjadi gempa di Everest yang menewaskan 12 sherpa. Sejarah Sherchan menjadi kenangan. Dia mulai mendaki puncak tertinggi ke 7 gunung Dhaulagiri / 8.167m di tahun 1960. Di usia ke 72 tahun, dia memikirkan untuk naik ke Everest, dan berlatih dengan berjalan 1.200km di seluruh nepal pada tahun 2003. Sherchan memiliki kondisi yang baik, tapi dia sudah lama menghabiskan waktu di ketinggian seperti Everest sejak tahun 2015.
Upayanya berhasil dan memengang rekor manusia tertua sampai 2013 yang mencapai puncak Everest sebelum digantikan  Miura


Setiap bulan Mei adalah bulan sibuk pendakian bahkan tercatat beberapa rekor baru. Sejak 18 Mei sampai 25 Mei ada 670 orang mendaki puncak gunung Everest.  Biaya mendaki disana tidak murah, untuk ijin saja mencapai ribuan dollar. Sebagian besar mencari kemuliaan atau melihat keabadian alam dipuncak tertinggi, yang lain menguji adrinalin.

Beberapa rekor yang tercatat dalam 1 minggu ini

Raha Moharrak, 25, menjadi yang wanita Arab Saudi, dan termuda untuk mencapai ke puncak Mt. Everest
Tashi Malik dan Nancy Malik, keduanya 21, menjadi kembar pertama yang mendaki puncak bersama-sama.
Samina Baig, 22, menjadi wanita Pakistan pertama untuk skala puncak. Dia mendaki gunung dengan kakaknya Mirza Ali.
Raed Zidan, 25, menjadi warga Palestina pertama yang mendaki gunung. Dia mendedikasikan pendakian untuk mereka yang masih di penjara Israel.
Sebuah tim Angkatan Udara AS menjadi yang pertama militer aktif untuk mencapai ke puncak dunia.
Arunima Sinha, 25, yang telah kehilangan kakinya setelah ditabrak kereta api, menjadi yang pertama India diamputasi untuk mendaki gunung.
David Liano Gonzales, 33, dari Meksiko, menjadi pendaki gunung pertama yang naik dua kali pada puncak Mt. Everest di musim yang sama.
Daniel Hughes, seorang penjelajah Inggris membuat sejarah dan kontroversi sebagai orang pertama yang melakukan panggilan video dari Mt. Everest. Karena ulahnya menelepon disana, dia dianggap melakukan kegiatan ilegal oleh pemerintah Nepal. Terkena sanski 5 tahun tidak boleh masuk ke Nepal lagi dan 10 tahun dilarang menginjak gunung Everest.

Update Kamis 23 Mei 2013 tim dari Indonesia Wanadri juga mencapai puncak Everest
Everest South Team Reached The Summit today morning:



All members and sherpas successfully reached to THE SUMMIT Of Mt. EVEREST today early in morning. Except Bart (Poland) and Pemba Rita sherpa.
SUMMITEERS NAME LIST:
01 Mr. Christopher John Klinke / USA
02 Mr. Eric Fredrik Meyer / USA
03 Mr. Claes Torbjorn Hallstrom / Sweden
04 Mr. Brad Allen Johnson / USA
05 Mr. Piotr Marek Cieszewski / Poland
06 Mr. Martin Rimbawan / Indonesia
07 Mr. Fajri Al Luthfi / Indonesia

08 Tashi Sherpa / NEPAL
09 Furtemba Sherpa / NEPAL
10 Damai Chhiri Sherpa / NEPAL
11 Lakpa Chhiri / NEPAL
12 Nima Kanchha / NEPAL
13 Angdu Sherpa / NEPAL
14 Mingma Chhiri Sherpa / NEPAL
15 Shyam Bahadur Tamang / NEPAL



Tentang Yuichiro Miuro, sebelumnya sudah memegang rekor sebagai pria paling tua dengan umur 70 tahun yang berhasil mencapai puncak Everest tahun 2003. Tetapi dikalahkan oleh pendaki Nepal yang mencapai Everest di usia 76 tahun. Sekarang dia kembali untuk memecahkan rekor lamanya.

Tidak semua kabar baik

Seorang asal Bangladesh dan Korea Selatan, keduanya meninggal setelah mendaki ke puncak. Setidaknya ada 5 orang sudah meninggal dimusim ini saja.  Dibanding tahun lalu 4 orang meninggal, karena jalur pendakian terlalu ramai dan membuat jalur macet. Menurut National Geographic, meskipun tingkat keberhasilan pendakian hanya 1/3 dari 20 tahun terakhir ini. Everest tetap memberi tantangan khusus, kalau sedang ramai malah lebih beresiko.

Setidaknya ada 4000 orang lebih sudah menginjak kakinya disana. Beberapa orang bahkan sudah lebih dari satu kali kesana. 90% pendaki mengunakan pemandu, bahkan beberapa orang tidak dibekali keahlian pendakian dasar. Dengan membayar biaya $30.000 sampai 120.000, mereka merasa beranggapan sudah bisa ke puncak gunung. Pendaki semakin banyak tapi semakin memprihatinkan.

Dibawah ini tentang tantangan film di puncak gunung Everest