Menanam pohon di ruang sempit, cukup untuk kebun mini


Kategori : Green | Date : 19 May 2013
Dengan kreativitas sebuah tempat ruang sempit dapat dijadikan kebun mini
Banyak pemilik rumah ingin memiliki kebun kecil atau tanaman bunga di rumah.

Tetapi kondisi rumah yang terbatas atau tempat tinggal seperti apartemen akan sulit menanam pohon sendiri.

Terkadang pemilik rumah ragu apakah tanaman bisa tumbuh karena posisi cahaya matahari tidak banyak masuk disekitar rumah.

Tumbuhan bisa hidup hanya dengan sinar lampu saja.

Bukan alasan tidak menanam pohon kecil karena tidak ada tempat atau kurangnya cahaya matahari.

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah.

Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya.

Atau seperti tumbuhan lidah buaya lebih mudah, karena tumbuhan tersebut tidak mengotori lantai. Bila ruang terbatas bisa menanam pohon yang tumbuhnya tidak terlalu besar. Seperti apa cara menanam pohon di ruang sempit. Beberapa gambar diambil dari Habitat

Pohon dengan pot dan keranjang untuk pot bisa ditaruh / dikait di dekat pagar balkon dan pagar rumah.





Sudut rumah bisa ditanam pohon yang lebih besar.



Posisi pot dekat dengan jendela



Tanaman bisa ditanam di pinggir lantai balkon rumah atau apartemen







Baca juga bahan untuk menanam pohon di rumah untuk lahan sempit, dengan berkebun di rumah memanfaatkan barang bekas

Banyak orang tidak mencuci tangan, atau tidak mencuci tangan dengan benar, menurut studi universitas Michigan. Rahasia mencuci tangan dengan benar, hanya 30 detik saja. Tidak perlu produk mahal, cukup dengan sabun.

Memanfaatkan botol plstik atau daur ulang botol plastik untuk pancuran, tempat majalah, pot kecil tanaman, tempat sampah dan menaruh adaptor. Cara memanfaatkan botol bekas tinggal digunting, ditempel atau dibuat pola. Satu ide lagi memanfaatkan botol plastik pengantu botol semprotan air yang rusak.

Jangan dikira kegiatan berkebun seperti gaya feminim. Menanam pohon tidak harus mahal tapi perlu akal. Dapat mendaur ulang barang bekas untuk pot, dan mengambil bibit tanaman dari sampah kita sendiri. Membuat kegiatan berbeda dibanding menonton TV atau hanya duduk di rumah.Beberapa tip untuk mulai berkebun dari media tanah sampai jenis pot.



Membuat pupuk organik dapat mengunakan bahan sederhana. Kulit pisang, kulit telur, ampas kopi, air aquarium sampai cuka dapat dijadikan pupuk untuk penyubur dan menjaga tanaman lebih sehat. Sampah dirumah anda adalah pupuk untuk tanaman.

Berada di Assam India tempat kelahirannya. Ketika masih muda, dia mengingatkan departemen kehutanan untuk menanam pohon disana. Tapi departemen kehutanan bersikeras tanaman tidak akan tumbuh. 30 tahun perjuangan membuat hutan sendiri, mendapat gelar Forest Man of India dari Presiden Abdul Kalam

Ide membuat taman di atap rumah sudah dijadikan usaha oleh sebuah perusahaan. Dengan penahan panas dengan tanaman diatap gedung, mampu mengurangi pemakaian AC sampai 75 persen.

Perusahaan asal Kanada Green Over Grey memiliki keahlian membuat tanaman di dinding. Baik tembok gedung, dinding gedung dengan sistem vertikal. Menurut Green Over Grey sistem tanaman di dinding memberikan nilai estetika gedung dengan seni



Nyamuk tidak hanya berbahaya tapi dapat membawa parasit. Seperti penyakit malaria atau parasit yang menginfeksi manusia. Tapi nyamuk juga berjasa, dan tidak mungkin dimusnakan begitu saja. Nyamuk menjadi ekositem mahluk lain.

Satu badan usaha Green Spirit Farms / GSF dari New Buffalo Michigan membangun pertanian vertikal seluas 3 hektar lebih. Tanaman ditumpuk sampai 6 rak dan jumlahnya mencapai 17 juta tanaman. Apakah pertanian vertikal menguntungkan.

Ketika manusia sedang tidur, mesin diluar tetap bekerja. Printer, telepon meja, ATM, mesin otomatis dan lampu di jalan tetap menyala. Sejak kecil sang ibu selalu mengingatkan, matikan lampu sebelum tidur. Tetapi ditempat bekerja tidak seperti itu.

Sering menemukan plastik bekas tempat telur dan suka berkebun kecil. Keduanya bisa disatukan. Tempat telur dari plastik biasanya dibuang setelah isinya habis. Bila menyukai menanam pohon, bisa memanfaatkan tempat telur bekas untuk bibit baru.

ConnecTable dengan disain penutup dari atap solar cell cocok ditempatkan diperubahan, taman publik kampus, mall atau ruang kosong di sekitar kantor. Satu meja, 2 tempat duduk dan solar cell dapat digunakan bagi mereka yang ingin mengambil power untuk mengisi perangkat gadget.

Membuat meja untuk foto kecil bisa dilakukan dikamar sendiri. Selama ruang foto mendapatkan pencahayaan yang bagus. Peralatannya sederhana, kertas, karton, dan tape perekat sudah bisa digunakan untuk meja foto kecil



Membuat pot tanaman , tanaman gantung, atau tempat pot yang digantung di pagar rumah. Ada cara sederhana, biayanya lebih murah dan tidak memakan tempat seperti ukuran pot yang besar.

Jack seorang pengusaha membuat kebun bertingkat. Dan pemerintah Singapura mendukung kegiatannya. Dia memiliki 120 tower, tahun depan akan diperluas menjadi 2000 tower. Cara menanam tumbuhan di dalam ruangan ini hanya mengunakan aluminum A-frame, dan ditumpuk dalam 11 tingkat.

Satu gedung di pusat kota Tokyo menempatkan tanaman di seluruh jendela. Perusahaan Pasona yang berpusat di Tokyo tersebut bahkan memiliki kebun lantai atas gedung.

Ada cerita menarik bagaimana negara memerangi penduduk yang kegemukan. Dari sebuah kolom Phenomenology di harian The New Republic menyebutkan cara unik negara berupaya menyehatkan penduduk. Masyarakat Amerika mencoba menurunkan berat badan dengan berolahraga, tapi ada cara lain yang berbeda.

Kekurangan air minum bisa berbahaya bagi manusia. Paling berisiko ketika udara panas dan terkena heatstroke lalu pingsan. Kondisi berbahaya lain dari kekurangan cairan dapat menyebabkan darah kental bahkan penyumbatan pada jantung.

Satu cara memanfaatkan botol bekas bisa digunakan penganti karet. Dengan memotong bagian kepala botol plastik, lalu plastik makanan yang tersisa dimasukan ke dalam mulut botol. Tinggal ditutup dengan tutup botol

NASA mengunakan satelit Suomi NPP mengumpulkan gambar dengan resolusi tinggi selama satu tahun. Lalu dijadikan sebuah gambar yang besar dan memberikan gambaran dimana saja daerah yang masih hijau. Bisa dilihat untuk Indonesia masih memiliki daerah hijau sangat banyak

Cara membuat turbin angin dari botol bekas dan dinamo step motor. Mudah, modalnya satu step motor, tiang menyanggah, dan 4 botol plastik serta perekat

Banyak ruang di dekat stasiun kereta subway yang tidak terpakai. Konon bekas jalur lama dan dibiarkan kosong. Satu ide membuat ruangan tersebut dijadikan taman. Bagaimana membuat sinar matahari bisa masuk ke bawah tanah.

Salah satu gagasan dari senat negara bagian New York akan mendorong rancangan undang undang bagi rumah baru yang ramah lingkungan. Dan tidak terkena pajak seperti rumah biasa.

Dibawah ini beberapa tip mendaur ulang barang bekas dan lebih kreatif mengunakan barang di kehidupan sehari hari.

Ingin lingkungan lebih aman, bisa ditabung dari sekarang dengan menanam pohon. Sebuah studi di Philadelphia memiliki  lingkungan yang hijau memiliki tingkat kejahatan lebih rendah. Peneliti menganalisa dari tingkat kejahatan seak 2005 di seluruh kota

Stanley memegang hak paten untuk pembuatan dinding hijau atau cara penanaman pohon secara vertikal. Teknik Stanley dapat diterapkan untuk pembuatan dinding hijau, dan tumbuhan dapat menjalar di tembok gedung atau ditanam di atas balkon.

Satu lagi ide memanfaatkan botol plastik bekas bisa dibuat menjadi pot tanaman. Bermodalkan botol bekas plastik yang dilubangi di sisi samping, tanah dengan pupuk, kawat dan tanaman. Pemasangan pot bisa digantung di tembok rumah.

Mendaur ulang botol plastik menjadi vas bunga. Cukup mengandalkan gunting dan menekuk bagian plastik. Tahapnya dengan memotong bagian atas botol plastik, mengunting bagian atas botol menjadi lempengan kecil.

Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang lebih menarik. Frame foto atau bingkai tempat foto. Membuat papan pengumuman atau bulletin board. Bekas botol plastik, dapat dijadikan tempat penyimpan

Pohon sequoia sebagai pohon terbesar kedua, diperkirakan berumur 2.300 tahun. Diabadikan ketika musim salju

Disebut Kyocera Grows Green Curtain, sebuah rancangan tembok dengan tumbuhan.
Memanfaatkan tumbuhan yang tumbuh disamping tembok gedung , kantor , pabrik atau rumah dapat menahan panas matahari


No popular articles found.