Mungkin pernah mendengar perjalanan dari Indonesia ke Amerika atau kota di Eropa. Membutuhkan waktu berjam jam, bahkan hampir satu hari perjalanan serta harus transit pindah pesawat. Beberapa maskapai menawarkan berupaya melakukan penerbangan jarak jauh nonstop dengan waktu lebih singkat. Dan ditawarkan dengan tiket cukup mahal.

Tahun lalu, jarak penerbangan terjauh di pegang Singapore Airlines dengan jarak 15 ribu km nonstop, dan membutuhkan waktu 16 jam dan lebih cepat dari penerbangan lain yang memerlukan transit. Harga tiketnya sekitar 77 - 99 juta untuk sekali terbang, tapi rute ini sudah ditutup bulan November 2013. Rute penerbangan tersebut akhirnya dihapus karena kurang peminat serta terlalu mahal dan tidak efisien.

Biaya penerbangan nonstop lmemang ebih mahal, karena pesawat membawa beban dan bahan bakar lebih banyak. Tentu bobot pesawat menjadi lebih berat, dan memerlukan bahan bakar lebih besar dibanding pesawat rute pendek. Biaya tersebut pastinya dibebankan ke penumpang. Sedangkan penumpang mendapatkan layanan perjalanan lebih singkat dengan penerbangan nonstop.

Ada beberapa rute penerbangan yang tidak biasa dan tiketnya dijual sangat mahal. Ada yang mahal karena duduk di First Class. Tapi ada lagi tiket penerbangan terlalu lama sampai butuh 3 hari baru sampai ditempat tujuan. Maklum, rute ini memang diberikan walau biayanya dan waktunya bikin geleng kepala.


Dibawah ini beberapa tiket yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan.

Penerbangan dari Fairbank Alaska ke Auckland Selandia baru. Tiket First Class sekali jalan $28.066. Berangkat dari Faribanks Kanada, ke Seattle Amerika dengan Boeing 737. Pindah pesawat Boeing 777, dan terbang dahulu ke Dubai. Dari Dubai pindah lagi ke Airbus ke Selandia baru. Menghabiskan waktu 36 jam 10 menit, jarak 11,700km. Satu setengah hari perjalanan.



Dari Dallas Amerika ke London Inggris, satu tiket First Class $31.464. Mengunakan maskapai Skywest dengan pesawat Canadair Jet 700. Lalu transit di Los Angeles dan melanjutkan ke bandara Narita Jepang dahulu dengan ANA Air mengunakan Boeing 777. Perjalanan selama 28 jam, dengan jarak 7600 km. Kenapa jalurnya harus memutar, tetapi tiket itu ada dan dijual. Memang aneh.

Dari Miami Amerika ke Tokyo Jepang. Mengunakan Lufthansa. Jarak 12 ribu km dengan waktu 25 jam. Terbang dari Miami ke Frankfurt Eropa dahulu (berputar lebih jauh), lalu transit di Eropa baru melanjutkan ke Tokyo. Pesawat pertama dengan tiket First Class, dan pesawat kedua duduk di kelas Bisnis. Perjalanan sudah tiga perempat putaran dunia dengan harga tiket $30.000 lebih. Kalau suka jalan jalan di pesawat, boleh juga.





Dari New York ke London, bila ditarik garis lurus maka jaraknya hanya 6500km. Tetapi tiketnya tidak murah ketika semua penerbangan penuh. Tiket alternatifnya mungkin seharga $37.297, perjalanan memakan waktu 41 jam dengan pesawat ANA Air. Entah kemana muternya untuk rute pesawat, memerlukan 2 kali transit.



New York Amerika ke Frankfurt Jerman. Dengan ANA Air membutuhkan waktu 44 jam. Tetapi penerbangan berlawanan arah, karena tidak langsung terbang dari Amerika ke Eropa yang lebih dekat.
Tiket seharga $37.297 berangkat dari bandara JFK New York Amerika lalu mampir dulu ke Asia melalui Jepang. Perjalanan pertama menghabiskan waktu 14 jam. Sampai di Narita harus transit selama 18 jam. Baru melanjutkan terbang ke Frankfurt Jerman. Hampir 2 hari perjalanan




Penerbangan dari New York ke Lisbon Portugal juga sama lamanya. Membutuhkan waktu 47 jam ( 2 hari perjalanan) ditawarkan ANA Air, pesawat tidak langsung terbang dari Amerika ke Eropa. Tetapi transit 3x melalui Asia. Jaraknya lebih pendek dari penerbangan sebelumnya, tetapi tarifnya lebih mahal. Penerbangan pertama transit di Narita Tokyo, transit ke 2 di Munich Jerman dan baru terbang ke Lisbon Portugal.

Yang ini lebih mahal lagi bila mengunakan ANA Air dan terbang dari New York ke Istanbul Turki. Penerbangan selama 45 jam, kurang 3 jam lagi sudah 2 hari perjalanan.  Rutenya dari New York ke Jepang, dan transitnya 15 jam dahulu disana. Lanjut dari Tokyo ke Munich dengan Boeing 777. Transit di Munich Jerman, baru melanjutkan ke Istanbul dengan Airbus A321.

Belum mengalahkan harga tiket dari New York ke Oslo Norwegia. Dengan penerbangan langsung hanya 8 jam. Tetapi yang ini jalan jalan dahulu dan ditawarkan $39000. Waktu perjalanan 28 jam. Mengunakan maskapai ANA Air, terbang dari New York ke Tokyo dahulu, baru terbang ke Frankfurt, dan pindah pesawat lagi untuk melanjutkan ke Olso.

Tidak ada yang mengalahkan harga tiket termahal dari Air France untuk First Class. Penerbangan dari Santiago Chili ke Beirut Libanon. Harga tiket $39.