Tiket pesawat termahal yang bisa dibeli, tetapi rute dan harga tidak masuk akal


Stuff | 18 May 2013

Mungkin pernah mendengar perjalanan dari Indonesia ke Amerika atau kota di Eropa. Membutuhkan waktu berjam jam, bahkan hampir satu hari perjalanan serta harus transit pindah pesawat. Beberapa maskapai menawarkan berupaya melakukan penerbangan jarak jauh nonstop dengan waktu lebih singkat. Dan ditawarkan dengan tiket cukup mahal.

Tahun lalu, jarak penerbangan terjauh di pegang Singapore Airlines dengan jarak 15 ribu km nonstop, dan membutuhkan waktu 16 jam dan lebih cepat dari penerbangan lain yang memerlukan transit. Harga tiketnya sekitar 77 - 99 juta untuk sekali terbang, tapi rute ini sudah ditutup bulan November 2013. Rute penerbangan tersebut akhirnya dihapus karena kurang peminat serta terlalu mahal dan tidak efisien.

Biaya penerbangan nonstop lmemang ebih mahal, karena pesawat membawa beban dan bahan bakar lebih banyak. Tentu bobot pesawat menjadi lebih berat, dan memerlukan bahan bakar lebih besar dibanding pesawat rute pendek. Biaya tersebut pastinya dibebankan ke penumpang. Sedangkan penumpang mendapatkan layanan perjalanan lebih singkat dengan penerbangan nonstop.

Ada beberapa rute penerbangan yang tidak biasa dan tiketnya dijual sangat mahal. Ada yang mahal karena duduk di First Class. Tapi ada lagi tiket penerbangan terlalu lama sampai butuh 3 hari baru sampai ditempat tujuan. Maklum, rute ini memang diberikan walau biayanya dan waktunya bikin geleng kepala.


Dibawah ini beberapa tiket yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan.

Penerbangan dari Fairbank Alaska ke Auckland Selandia baru. Tiket First Class sekali jalan $28.066. Berangkat dari Faribanks Kanada, ke Seattle Amerika dengan Boeing 737. Pindah pesawat Boeing 777, dan terbang dahulu ke Dubai. Dari Dubai pindah lagi ke Airbus ke Selandia baru. Menghabiskan waktu 36 jam 10 menit, jarak 11,700km. Satu setengah hari perjalanan.



Dari Dallas Amerika ke London Inggris, satu tiket First Class $31.464. Mengunakan maskapai Skywest dengan pesawat Canadair Jet 700. Lalu transit di Los Angeles dan melanjutkan ke bandara Narita Jepang dahulu dengan ANA Air mengunakan Boeing 777. Perjalanan selama 28 jam, dengan jarak 7600 km. Kenapa jalurnya harus memutar, tetapi tiket itu ada dan dijual. Memang aneh.

Dari Miami Amerika ke Tokyo Jepang. Mengunakan Lufthansa. Jarak 12 ribu km dengan waktu 25 jam. Terbang dari Miami ke Frankfurt Eropa dahulu (berputar lebih jauh), lalu transit di Eropa baru melanjutkan ke Tokyo. Pesawat pertama dengan tiket First Class, dan pesawat kedua duduk di kelas Bisnis. Perjalanan sudah tiga perempat putaran dunia dengan harga tiket $30.000 lebih. Kalau suka jalan jalan di pesawat, boleh juga.





Dari New York ke London, bila ditarik garis lurus maka jaraknya hanya 6500km. Tetapi tiketnya tidak murah ketika semua penerbangan penuh. Tiket alternatifnya mungkin seharga $37.297, perjalanan memakan waktu 41 jam dengan pesawat ANA Air. Entah kemana muternya untuk rute pesawat, memerlukan 2 kali transit.



New York Amerika ke Frankfurt Jerman. Dengan ANA Air membutuhkan waktu 44 jam. Tetapi penerbangan berlawanan arah, karena tidak langsung terbang dari Amerika ke Eropa yang lebih dekat.
Tiket seharga $37.297 berangkat dari bandara JFK New York Amerika lalu mampir dulu ke Asia melalui Jepang. Perjalanan pertama menghabiskan waktu 14 jam. Sampai di Narita harus transit selama 18 jam. Baru melanjutkan terbang ke Frankfurt Jerman. Hampir 2 hari perjalanan




Penerbangan dari New York ke Lisbon Portugal juga sama lamanya. Membutuhkan waktu 47 jam ( 2 hari perjalanan) ditawarkan ANA Air, pesawat tidak langsung terbang dari Amerika ke Eropa. Tetapi transit 3x melalui Asia. Jaraknya lebih pendek dari penerbangan sebelumnya, tetapi tarifnya lebih mahal. Penerbangan pertama transit di Narita Tokyo, transit ke 2 di Munich Jerman dan baru terbang ke Lisbon Portugal.

Yang ini lebih mahal lagi bila mengunakan ANA Air dan terbang dari New York ke Istanbul Turki. Penerbangan selama 45 jam, kurang 3 jam lagi sudah 2 hari perjalanan.  Rutenya dari New York ke Jepang, dan transitnya 15 jam dahulu disana. Lanjut dari Tokyo ke Munich dengan Boeing 777. Transit di Munich Jerman, baru melanjutkan ke Istanbul dengan Airbus A321.

Belum mengalahkan harga tiket dari New York ke Oslo Norwegia. Dengan penerbangan langsung hanya 8 jam. Tetapi yang ini jalan jalan dahulu dan ditawarkan $39000. Waktu perjalanan 28 jam. Mengunakan maskapai ANA Air, terbang dari New York ke Tokyo dahulu, baru terbang ke Frankfurt, dan pindah pesawat lagi untuk melanjutkan ke Olso.

Tidak ada yang mengalahkan harga tiket termahal dari Air France untuk First Class. Penerbangan dari Santiago Chili ke Beirut Libanon. Harga tiket $39.525. Jaraknya hanya 13 ribu km dan Transit 1 kali dari pesawat Boeing 777 ke Airbus A330.




Dari semua rute penerbangan, ada satu yang mengenakan tarif  $40.994, paling mahal dan rutenya paling aneh. Dari maskapai ANA Air untuk terbang dari New York ke Sao Paulo Brazil. Kalau jarak di peta hanya 7600km, kota New York diatas (Amerika Utara), dan Brazil ada dibawah (Amerika Latin / Selatan). Bila mengunakan pesawat langsung hanya butuh 8-9 jam.

Cuma rute tiket pesawat ini muternya asli enga karuan. Perjalanan diawali dari JFK New York Amerika menuju Narita Tokyo selama 14 jam dan menunggu untuk transit selama 14 jam lagi. Dari Tokyo baru terbang ke London selama 12 jam 30 menit. Dan harus menunggu lagi 6 jam di London. Dari London baru terbang ke Sao Paulo Brazil selama 11 jam 30 menit.
Tiket penerbangan ANA Air dari New York ke Sao Paulo tersebut sebenarnya sudah mengelilingi dunia. Membutuhkan waktu 59 jam, atau hampir 3 hari.





Berita terkait
Dunia penerbangan sekarang sudah sangat sibuk. Bila pilot atau pramugari meminta ponsel dimatikan total. Jet komersil capai kecepatan supersonik pada 19 Februari 2019, tiba 48 menit lebih cepat akibat dorongan angin. Ventilasi udara di pesawat dapat menghindari penyakit. Maskapai menempatkan camera keamanan untuk memonitor penumpang (Agustus 2019)

Apa saja yang hilang dari kenyamanan pesawat udara. Jendela semakin kecil, tempat duduk semakin rapat. Dahulu ada penerbangan memiliki tempat tidur di semua kelas. Pesawat modern di kelas ekonomi, akan terasa lebih sempit dibanding pesawat dahulu.



Bagaimana perusahaan penerbangan murah mampu melawan maskapai besar. Bukan tiket murah, tapi sudah dihitung sejak pembelian pesawat. Mengambil rute banyak kota, karyawan yang merangkap, pelatihan untuk satu model pesawat menjadi salah satu mereka dapat menjual tiket murah

Emirates Air menjadi rute penerbangan komersil terjauh saat ini. Terbang nonstop dari Dubai UAE ke Panama City Panama nonstop. Mencapai jarak 13,821 km dari tempat take off dan landing.

Kwong Wah Yit Poh memang jenius, dia makan di VIP lounge dari sebuah penerbangan selama hampir setahun gratis. mengunakan tiket First Class dari China Eastern Airlines. Dia makan di airport Xian di Shaanxi selama 300 hari. Padahal dia tidak pernah terbang dengan tiketnya.

Kamera paling mahal untuk milyader, harus tampil beda. Untuk camera yang dijual sangat mahal bukan berarti memiliki teknologi paling canggih. Hanya tampilnya beda dari camera lainnya termasuk disain dari emas walau spesifikasinya sama saja.

Amerika tahun lalu memiliki jadwal 9,8 juta penerbangan. Dibanding pesawat jaman dulu yang mengunakan kontrol manual. Teknologi pesawat saat ini mengunakan teknologi digital. Pilot hanya perlu mengawasi instrumen  ketika auto pilot diaktifkan.



2 rute terpanjang penerbangan ditutup. Tahun depan 2 rute terpanjang dipegang oleh Qantas dan Delta Airlines sejauh 13 ribu km. Singapore Airlines yang memengang jarak terjauh resmi ditutup

Jakarta ke Bandung bukan penerbangan paling singkat. Masih ada lagi jarak penerbangan paling pendek, ada di Skotlandia. Logan Air melayani penerbangan antara 2 pulai dari pulau Westray ke Papa Westray, tapi keduanya memiliki batas air laut.

Bicara aplikasi di smartphone, ada yang berbayar dan gratis. Versi gratis diberikan penuh tapi ada juga yang terbatas. Pengembang software boleh menjual aplikasi mereka dari masing masing pasar. Apple mengijinkan pengembang menjual aplikasi sampai $999, sedangkan Google memberikan $200.

Pesawat pengangkut barang UPS jatuh di bandara Birmingham. Pesawat dengan nomor N155UP jatuh di landasan pacu 18, dan awak pesawat mengalami cidera. Pesawat A300 dikirim ke UPS pada tahun 2004, dan baru berusia 9,8 tahun.

Cerita menarik minggu ini, Quantas dengan rute Chile ke Sydney bermasalah dengan WC. Dipesawat ada 10 WC untuk penumpang, tetapi hanya 7dari 10 WC yang bisa dipakai. Sialnya ada 26 penumpang menderita diare bersamaan.

Layanan tiket pesawat terbang masa depan mungkin seperti ini. Cukup melihat kemana tujuan, dan website penerbangan akan memberikan infomasi tambahan. Dari pemandangan tujuan berlibur, nama kota, tinggal di click bila ada promo.

Ada 2 video menarik di Youtube, tentang pesawat terbang melawan angin. Pesawat yang mendarat harus menghadapi cuaca kurang baik di landasan, karena adanya Crosswind atau angin kencang dari arah samping.



Pesawat Airbus A330 sedang bersiap take off di bandara Manchester 24 Juni 2013 lalu. Perjalanan dari Inggris menuju republik Dominika. Mendadak mesin di sebelah kanan dor.

Terbang dari Los Angeles ke Frankfurt jerman. Mengunakan layanan pesawat Lufthansa di First Class dengan pesawat Boeing 747-8i. Satu tempat duduk memiliki ranjang 2 meter, termasuk power untuk laptop, layanan hiburan. Untuk makanan jangan ditanya lagi.

Emirates Airlines mendapat penghargaan dari Skytrax Airline Award sebagai perusahaan penerbangan terbaik tahun ini. Emirates memiliki 200 pesawat dengan 18.000 awak kabin dan staf di darat.

Pesawat Singapore Airlines sedang terbang dari Singapura ke London. Di tengah penyajian makan untuk sarapan penumpang, mendadak pesan dari kokpit agar memakai sabuk pengaman.

Satu lagi peralatan tempur dari China, menampilkan foto Drone atau pesawat tanpa awak. Mirip seperti X 47B buatan Amerika. Foto dibawah ini diambil ketika pesawat tersebut masuk jalur taxi di landasan.

Pembangunan jalan di China harus menghancurkan sepanjang 3,5km dengan ledakan. Tercatat sebagai penghancuran jalan paling panjang dan tercepat. Jalan dengan struktur beton di Zhuan nantinya diperlebar dari 2 lajur menjadi 6 lajur jalan.

Aplikasi Indonesia Flight Ticket Solutions adalah aplikasi untuk mencari tiket, booking dan tiket akan dikirim ke pembeli. Aplikasi Indonesia Flight berguna untuk mencari harga tiket pesawat dan memesan tiket dari beberapa maskapai penerbangan

Perusahaan penerbangan Samoa Air menjadi maskapai penerbangan yang memberlakukan tarif sesuai berat badan penumpang. Ketika membeli tiket maka penumpang dan barang akan ditimbang. Total berat tersebut dijadikan perhitungan tarif tiket.




No popular articles found.