Cray XC-30 AC supercomputer harga terjangkau


Kategori : Technology | Date : 9 May 2013
Cray XC-30 AC menawarkan supercomputer versi budget. Biasanya nama supercomputer ditangani oleh badan pendidikan atau pemerintah, dengan biaya pembangunan yang mahal dan pemakaian listrik sangat besar.

Cray XC-30 AC ditawarkan hanya $500.000 untuk harga awal. Sudah termasuk paket jaringan, pendingin dan pilihan power. Ditujukan bagi peneliti, analisa badan keuangan dan lainnya yang membutuhkan computer super cepat.



Cray XC-30 AC mengunakan procesor Xeon Phi dan Nvidia Tesla untuk akselerasi. Computer tersebut tidak memerlukan pendingin air yang rumit, semua ditangani dari pendingin fan di rack mounting.

Amerika memiliki supercomputer nomor 1 paling cepat, disusul China memiliki 2 supercomputer paling cepat di dunia.  Bulan Juni 2018, posisi nomor 1 super computer adalah Summit. Membutuhkan pendingin air, ruang 3000 meter persegi, ribuan chip procesor dan GPU Nvidia. Nomor 3 Supercomputer Sierra dengan kebutuhan power 11MW ketika bekerja.

Boeing membuat satelit ABS-3A dengan bahan listrik. Satelit komunikasi dengan berat 2 ton memberikan sinyal frekuensi C dan Ku-band di daerah Amerika Selatan, Timur Tengah dan Afrika. Berbeda dengan teknologi satelit generasi sebelumnya memerlukan tangki bahan bakar ukuran besar

Nvidia mengumumkan update grafik card Tesla K80. Menjadi graphic card paling cepat.Tesla K80 memiliki 4992 core, 24GB GDDR5 dan tranfer memory 480Gbps



Supercomputer dengan GPU lebih efisien melakukan perhitungan dibanding CPU

Lebih hemat listrik dibanding pendingin udara biasa. Disebut IBM SuperMUC sistem pendingin dengan cairan yang lebih efisien dibanding pendingin udara.

Super Computer di China, dengannama Tianhe-1A menjadi computer paling cepat di dunia saat ini. Mengalahkan Cray 2.3 TF Jaguar.


No popular articles found.