2013. Vanilla Chamu seorang gadis asal Jepang menghabiskan 100 ribu dollar untuk operasi plastik. Wajah dan tubuhnya dirombak habis untuk 30 operasi.

Perubahan radikal di semua bagian tubuhnya. Dari depan, sedot lemak pinggul, kepala, sampai implan di tengorak dan meninggikan kaki

Dia sudah melakukan operasi sejak umur 19 tahun. Dia banyak diundang oleh media untuk menanyakan mengapa ingin di operasi plastik (maksudnya sebanyak itu).

Setidaknya biaya tersebut sudah terbayar, sekarang dia menjadi penyanyi pop di negaranya.



2017. Beda nasib yang satu ini.
Seorang wanita berusia 59 tahun di kota Wuhan China.
Tetapi si wanita tersebut kabur ke kota Shenzhen, sampai pengadilan di Wuhan memerintahkan agar dia melunasi hutangnya.

Berita yang dikutip dari harian Xinhua, wanita bernama Zhu Najuan mengaku harus mengunakan indentias orang lain untuk pergi dengan kereta. Tapi dia membiayai operasi plastiknya dengan kartu kredit dari bank.

Mengapa dia bisa berhutang begitu banyak, ceritanya dari layanan kartu kredit yang sangat banyak diberikan bagi masyarakat di China untuk belanja. Pihak bank ingin mencari usaha lain selain pertumbuhan ekonomi dan salah satunya kredit card sebagai sumber pemasukan. Bank setempat menawarkan banyak pilihan layanan kartu kredit, dan masyarakat boleh mengunakan kartu kredit lebih dari satu.

Akibatnya banyak masyarakat terlena untuk mengunakan kartu kredit, dan penduduk disana sudah terbiasa mengesek kartu untuk berbelanja tapi lupa untuk "membayar".

Zhu mengunakan kartu kredit untuk semua biaya operasinya. Tapi biayanya tidak murah, untuk merubah penampilan dan dia meninggalkan hutang 25 juta yuan atau setara 3,7 juta dollar.
Disini yang menarik, bagaimana wajah si Zhu sampai dia harus mengunakan identitas orang lain. Polisi yang menemukan, katanya wajahnya seperti orang yang baru berusia 30 tahun.