Pilot Air India, pilot molor dan 2 pramugari disuruh duduk di kokpit


Kategori : Stuff | Date : 2 April 2015
April 2014
Pilot dan perwira utama Air India Dreamliner ribut menjelang persiapan lepas landasan. Karena co-pilot tersinggung ketika kapten kapal meminta menuliskan informasi penerbangan dan co-pilot merasa kurang senang dan memukul kaptennya sendiri. Co-pilot diminta oleh kapten untuk menulis daftar manifes penumpang dari jumlah penumpang, berat lepas landas dan pemakaian bahan bakar. Tersinggung dengan perintah, co-pilot kabarnya " memukul " si kapten  pilot. Tapi berita tersebut dibantah oleh perusahaan penerbangan, hanya terjadi debat argumen di antara keduanya. Keduanya sudah di grounding untuk sementara waktu.
Penerbangan Air India sejak lama dilaporkan memiliki masalah, dimulai tahun 2007 dari rangkaian teknis, insiden memalukan dan hal lain.

Mei 2013
2 pilot Air India menempatkan bahaya bagi 166 penumpang dalam penerbangan dari Bangkok ke Delhi. Karena pilot malah molor dengan menyalakan auto pilot.

Insiden terjadi di ketinggian 33 ribu kaki, dimana pesawat Air India AI 133 terbang dari Bangkok ke Delhi pada 12 April lalu. Pesawat terbang pada jam 8:55. 30 menit kemudian satu pilot meminta ijin dari kokpit dan disusul satu rekannya untuk istirahat. Lalu meminta pramugari duduk di kursi mengantikan sang pilot dan copilot.

Sebelum pergi, kapten mengajarkanbagian penting kepada pramugari untuk mengoperasikan pesawat. Lalu dia pergi setelah mengaktifkan auto pilot pesawat. Pesawat terbang sendiri, dan hanya diawasi 2 pramugari yang tidak mengerti dengan instrumen pesawat.

Para pramugari duduk di depan kokpit selama 40 menit berikutnya, sedangkan pilot dan copilot malah molor di ruang penumpang. Walau sistem auto pilot dapat menerbangkan pesawat secara otomatis, bukan berarti awak pesawat bisa meninggalkan ruang kokpit. Karena mereka harus memantau status penerbangan dan mengawasi atau perlu mematikan auto pilot dalam kondisi tertentu. Secara tidak sengaja si pramugari menekan tombol off auto pilot dan alarm berbunyi. Langsung si pilot dan rekannya kelabakan dan lari ke ruang kokpit untuk kembali mengambil alih.

Salah satu awak senior melihat drama tersebut dan diadukan ke manajemen maskapai. Keempat orang tersebut sudah ditangguhkan tugasnya dan dilakukan penyelidikan karena dianggap melanggar keamanan penerbangan.

Ini bukan kejadian pertama yang dialami Air India. Bulan Maret sebelumnya seorang pilot Air India diskors karena berkelahi dengan seorang awak pesawat lain hanya karena satu awak pesawat membiarkan penumpang masuk ke ruang kokpit. Keduanya ribut ketika pesawat berada di udara. Walau kelakuan awak lain yang sengaja mengijinkan penumpang melihat ruang kokpit pesawat dan membuat marah sang kapten pesawat. Tetapi tidak perlu sampai berkelahi, dan bisa diurus setelah di darat.

Yang lebih kacau lagi. 4 bulan sebelumnya seorang kapten pilot menolak perubahan pesawat ke rute lain. Jadwal pesawat yang akan diterbangkan awalnya melalui rute Mumbai - Jodhpur - Delhi yang berangkat jam 12 siang. Si pilot ternyata sudah memesan makanan dan akan di titipan di bandara Jodhpur (kabarnya dia memesan kue bawang yang terkenal dan dititip di bandara).

Tugasnya berubah ke jam 2 sore hari dan bukan jadwal jam 12 siang. Dan rutenya ikut berubah hanya ke Mumbai - Delhi dan tidak mampir ke Jodhpur, lalu si pilot ngambek menunggu di hotel. Penerbangan sempat tertunda 1 jam karena si pilot menolak pindah rute. Kabarnya si pilot ini doyan banget sama itu kue. Setelah dirayu dan dijanjikan kuenya akan diurus kemudian. Akhirnya si pilot berangkat, dan kuenya menyusul dari Jodhpur lalu di antar ke dia di Delhi dengan penerbangan lain. Berita diatas ramai dikabarkan via media elektronik.

Berita terkait
Dunia penerbangan sekarang sudah sangat sibuk. Bila pilot atau pramugari meminta ponsel dimatikan total. Jet komersil capai kecepatan supersonik pada 19 Februari 2019, tiba 48 menit lebih cepat akibat dorongan angin. Ventilasi udara di pesawat dapat menghindari penyakit. Maskapai menempatkan camera keamanan untuk memonitor penumpang (Agustus 2019)

Bila tertarik membeli pesawat jet komersil. Lihatlah di toko online China Taobao, masih tersisa satu dijual murah. Pesawat jet Boeing 747 milik perusahaan kargo Jade Cargo International disita oleh pengadilan Shenzhen China. Setelah perusahanaan mengajukan kebangkrutan. Jet milik Jade Cargo sekarang dimiliki perusahaan lain China SF Airlines.



Bila suatu hari anda mendapatkan pesawat dari Air Koryo, jangan berharap makan enak dengan layanan mereka. Skytrax memberikan bintang 1 saja, karena buruknya layanan udara ini. Bukan saja buruk, tapi iklan yang diberikan jauh berbeda dari harapan penumpang.

Itu kata yang menarik. Mobil ambulan di jalan tol adalah kendaraan ajaib di jalan tol Jerman. Semua pengendara menghormati mobil ini, Macet separah apapun di jalan tol, semua memberikan jalan. Melihat teladan masyarakat Jerman menghormati apa yang penting bagi manusia.

Pesawat JAL batal mendarat setelah melihat sebuah mobil ada di badan landasan pesawat. Menurut pernyataan JAL , pilot mengambil keputusan untuk batal dan menaikan pesawat kembali.

Pesawat yang membawa 280 penumpang anjlok sampai 1500 meter di wilayah Turki. Regulator udara India meminta penyelidikan dengan pesawat Boeing 777 tersebut.

Seorang dokter gigi memesan tiket untuk menghadiri konferensi di Portula. Dia memesan tiket ke Granada Spanyol sekaligus jalan jalan. Mengunakan pesawat British Airway, ternyata tiket yang dipesan malah ke Grenada di Karibia. Ada yang salah.



Kapten Mark biasa menerbangkan pesawat bomber Lancer B-1B. Tapi pada tanggal 30 Desember tahun lalu tidak sengaja dia harus menangani pesawat Boeing 737 yang membawa 151 penumpang. Pilot pesawat United Flight 1637 mendadak terkena serangan jantung.

2 rute terpanjang penerbangan ditutup. Tahun depan 2 rute terpanjang dipegang oleh Qantas dan Delta Airlines sejauh 13 ribu km. Singapore Airlines yang memengang jarak terjauh resmi ditutup

Jakarta ke Bandung bukan penerbangan paling singkat. Masih ada lagi jarak penerbangan paling pendek, ada di Skotlandia. Logan Air melayani penerbangan antara 2 pulai dari pulau Westray ke Papa Westray, tapi keduanya memiliki batas air laut.

Pesawat pengangkut barang UPS jatuh di bandara Birmingham. Pesawat dengan nomor N155UP jatuh di landasan pacu 18, dan awak pesawat mengalami cidera. Pesawat A300 dikirim ke UPS pada tahun 2004, dan baru berusia 9,8 tahun.

Boeing 777 Asiana Airlines mendarat keras dan jatuh hari Sabtu 6 Juni 2013 kemarin. Berita sempat ramai dikabarkan via Twitter. Salah satu penumpang adalah eksekutif Samsung David Eun.

Emirates Airlines mendapat penghargaan dari Skytrax Airline Award sebagai perusahaan penerbangan terbaik tahun ini. Emirates memiliki 200 pesawat dengan 18.000 awak kabin dan staf di darat.

Pernah melihat orang kaya yang memiliki banyak perusahaan. Lalu menjadi pramugari di perusahaan penerbangan. Soalnya dia kalah taruhan dari Tony Fernandes dari Air Asia. Itu cerita konyolnya dari Sir Richard Branson.



Satu tentara sedang berada di pintu belakang cargo pesawat yang terbuka. Entah kenapa parasutnya terbuka, dan boom, langsung terlempar keluar pesawat.

Perusahaan penerbangan Samoa Air menjadi maskapai penerbangan yang memberlakukan tarif sesuai berat badan penumpang. Ketika membeli tiket maka penumpang dan barang akan ditimbang. Total berat tersebut dijadikan perhitungan tarif tiket.

Seorang pria mengamuk di agen perusahaan penerbangan di China karena gagal terbang. Kabar dia adalah petinggi sebuah perusahaan pertambangan dan penasihat partai. Computer , keyboard dirusak dan mencoba menghancurkan jendela bandara. Mengapa dia mengamuk.

Pesawat mata mata seperti A 12, SR 71 dan U2 keliatannya keren. Tetap tidak bagi pilot pesawat jenis ini. Terbang jauh lebih tinggi dari pesawat komersil membutuhkan baju khusus. Rata rata pesawat mata mata perlu terbang selama 12 jam untuk tugas pengintaian.

Tahun 2011 kembali diumumkan penerbangan dengan tema yang sama, tetapi pesawatnya sudah baru dengan Airbus A330-300s. Dan di cat logo Hello Kitty. Ada 3 pesawat mengunakan motif tersebut, termasuk layanan dan check-in mirip seperti tempat bermain.




No popular articles found.