Computer tercepat di dunia Tianhe-1A


Technology | 29 October 2010

Super Computer di China, dengannama Tianhe-1A menjadi computer paling cepat di dunia saat ini. Sistem computer Tianhe-1A memiliki kekuatan 2.057 petaflops dengan ukuran benchmark Linkpack. Mengalahkan computer Cray dengan 2.3 petaflops Jaguar di Amerika. Computer Tianhe ditempat di kota Tianjin.



Computer Tianhe-1A memakai procesor buatan Nvidia Tesla M2050 GPU, dengan jumlah 7.168 ditambah 14.336 intel Xeon. Untuk menjalankan computer Tianhe-1A dibutuhkan power 4.04 megawatt.


Berita terkait
Seorang pria asal California diberi peringatan, kalau terus mengunakan internet terlalu banyak. Dari 50TB sampai 77TB perbulan. Kemana saja data dipakai. Sementara harddisk satu computer masih terbatas 4TB.

Cray XC-30 AC menawarkan supercomputer versi budget. Biasanya nama supercomputer ditangani oleh badan pendidikan atau pemerintah, dengan biaya pembangunan yang mahal dan pemakaian listrik sangat besar.



Supercomputer buatan IBM model Roadrunner akan dinonaktifkan. Supercomputer Roadrunner memegang rekor sebagai computer paling cepat 5 tahun lalu. Menjadi computer tercepat yang mampu menembus kalkulasi 1 petaflops.

Sebuah rangkaian super computer Oak Ridge National Laboratory Titan Supercomputer menjadi computer tercepat sementara ini. Tetapi itu cuma perhitungan diatas kertas. Kabarnya supercomputer Titan belum berhasil stabil bekerja di top speed.

Lockheed Martin tetap akan mengadakan pembaharuan satelit GPS tahun depan. Berbeda dengan satelit GPS yang ada saat ini, satelit GPS terbaru adalah tipe III. Memiliki tingkat akurasi lebih baik, anti jamming dan dapat diterima oleh perangkat penerima GPS publik.

Lebih hemat listrik dibanding pendingin udara biasa. Disebut IBM SuperMUC sistem pendingin dengan cairan yang lebih efisien dibanding pendingin udara.

Intel bercerita tentang pasir yang dirubah menjadi keping silikon. Dimulai dengan bahan pasir, lalu dipanaskan sampai 1800 degC sampai mencair. Kembali di dinginkan dan dipadatkan dan dipotong menjadi lembar silikon.




No popular articles found.