Cadangan bahan litihum langka ditemukan di Amerika


News | 27 April 2013

Peneliti universitas Wyoming telah menemukan cadangan lihtium baru, jumlahnya cukup mengejutkan. Bahan lithium digunakan sebagai penganti baterai Nimh dan Nicd, lebih ringan, lebih kuat dengan bobot yang sama. Amerika saat ini masih mengimpor bahan lihtium,, baik untuk kendaraan listrik, perangkat elektronik dan lainnya.

Cadangan lihtium yang ditemukan kabarnya berada di daerah Rock Spring di Wyoming. Bila benar cadangan itu ada, Amerika akan mampu memproduksi baterai lithium sendiri bahkan mengekspor.

Temuan tersebut awalnya ada di area 25 mil persegi, jumlahnya diperkirakan 228 ribu ton untuk diolah menjadi lithium. Lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri Amerika. Perkiraan lainnya, cadangan lithium disana mencapai 18 juta ton, cukup memenuhi kebutuhan dunia sampai 720 tahun.

Seandainya penemuan tersebut benar, bahan lithium bukan lagi bahan langka di dunia.

Berita terkait
Apa saja material termahal di dunia saat ini. Setidaknya ada beberapa material yang masuk daftar paling mahal. Plutonium masih kalah mahal dari berlian, tapi yang termahal Californium sebagai bahan logam buatan manusia. Rhodium naik mencapai $350 ribu perkg karena kebutuhan meningkat




No popular articles found.