Google Drive Backup and Sync for Windows


Kategori : Software | Date : 23 November 2017
Google Backup and Sync dirancang khusus untuk backup data dan sinkronisasi file
Google Drive sebagai layanan Cloud Storage, dapat dimanfaatkan untuk menyimpan file.

Baik untuk backup atau file online yang bisa diambil kapan saja. Fitur baru akan disediakan Offline Access.

Seperti layanan Amazon Cloud yang gratis, penguna layanan Amazon dapat melakukan sinkronisasi antara data di storage Amazon dan computer harddisk. Keduanya akan saling mengisi, tetapi versi Free tidak menyediakan pilihan untuk offline dan online atau tidak bisa di disable (test terakhir)

Google Drive lebih fleksibel, karena penguna bisa membuat data Offline dari file yang ada di server. Setelah data di Sync (sinkronisasi) antara storage lokal seperti harddisk dengan strorage Google. Bisa dimatikan setelah file sudah diambil semua ke harddisk computer. Dan bisa di Sync kembali bila diperlukan.

Penguna bisa melakukan Sync dari browser Chrome.
Dengan tahapan dibawah ini :
  1. Click More on the left-hand side of the screen.
  2. Select Offline Docs.
  3. Setting up offline access is a two-step process. First, click the blue button that says Get the app. If you already have the app installed, you won't need to complete this step.
  4. You'll be taken to the Chrome web store. Click Add to Chrome in the upper-right corner of the browser window.
  5. Once the app is installed, you'll be taken to a Chrome page with the Google Drive app icon. To return to Drive, click the Google Drive icon.
  6. On the right side of the dialog on the Offline Docs page, click the blue button that says Enable offline.


Google Backup and Sync

Aplikasi Backup and Sync berbasis Windows, dapat membackup file ke layanan Google Drive. Termasuk untuk foto,dan dokumen.

Fungsi aplikasi Google Drive Backup and Sync, untuk membackup file yang sudah ditentukan dalam folder. Dan dikirim ke storage Google.
Tujuan, bila terjadi masalah pada storage seperti harddisk computer atau notebook rusak atau hilang. File backup dapat diambil di Google Drive.
File backup dapat dilihat kembali di Google Drive.

Atau mereka yang ingin berbagi file yang telah di backup di Google Drive. Dapat diberikan link ke rekan lain, untuk mengambil file.



Google Drive File Stream adalah versi lain, ditujukan untuk penguna bisnis.

Untuk mendapatkan layanan Google Drive Backup and Sync. Download aplikasi via Google.com/drive/download/

Cara setting Google Drive
Setelah mendownload aplikasi, login
Akan tampil seperti gambar dibawah ini, otomatis aplikasi Google Drive Backup and Sync akan mencari file.
Pastikan tidak membackup semua folder, untuk sementara di Off.

Cara mengunakan Google Drive Backup and Sync di Windows

Simpan semua file yang ingin di backup di dalam satu Folder di Windows.
Misalnya data Doc, Excel, foto dan lainnya bila di anggap penting untuk dibuatkan backup.

Dibagian Folder data backup pilih Choose Folder dari folder di computer anda, Semua file di folder yang telah di tandai akan dibackup ke Google Drive dan dibuat dengan nama yang sama.

Cara mengunakan Google Drive Backup and Sync di Windows memilih folder


Untuk foto atau gambar.
Google memberi 2 opsi
High Quality - Foto atau gambar di backup ke Google Drive, tapi dibatasi ukuran file sampai 16MB. Untuk jumlah file tidak terbatas (Unlimited)
Original Quality - Foto atau gambar yang dibackup sama seperti file asli. Tetapi mengambil kapasitas storage yang diberikan

Setting Original Foto file dan Setting foto standar Google Drive

Google Drive Backup and Sync dapat diatur
  • Untuk kecepatan upload dapat dibatasi, bila file yang dibackup cukup banyak dan dikhawatirkan menganggu kecepatan koneksi internet.
  • Backup data dapat diset manual, Pause dan Resume.
Storage Google Drive, selain digunakan untuk Windows sebagai storage Cloud. Dapat memanfaatkan Google Drive Android, untuk membackup atau mengambil file foto mengunakan smartphone.

Setting Google Drive untuk foto High-res, atau Original foto dapat diatur dari setting photos.google.com/settings

Catatan
Pastikan anda membackup file yang diperlukan, dan membuat folder yang berisi file yang akan dibackup.
File di Google Drive dan file di Computer memiliki file yang sama. Bila terjadi perubahan file di computer, aplikasi Google Drive akan mengupdate secara otomatis dengan mengupload file.
Google Drive Backup and Sync hanya mengunakan folder di Google Drive dengan nama Computers dan My Computer. Memisahkan folder biasa dengan file backup.
Sebaiknya penguna Google Drive Backup and Sync dapat mempelajari sistem kerja aplikasi tersebut.

Info Google Blog



Informasi Google Drive and Sync

Google One memberikan layanan storage gratis. Kapasitas Google One pertama diberikan gratis untuk 15GB bagi setiap akun Google Account. Penguna mobile phone (smartphone) dapat membackup file, foto, video bahkan resolusi 4K. Layanan Google One dapat mengunakan smartphone Android

Layanan email Gmail sekarang bisa mengirim attachment file ke Google Drive. Dan menambah batas maksimum menerima attachment file di email sampai 50MB. Naik dari batas 25MB sebelumnya. Dapat mengirim 10GB file dari link Google Drive

Google Cloud Printer. Pertama mencetak dengan driver Google dan browser akan menditeksi printer yang sudah ada / terhubung ke computer. Kedua mengirim ke Cloud Printer mengunakan browser.



Penguna bisa mendrag dan drop file ke storage virtual Amazon. Aplikasi yang baru bisa mengupload secara otomatis. Aplikasi Amazon Cloud sudah tersedia di Google Play. Kapasitas 5GB Free, atau berbayar unlimited storage. Sampai 8 Januari 2016, member dapat upload file foto unlimited

Google+ Collection adalah fitur baru, member Google+ dapat membuat sebuah grup. Dan grup yang dibuat dapat tampil di daftar Google+ Collection. Update lebih mudah nge post untuk komunitas atau posting acara bagi keluarga dan teman, dengan Poll untuk pendapat dan pengumuman Acara (Event)

Microsoft memangkas layanan user dari 15GB Free menjadi 5GB. Bagaimana memindahkan data dari Onedrive ke Google Drive. Ada layanan untuk copy file dari kedua storage gratis. Mover.IO adalah layanan gratis untuk copy file antar Cloud

Dropbox adalah layanan storage gratis dan tersedia untuk PC sampai Android. Dropbox baru mengupdate tampilan aplikasi untuk Android. Seperti satu tombol Plus di layar smartphone, tampilan juga lebih mudah dan tajam.



Layanan Rapidshare sebagai perusahaan cloud server akan berakhir Maret 2015.  Rapidshare dikenal sebagai layanan storage pertama terbesar di tahun 2004, menyimpan file dan bisa di download secara gratis dan premium. Posisi Rapidshare seperti dunia abu abu. Layanan yang baik dan terpercaya

Ingin mencari judul lagu, tapi bingung judulnya apa. Bisa mengunakan Google Now. Merekam suara musik yang sedang diputar dan direkam ke Google Now.

CloudMe adalah layanan Cloud server untuk menyimpan file gratis. Diberikandari 3 untuk member baru dan 19GB gratis bila mengundang rekan lain. Server CloudMe berada di Eropa dan ditempatkan di Swedia.

Google tidak basi lagi. Sekarang siap mengeluarkan aplikasi Android untuk Chrome. Aplikasi untuk OS chrome nantinya akan dikembangkan dengan aplikasi Android yang sudah banyak tersedia. Ada 4 aplikasi Android yang jalan di Chrome OS.

Studi terbaru hilangnya data dari harddisk lebih besar dari SSD. Data dari Kroll Ontrack menyebutkan sekitar 72% kegagalan harddisk notebook atau desktop membuat data tidak bisa dikembalikan. Padahal ada sistem yang lebih aman dengan membackup ke Cloud. Bagaimana dengan SSD.

Gmail menambakan fitur insert foto di email. Teknik lama mengunakan web base, maka foto harus di copy paste atau di insert ke attachment. Sekarang tidak lagi, Gmail menambahkan icon untuk Add foto langsung dibagian bar bawah dengan tanda +



Google memberikan layanan Photo Sphere 360 derajat yang dibuat oleh anda sendiri. Bisa mengunakan Android sampai camera DSLR. Tapi GPS Tag di dalam file foto harus dimasukan agar dibaca oleh Google. Nama pembuat foto akan dimasukan di data Photo Sphere

Google memberikan storage 15GB, dibagi dari Drive (cloud storage), Gmail dan Google+ Photo. Untuk memeriksa berapa sisa storage dapat dilihat via /www.google.com/settings/storage/

Tampilan Googlemaps agak berubah hari ini. Bila gambar orang pada bagian zoom di drag ke map, akan muncul kotak kecil berisi beberapa foto dari Panoramio.

Adobe pertama memperkenalkan Creative Cloud tahun lalu. Menawarkan penguna software Adobe berbasis fee bulanan atau pertahun. User bisa memilih paket atau software yang dipakai dengan biaya murah.

Junkware Removal Tool sebuah tool untuk membuang adware, toolbar atau program yang tidak anda inginkan tetapi ada di computer. Aplikasi ini melakukan scanning dari sistem computer berbasis DOS.

Google+ menambahkan fitur baru dengan animasi GIF di gambar profile. Member Google+ dapat membuat animasi dengan ukuran 250x250pixel minimum, atau lebih besar yang nantinya di crop ketika foto dimasukan sebagai foto profile.

Google membuat layanan Keep, saingan dari Evernote. Kalau memiliki ide tapi ingin mencopy sebuah artikel, informasi atau catatan bisa mengunakan drive.google.com/keep. Tinggal di copy paste termasuk gambar dan disimpan di Google Drive.


No popular articles found.