Ingin menikmati hidup di kota besar, akan hilang satu kesempatan yaitu melihat bintang setiap malam. Mereka yang hidup dikota akan sulit melihat bintang, sebagian besar sinar bintang terganggung oleh cahaya kota dan polusi.

Seperti apa perbandingan pemandangan di waktu malam, antara kota dan daerah yang bebas polusi dan bebas cahaya

Dari kiri di tengah kota, disusul sebelah kanan antara pinggiran kota, daerah pinggiran dan daerah pegunungan yang kurang cahaya.

Perbedaan cahaya di desa dan di kota

Berapa banyak bintang dapat dilihat dengan mata kita.
Bila berada di pinggir daerah seperti pedesaaan yang terpencil, atau pinggir pantai yang jauh dari keramaian, sampai di puncak gunung. Mata kita dapat melihat bintang lebih dari 9000. Tidak perlu mengunakan teleskop, semua akan terlihat dengan mata kita.

Bintang Antares misalnya, memiliki skala 1 magnitude akan tampak lebih terang dibanding planet Uranus. Cahaya matahari mencapai -27 magnitude atau paling terang cahayanya bila dilihat di Bumi.

Perbedaan cahaya antara bintang sampai matahari

Mata manusia hanya menangkap cahaya maksimum 6,5 magnitude. Tapi dengan teleskop dan sensor digital akan terlihat bintang jauh lebih banyak.
Seperti melihat galaksi Andromedia, dibawah ini bila foto galaksi tersebut di Zoom. Maka setiap titik yang tampak mewakili sebuah bintang.

Foto bagian galaksi Andromeda terlihat penuh dengan bintang

Bila kita melihat ke arah langit dengan sudut 1 derajat saja atau setara 60 arc menit. Teleskop Hubble dengan melakukan pengamatan pada bidang 1 persegi dari 60 arc menit, itu sudah terlihat 100 juta bintang.

1 arcminute akan dilihat 100 juta bintang

Bagaimana dengan daerah yang kosong, bahkan tidak terlihat oleh astronot di ruang angkasa. Hubble menangkap benda berbeda, dengan sudut 2 arc menit persegi akan terlihat ribuan galaksi. 3.Bahkan beberapa cahaya galaksi yang terlihat mencapai jarak 2 miliar tahun cahaya atau cahaya yang tertangkap oleh teleskop Hubble dimana galaksi ditemukan hampir mendekati waktu terjadinya alam semesta.


Benda tersebut sangat redup, mencapai 10 miliar kali lebih redup dar kemampuan mata manusia melihat cahaya.

1 arcminute akan dilihat 100 juta bintang

Berapa total jumlah bintang di alam semesta.
Jawabannya. Alam semesta diperkirakan memiliki 200 miliar galaksi. Berapa total jumlah bintang di alam semesta, mungkin 1 septriliun. Atau setara 1.000.000.000.000.000.000.000.000 bintang