WeChat sukses dengan 1 miliar member apa dibelakang mereka


Kategori : Stuff | Date : 8 March 2018
2013
Pasar Chatting bagi perangkat mobile makin memanas. Awalnya Kakao Talk (100 juta kali di download) mulai merambah dan merangkul bintang lokal untuk promosi. Kakao Talk adalah layanan chatting asal Korea.

Disusul Line  (100 juta kali di download) mulai agresif menawarkan fitur chatting mereka, Line adalah layanan dari Jepang.

Satu lagi WeChat (50 juta kali di download), usernya sudah besar di China sendiri memang berasal dari sana. WeChat mulai agresif menawarkan layanan mereka dengan iklan di media televisi Singapura. Termasuk Indonesia menampilkan bintang lokal sebagai iklan WeChat.



WeChat adalah bagian sosial messenger dari Tencent, memakai wakil dari 2 artis asal Taiwan. WeChat mulai merambah ke Singapura karena pasar disana cukup kuat. Sebelumnya target WeChat adalah Taiwan, Malaysia dan Thailand. Sejauh ini WeChat sudah memiliki 300 juta user, dan 40 juta user ada di luar China.

Sejak generasi mobile tampil beberapa tahun ini. Banyak perusahaan aplikasi chatting mulai agresif menawarkan layanan. Tujuannya untuk memperoleh user terbanyak. Uniknya posisi nomor satu belum tergoyahkan yaitu Whatsapp (500 juta kali di download).

Bandingkan beberapa tahun lalu, ketika Blackberry masih menjadi bintang di era smartphone. BBM dan Yahoo Messenger menjadi raja sebagai aplikasi chatting. Sekarang tidak lagi, perusahaan baru muncul dengan layanan jauh lebih baik. Tinggal user yang memilih, akan bergabung disalah satu layanan, atau bisa saja mengunakan semua layanan di smartphone dan tablet mereka.

2018
Wechat telah memiliki 1 miliara member.
Menjadi layanan chatting kedua terbesar di dunia diluar Facebook dan Whatsapp.

Bagaimana WeChat mencapai tonggak sejarah yang mengesankan. Diawal berdiri, WeChat menghadapi pemain lokal Fetion dari china Mobile dan Miliao aplikasi yang dibuat Xiaomi.



Industri layanan pesan, video call, dan telepon internet harus memenangkan semuanya. WeChat keluar dari China dan membuat versi bahasa Inggris.

Dibelakang WeChat ada sebuah perusahaan raksasa China Tencent. Perusahaan induk mengerti bagaimana pentingnya kekuatan komunikasi.
Penguna WeChat menghabiskan 1/3 dari seluruh waktu mereka di smartphone. Kebutuhan penguna melahirkan fitur baru dari teknologi dasar sebagai alat komunikasi.

Fitur baru WeChat hadir pada waktu yang tepat. Memenuhi kebutuhan lokal yang sempurna, dan mendorong nama WeChat ke tingkat lebih tinggi menjadi raksasa. WeChat merilis aplikasi tambahan seperti Shake-shake, Friends Nearby, Walkie-Talkie, QR Codes, Official Accounts, Mini-Programs, dan tentu saja bagian penting WeChat Pay.

WeChat tidak hanya memikirkan komunikasi. Tapi layanan, dari eCommerce, sampai layanan keuangan. Dari bisnis sampai rumah sakit dan pemerintah mengunakan WeChat.

Tren yang tepat ketika masyarahat China membutuhkan akses yang cepat dengan lahirnya jaringan internet. SIstem pembayaran mobile sampai layanan online ke offline tersedia.

Sampai WeChat menjadi penghubung universal besar di China sendiri.


Pasar smartphone Vietnam memberikan kesempatan bagi aplikasi chat di negeri sendiri. Zalo aplikasi chat akan mendapat 2 juta user. Mengalahkan Kakao Talk dan Line memiliki 1 juta user. di Vietnam

Layanan messenger Tango update dengan grup chat. Tango dapat berjalan di OS Android , iPhone tablet sampai PC dan notebook. Seperti layanan chat lain, Tango diberikan gratis.

CocaCola China membuat aplikasi Chok dan di download untuk smartphone. Penguna harus meng-Chok smartphone ketika iklan ditayangkan. Ide kreatif dalam penayangan iklan dengan banyaknya penguna smartphone.



Tidak berguna berlatih untuk kesan pertama, bila Google bisa membantu

Berani memberikan tayangan iklan dengan dimensi berbeda.


No popular articles found.