Hawking, manusia memiliki waktu 1000 tahun untuk kabur dari bumi


Kategori : Science | Date : 13 April 2013
Fisikawan Inggris Stephen Hawking memperingatkan kepada kita, manusia tidak akan bertahan di bumi. Nasihatnya, kita harus pergi ke luar angkasa, dan kita tidak akan bertahan di planet yang rapuh ini kecuali melarikan diri ke planet lain.

Tidak dijelaskan kutipan dari profesor Stephen Hawking, tetapi bisa dilihat dari kondisi bumi saat ini. Manusia tidak banyak melakukan perubahan dan semakin banyak bencana.

Banyak negara maju mencoba melakukan penelitian untuk mencari planet lain yang layak sebagai tempat tinggal dimasa mendatang. Tetapi terganjal oleh anggaran dan pemotongan. Seperti proyek NASA yang berupaya mengumpulkan planet seukuran bumi, tahun ini hanya mendapat anggaran 300 juta dollar saja.

Cerita dari NASA mengatakan penemuan Curiostiy Rover atau robot tanpa awak tersebut menyimpulkan planet Mars sebenarnya mengalami pendinginan secara bertahap. Setelah bagian atmosfer terbesar menghilang.

Rusia baru menandatangani kesepakatan dengan badan antariksa Eropa dalam proyek ExoMars. Mencari kemungkinan manusia bisa hidup disana dan mengirim manusia ke Mars. Rencananya baru dilakukan dalam 10 tahun mendatang.

Begitulah tentang dunia ilmuan yang berusaha mencari planet lain untuk tinggal. Walau pendapat Hawking belum tentu benar, tetapi menyiapkan kehidupan bagi manusia dari sekarang tentu tidak ada salahnya.

Ada 7 planet yang ditemukan tetapi hanya 3 yang layak diamati lebih lanjut. Nasa sedang mengamati 3 planet dengan ukuran yang layak dan terakhir 2 berada di tata surya Kepler 62. Kepler-62F memiliki ukuran 40% menjadi kandidat planet seperti Bumi. Dengan perhitungan sudut kemiringan planet yang mirip seperti Bumi.

Teleskop raksasa Thirty Meter resmi dimulai 7 Oktober 2014. Pembangunan teleskop ini akan menghabiskan dana 1,4 milliar dollar. Berada diatas gunung Mauna Kea. Bila selesai dibangun, nantinya ada 3 teleskop raksasa di dunia. termasuk TMT.



Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble.

2 camera di stasiun ISS sedang dipasang sejak 27 Januari. Camera pertama untuk publik dengan resolusi lebih rendah, dapat memperlihatkan keadaan bumi dari stasiun ruang angkasa. Seperti apa gambar realtime video ke arah Bumi tersebut

Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.

Perubahan bumi dari tahun ke tahun dapat dilihat melalui Google.org. Perubahan permukaan bumi diambil oleh satelit Landsat dan di olah kembali oleh Google.

Orbit planet Saturnus akan sangat dekat dengan tingkat cahaya +0.1 Magnitude pada 25 April kemarin dan semakin terang pada 28 April 2013. Posisinya bisa terlihat dekat bulan



Nasa mengeluarkan gambaran seperti apa menangkap asteroid, dan menempatkan kembali di jalur orbit yang stabil antara bumi dan bulan. Sebuah kantong akan diterbangkan untuk menangkap meteor dengan lebar 7-10 meter.

Dari Cary dan Michael memberikan gambaran alam semesta. Memudahkan kita belajar mengetahui sebesar apa nebula, dan alam semesta ini. Sejauh manusia bisa memandang dan memperkirakan

Ketika planet Jupiter dihantam Shoemaker Levy, sempat menjadi tontonan dari kosmik langka bagi manusia. Tahun depan para astronom memperkirakan planet Mars akan ditabrak komet C/2013 A1. Walau belum dipastikan secara tepat

Jaraknya 13,3 milyar tahun cahaya dari Bumi. Hanya terlihat titik merah di teleskop Hubble.

Kapan Bumi kiamat, sebagai kata akhir habisnya peradaban di planet Bumi. Manusia hanya sebagian kecil dari sejarah alam semesta. Terbentuknya tata surya akan berumur 14 milyar tahun. Mungkin manusia suatu hari harus tinggal di planet habitat baru seperti Eris, sedangkan Pluto menjadi planet Venus baru.

NASA mengumumkan temuan 2 planet  planet, ukurannya mirip seperti Bumi dan lebih kecil dari penemuan sebelumnya  Kepler 22b. Kedua planet  tersebut diperkirakan memiliki ukuran seperti Bumi, 20e lebih kecil dan 20f lebih besar dari Bumi.



No popular articles found.