China siap luncurkan satelit foto high res, rencananya sampai 6 unit


Kategori : Science | Date : 6 April 2013


China akan meluncurkan satelit dengan camera high res pertama untuk observasi bumi. Satelit dengan nama High Score 1 kabarnya sudah siap diluncurkan dan terpasang di roket.

Sistem satelit foto tersebut bertujuan untuk mengambil data pertanian, tanah dan lingkungan di China. Khususnya untuk memperkirakan adanya bencana alam dengan melihat perubahan struktur tanah atau cuaca. China berencana meluncurkan 5-6 satelit yang sama sampai akhir tahun 2015 mendatang.

Satelit tersebut kabarnya membuat khawatir pihak Amerika karena meningkatnya kegiatan diruang angkasa oleh China. Dan adanya kekhawatiran bila satelit tersebut dijadikan satelit mata mata untuk melirik negara lain

Mengirim barang dan astronot ke pesawat ISS setidaknya membutuhkan waktu 2 hari. Dari peluncuran, mulai mendekat, merapat dan docking. Kali ini lebih cepat. Pesawat Soyuz Progress 70 hanya membutuhkan waktu 4 jam, mengalahkan rekor Soyuz 34 di tahun 2013.

America sebelumnya melarang teknologi pencitraan satelit foto high res. Yang mampu mengabadikan sampai 50cm. Sekarang kita bisa menikmati foto satelit dari Google dan Bing berkualitas tinggi, setelah aturan foto resolusi tinggi dari satelit dicabut. Masih ada lagi yang lebih tajam.

Rocket Atlas V berhasil diluncurkan di Cape Vanaveral Air Force.  Membawa GPS 2F-4 ke orbit dan menjadi bagian dari satelit GPS yang sudah ada. GPS akan ditempatkan di ketinggian 16 ribu km diatas bumi



Nasional Geographic memiliki camera paling cepat di dunia. Sementara camera high end ada yang mampu mencapai 2000 frame perdetik. Camera yang satu ini mampu menangkap gambar dengan kecepatan super cepat, sampai 1 juta frame perdetik.

Gambar diambil oleh satelit observasi tanpa awak Voyager 1. Bumi hanya sebesar 1 titik saja.


No popular articles found.