Update Oktober 2013
Baik Xbox One dan PS4 akan mengunakan procesor grafik buatan AMD. Dengan munculnya AMD grafik seri X7 dan X9, VGA baru AMD akan mengunakan teknologi GCN.
Teknologi GCN untuk memudahkan pembuat game mengembangkan aplikasi mereka dan kompatibel dengan grafik PC dan Console. Pada perangkat Console game memang lebih praktis, tapi grafiknya akan terbatas dan tidak dapat diganti.
Sedangkan di PC, aplikasi game dapat dibuat sangat detail bila kemampuan VGA memadai. Mengapa kemampuan gambar di PC sangat baik. Karena VGA di PC dapat di upgrade. Dibandingkan PS4 mengunakan internal VGA dan CPU yang dirancang Custom oleh AMD dalam satu chip tapi terbatas kemampuannya.

Info lebih lanjut dari

+ Nvidia lebih bagus game di PC dibanding game console

+ AMD chip untuk Console game baik untuk game PC

Unreal menampilkan engine game baru dengan Unreal Engine 4. menampilkan perbedaan teknologi pada computer dan console PS4. Gambar yang lebih tajam, sudah pasti di PS4 karena lebih baru.

Unreal Engine 4 masih dikembangkan untuk game. Mana yang lebih bagus, tentu gamer yang bisa memberikan pendapat. Pastinya hardware PC sekarang lebih kuat dibanding PS4. Untuk game Console memiliki resolusi lebar maksimum dengan 1080pixel. Bisa dibandingkan dengan computer, resolusi game hanya mengikuti hardware dan lebar monitor. Lebih kuat VGA lebih halus gambar yang dapat ditampilkan.





Dari PC World memberi beberapa alasan mengapa PC lebih bagis dari Playstation
Harga. Computer gaming memang mahal, sedangkan game console antara $300-400 sudah mendapat satu unit. Tapi PC tidak membebankan gamer. Harga dapat dimulai dari $500 dan yang cukup bagus $800.
Harga computer terus turun, untuk VGA gaming seperti generasi AMD Polaris dapat dibeli untuk upgrade $200.
Kemampuan PC gaming vs Console game. Bila computer mengunakan VGA terbaru seharga $200, grafik lebih baik dibanding PS4 Pro.
Untuk mendapatkan kualitas grafik setara PS4 dan Xbox One, cukup menganti VGA dengan $110 seperti GeForce GTX 950 atau Radeon RX460.

Gaming ekslusif, sudah berakhir. Banyak game sekarang sudah dibuat untuk PC. Karena Microsoft dan Sony terlihat mengambil jalan netral dengan memasukan game di PC

Update September 2016
Game PES 2016 tampil di PS4 dan Xbox One. Sekarang tampil di console dengan gambar lebih baik. Model lebih baik tampil di console dibanding PC seperti gambar pemain di game memiliki keringat.
Perusahaan Konami di belakang PSE 2016, mengunakan engine Fox yang sama seperti di game Metal Gear Solid 5. Sedangkan di PC game malah terlihat kurang tampil.
Disini perubahan teknologi game console, dengan pengunaan teknologi engine render berbeda maka game console sementara lebih baik dibanding tampilan game di PC.

Perbedaan gambar PC PS4 dan Xbox One 2016

Detil gambar diatas dapat dilihat di Google Photo

Update penjualan hardware PC vs game console 2016
Berdasarkan data JPR. Pasar game console mencapai $90.4 miliar, tapi di industri harware PC mencapai 200 miliar dollar tahun 2016
Produk game console hanya dibesarkan oleh Sony dan Microsoft dengan konsol game terbaru seperti Xbox One S dan PS4 Pro. Tapi tidak mampu mencapai pasar PC yang lebih besar. Banyak game console juga diberikan ke game PC.

EA pengembang game mengatakan lebih memilih membuat game PC untuk computer high end. Lalu dilanjutkan untuk hardware console yang sekarang ini sudah memadai. Artinya EA akan membuat game untuk PC terlebih dahulu., baru diberikan untuk konsol game yang hardware lebih rendah.

Update Xbox One X Juni 2017
Microsoft menyiapkan console game Scorpio dengan tampilan UHD. Akan dijual $500 perunit, informasi ini diumumkan pada pameran game E3 2017.
Xbox One X untuk bersaing dengan Playstation 4 Pro.
Tim Microsoft menyebut Xbox One X mampu menampilkan gambar UHD / 4K dan teknologi dinamis rentang warna pada permainan console.
Memiliki kapasitas RAM 12GB, untuk membantu loading data game, output HDMI 2.0 dan Adaptive Sync

Sony menyiapkan PlayStation 4 Pro dengan disk UHD Bluray sebagai storage, dan di dalamnya dipasangkan harddisk dengan kapasitas beberapa Terabyte