Defrag Android memory hati hati cuma scam


Kategori : Security | Date : 3 April 2013
Apakah bisa defrag memory storage smartphone atau tidak berguna
Kadang kita kesal mengunakan perangkat Android, setelah banyak aplikasi sudah di install lalu menjadi lambat.

Khususnya perangkat Android dengan memory RAM lebih kecil. Kelambatan bukan disebabkan storage di flash internal atau memory internal.

Salah satunya akibat potongan file kecil yang disebut Cache dan RAM terpakai dan tertinggal oleh aplikasi.

Cache yang tidak diperlukan bisa menumpuk tersimpan tetapi bisa dihapus.
Tinggal masuk ke Setting -> Applications -> Memory Usage.
Atau cari aplikasi Task Manager - menu RAM -> pilih Clean Memory
Jangan mematikan aplikasi bekerja di background.

Setelah tampil aplikasi, dan di clik salah satu aplikasi yang diperkirakan terlalu banyak mengunakan memory. Dan Clear data bila tidak diperlukan.
Atau mematikan aplikasi tidak terpakai dapat mengurangi pemakaian baterai dan sedikit mempercepat smartphone

Hati hati tidak menghapus personal data ketika membersihkan Cache, karena berhubungan dengan data aplikasi yang ada.
Semakin banyak aplikasi di smartphone, maka memory RAM yang terpakai semakin besar dan membuat lambat smartphone. Bila smartphone dengan procesor dual core atau akan lebih baik menangani aplikasi dibanding smartphone dengan single core

Kelambatan terjadi karena RAM yang kecil, membuat aplikasi penuh sesak dan memperlambat kinerja smartphone. Jadi pilih aplikasi yang perlu saja, jangan di install aplikasi yang tidak perlu seperti menginstall aplikasi chatting yang nyaris tidak pernah di pakai. Aplikasi Chatting akan selalu aktif walau tidak digunakan. Fungsinya untuk memonitor data masuk keluar dari server. Plus akan memakan kuota internet.

Apakah perlu mendefrag storage untuk mempecepat smartphone / tablet Android.

Sekarang banyak aplikasi Deframent Android atau aplikasi untuk Defrag Android. Kebanyakan aplikasi tersebut sebenarnya tidak berguna, bahkan menjanjikan hal yang tidak mungkin. Kebanyakan aplikasi yang ditawarkan tidak memiliki fungsi apapun, bahkan meminta bayaran sebagai versi Pro.



Seperti buatan Enlightened Software menyebutkan kemampuan seperti dibawah ini

Increase your Android Mobile & Tablets Performance Speeds, Battery and Memory Today with the NEW Android Defrag PRO version direct from Android Google Play Store!
-Designed for Top Andriod Mobile & Tablet Performance!
Enhanced Android Defrag PRO doesn't just provide simple defragmentation, It also streamlines your file system, enabling your Android to run at top speed with the highest stability possible.
-One Touch Smart Defrag!
Enhanced Android Defrag PRO works effortlessly, continually and constantly keeping your Android Mobile & Table lag and fragment-free.


Bahkan ada beberapa aplikasi Defrag RAM dan Storage mengunakan sistem schedule pada waktu tertentu. Seperti mematikan aplikasi yang tidak aktif. Tentu saja aplikasi tersebut tidak berguna bila kita salah melakukan setting.

Misalnya satu aplikasi Chatting otomatis di nonaktifkan dalam durasi 2 jam. Ketika aplikasi di keluarkan, sistem aplikasi chatting akan me-Load kembali secara otomatis secara background, karena dianggap aplikasi yang telah terjadi Crash. Bila diset dalam 30 menit, artinya aplikasi tersebut akan kembali aktif setiap 30 menit.

Hasilnya malah membuat pekerjaan di procesor smartphone, untuk mengeluarkan, tapi meload lagi. Karena 1 aplikasi salah menghentikan aplikasi lain, tapi aplikasi lain yang menganggap sistem Crash kembali me-Load sesuai prosedurnya sendiri.

Internal memory harus di defrag ?
Android tidak dapat memanfaatkan Defrag. Kecuali anda merfresh smartphone anda ke setting default factory. Dan data akan dihapus seluruhnya. Jadi program ini hanya bohong saja, serta memenuhi storage anda dan cerita ala "kadal" di halaman ketika kita hendak mendownload..
Smartphone dan tablet tidak mengunakan harddisk tapi memory storage / chip memory. Harddisk memang perlu dilakukan defrag, agar potongan file yang terpecah disatukan kembali. Fungsi defrag di harddisk, untuk mempercepat load data, dan file yang diambil disatukan dalam satu tempat. Dengan demikian lengan harddisk dalam bentuk mekanik tidak terlalu bergerak kemana-mana yang berdampak melambatnya load program atau file.

Memory card berbeda, tidak ada bentuk mekanik. Semua dalam sistem elektronik. Hanya jalur kabel, sirkuit dan jalur di dalam chip dengan alogaritma lokasi memory
Jadi data tidak perlu di defrag, dan alokasi memory sudah tercatat di Host memory card dan seluruhnya mengunakan sistem digital.
Disini perbedaan dengan harddisk, harddisk masih berbentuk piring dan data harus dibaca tulis mengunakan lengan mekanik

Seperti computer menawarkan SSD sebagai storage dari chip memory dan tidak perlu melakukan defrag. Bahkan produsen dilarang mengunakan defrag. Karena memory berbeda dengan storage harddisk. Storage smartphone mengunakan microchip dan tidak berpengaruh dengan kelambatan membaca data.

Memory card, SD card, SSD tidak perlu di defrag atau storage dalam bentuk chip. Semakin sering di lakukan defrag, semakin memperpendek usia chip tersebut

Perbedaan harddisk platter vs memory storage (NAND Flash)
  • Chip memory mengunakan alamat di setiap tempat data disimpan, jadi bisa diambil kapan saja melalui host controller chip. Alamat data ditempatkan pada masing masing chip. Kapan waktu data tinggal diambil tanpa melakukan putaran seperti harddisk.
  • Sedangkan harddisk melakukan penyimpanan seperti piring yang melingkar, semakin ke belakang posisi data akan semakin lambat. Semakin terpecah data akan memperlambat lengan mekanik harddisk untuk pengambilan data.

Cerita diatas kadang dimanfaatkan oleh pembuat aplikasi. Membuat storage memory atau microSD perlu Defrag. Katanya seperti computer harus di defrag agar kinerja smartphone Android lebih cepat. Ini hanya scam atau aplikasi bohong saja, karena tidak ada manfaatnya.


Contoh aplikasi palsu untuk defrag memory seperti dibawah ini.

Aplikasi seperti dibawah ini sudah muncul sejak tahun lalu. Kabarnya banyak aplikasi seperti ini muncul diluar situs Google Play. Bahkan memberikan rating palsu dengan 5 bintang.



Aplikasi diatas tidak berguna untuk smartphone dan tablet Android anda. Memory storage tidak perlu dilakukan defrag, masalah pada RAM di smartphone dan tablet. Bila sudah terlalu penuh dengan aplikasi akan melambat. Bila membeli smartphone high end dengan RAM 1-2GB, penyakit kelambatan tidak terlihat. Kelambatan terjadi pada smartphone kelas menengah kebawah, yang menyediakan memory terbatas 512MB atau 1GB RAM

Mengapa smartphone dengan RAM lebih kecil lambat. Karena aplikasi harus bergantian mengisi data mereka ke RAM yang terbatas. Walau di defrag, tetap saja RAM smartphone akan penuh bila terlalu banyak aplikasi aktif. Semakin penuh RAM smartphone atau tablet, semakin baik. Alasannya, procesor di smartphone Android tidak perlu bekerja untuk mengambil data dari storage dan di pindah ke RAM. Dan terlalu banyak aplikasi akan memberatkan kinerja smartphone.



Bila smartphone terlihat lambat, lihat saja aplikasi apa yang sudah di install. Dan berapa banyak yang terus bekerja secara background. Terlalu banyak aplikasi bekerja dibelakang, akan lebih cepat menguras power baterai.

Cara paling bijaksana
  • Gunakan aplikasi yang anda perlukan. Karena sistem Android memanfaatkan internal storage atau memory udata (bukan external storage seperti microSD).
  • Sisakan internal storage setidaknya 10% dari kapasitas. Misalnya storage 16GB di smartphone, usahakan tidak mengisi seluruhnya sampai penuh, dan sisakan setidaknya 2GB untuk alokasi cache aplikasi dan lainnya.
  • Pindahkan sebagian aplikasi yang jarang anda gunakan ke external storage / microSD. Bila space di internal memory anda sudah terlalu penuh dapat dipindah dengani aplikasi All in One Tool Box.
Bila tertarik menginstall aplikasi yang baik untuk smartphone, bisa mengunakan beberapa aplikasi utiliti pada link dibawah ini.

www.obengplus.com/artikel/articles/205/1/All-in-One-ToolBox-Android
www.obengplus.com/artikel/articles/250/1/Link2SD-memindahkan-aplikasi-ke-microSD-storage
www.obengplus.com/artikel/articles/131/1/Smartphone-Android-boros-baterai-atau-smartphone-lambat-mungkin-salah-di-aplikasi
www.obengplus.com/artikel/articles/71/1/Startup-Manager
Barcode di tiket penerbangan, dapat di baca oleh peretas. Dengan teknik sangat mudah, tiket berisi barcode dapat diambil datanya. Untuk apa data tersebut dikumpulkan.

Banyak aplikasi yang berfungsi mematikan aplikasi dan membersihkan RAM Android. Apakah itu perlu atau memperburuk kinerja smartphone Android. Melihat fungsinya terlihat berguna, prakteknya tidak bahkan akan menganggu.

Antivirus Lookout khusus untuk perangkat mobile mengabarkan hari Jumat lalu, mereka menemukan malware BadNews di Android. Ada 32 aplikasi di daftar Google Play dan dibuat oleh 4 pengembang berbeda.



Informasi dari China DCCI menyebut 35% aplikasi Android diam diam mencuri data. DCCI melakukan penelitian dari 1.400 aplikasi yang ramai dipakai penguna Android. Sekitar 66.9% aplikasi melacak data pribadi, 34,5% melakukan tracking data.

Ada yang sengaja memasukan iklan, padahal di situs Google Play terlihat bersih


No popular articles found.