Supercomputer Roadrunner boros dan tidak efisien. Computer pertama 1 petaflops pensiun


Kategori : Technology | Date : 1 April 2013
Supercomputer buatan IBM model Roadrunner akan dinonaktifkan. Supercomputer Roadrunner memegang rekor sebagai computer paling cepat 5 tahun lalu. Menjadi computer tercepat yang mampu menembus kalkulasi 1 petaflops.

Walau supercomputer Roadrunner masih terdaftar sebagai computer tercepat, tetapi kinerjanya tidak efisien. Karena mengkonsumsi 5x lebih besar dibanding supercomputer lainnya, dibandingkan performa yang dimiliki,

os Alamos National Laboratory sebagai lembaga yang menangani Roadrunner menyatakan sebuah supercomputer di masa mendatang harus efisien dalam pemakaian daya listrik. Sehingga biaya operasinya lebih murah.

Bandingkan dengan supercomputer Titan yang dibangun tahun lalu. Mampu menghasilkan kinerja 17,59 petaflops. Walau boros, kemampuan kalkukasi Titan jauh lebih baik dibanding Roadrunner. + Info



Nvidia DGX-2 sebuah supercomputer dengan bentuk kecil. Supercomputer Nvidia DGX-2 hanya memiliki berat 160kg saja. Terbaru dengan 16 unit GV100 GPU untuk model Nvidia HGX-2 dikemas dalam rack mount NVSwitch

Computer termahal yang pernah dijual dalam sejarah. Dari computer untuk menghitung pendaratan Apollo, computer untuk kalkulator, sampai computer desktop performa pertama untuk konsumen dirumah. Tidak ada LCD, tidak ada Gigabyte Storage, walau masih ada teknologi terbaru dengan Harddisk kapasitas MB saja.

Satu gedung misterius di Inggris dimiliki sebuah JISC dimana membantu menghubungkan institusi pendidikan. Spencer menunjukan di dalam data center, umumnya hanya petugas saja yang boleh masuk. Ruang computer atau pusat data center disana hanya menangani computer untuk perguruan tinggi dari data biasa sampai penelitian medis



Generasi baru procesor Intel seri Knights Landing adalah jenis procesor Xeon Phi untuk supercomputing chip. Procesor tersebut memiliki kemampuan 3TeraFlops dan menjadi procesor paling cepat nantinya.

Supercomputer dengan GPU lebih efisien melakukan perhitungan dibanding CPU

Lebih hemat listrik dibanding pendingin udara biasa. Disebut IBM SuperMUC sistem pendingin dengan cairan yang lebih efisien dibanding pendingin udara.

Super Computer di China, dengannama Tianhe-1A menjadi computer paling cepat di dunia saat ini. Mengalahkan Cray 2.3 TF Jaguar.


No popular articles found.