Kabel optik bawah laut SEA-ME-WE 4 putus, internet di beberapa negara lambat


Kategori : News | Date : 31 March 2013
Kabel SEA-ME-WE 4 menghubungkan jalur internet dari Perancis sampai Malaysia terputus. Negara yang terkena dampak sepeti India, Pakistan dan Mesir. Dari 3 negara tersebut akan mengalami kelambatan koneksi internet untuk membuka situs di Eropa dan Amerika.

Dampak lambatnya internet terjadi di bebeapa negara di Asia dan Afrika. Kabel terputus terletak di negara Mesir atau dekat dengan Alexandria.

Dari provider di India, Bharti Airtel mengatakan kabel yang putus tidak mempengaruhi jaringan voice. Dan merubah routing dar itrafik ke Pasifik.  Sedangkan jaringan BSNL EVDO dan jalur Fix Line broadband terganggu. Jaringan Reliance mengatakan jalur lain seperti FEA, FALCON dan HAWK tidak mengalami gangguan.

Sejak internet digunakan, awal dari koneksi internet ke seluruh dunia masih mengunakan teknologi satelit. Pertumbuhan internet semakin cepat dengan teknologi kabel serat optik untuk menghubungkan antar benua. Kabel bawah laut tercepat, Marea milik Microsoff, Facebook dan Telxius, dengan 8 kabel fiber optik

Dimana penguna internet terbesar. Untuk Indonesia ada di pulau Jawa dan Bali. Asia, di dominasi China, Indian, Malaysia, Thailand, Filipina, Jepang, Korea dan Taiwan.



TeleGeography, sebuah peneliti dan perusahaan konsulting telekom memberikan gambar sebanyak apa kabel serat optik sekarang. Sampai tahun 2013 sudah ada 244 jalur kabel bawah laut, dan 232 sudah bekerja, 12 jalur dalam perencanaan, dan satu lagi jaringan

Kecepatan terbaru dapat ditarik sepanjang 6000km, dengan tranfer 100Gbps. Dalamnya kecil seperti batang lidi, tetapi bungkusnya sangat besar

The Group atau Time Malaysia mulai masuk rancangan konstruksi dan peraawatan jalur kabel bawah laut Asia Pacific Gateway (APG). Kabel APG akan menghubungkan jalur kabel optik dari malaysia ke Korea dan Jepang.



No popular articles found.