Baterai non-original-meledak, di Google Nexus S


Stuff | 30 March 2013

Kirsten Zastrow memiliki smartphone Nexus S, mendadak baterainya meledak ketika tidur. Diawali bunyi crack keras lalu muncul bau terbakar. Dan mulai tercium bau menyengat. Setelah dia duduk dan sempat melihat api muncul dikamarnya, untuk dia berhasil bangun dan memadamkan. Mengapa bisa terjadi.

Ketika dia melihat ada yang aneh, sumber api berasal dari ponselnya. Kirsten membeli Nexus S 2 tahun lalu, lalu menganti dengan baterai merek lain. Baterai kedua tersebut dibuat oleh Anker yang di dirikan tahun 2009. Anker membuat baterai pengantian (replacement baterai) dengan harga murah, memproduksi baterai notebook atau smartphone. Sejauh ini kerusakan baterai Anker baru terdengar sampai meledak.

Pendirinya perusahaan Angker bukan orang baru. Umumnya mantan karyawan atau pemimpin Silicon Valley yang keluar lalu membuat perusahaan seperti Anker. Masalahnya banyak ide produk yang mereka buat tidak dibuat langsung oleh perusahaannya sendiri, dan diserahkan ke pabrik lain di Asia dan pengawasan yang sulit untuk kualitas baterai. Kejadian baterai lithium meledak sangat langka, tetapi akhir akhir ini mulai terdengar. Kasus Dell di tahun 2006 ketika notebook terbakar, sampai baterai Sony akan mengingatkan penguna gadget sampai sekarang.

Kirstin memposting foto ponselnya yang meledak, dan mendapatkan 600 komentar. Banyak yang membela perusahaan Anker, bahkan beberapa mengatakan baterai Anker lebih kuat dari baterai asli. Satu komentar mengatakan baterai ponselnya mulai membengkak meskipun belum meledak. Dari data yang ada, hanya 2 kejadian lain dari baterai Anker yang meledak di tahun 2011 dan di publikasikan di sebuah forum pada tahun 2008. Tetapi tidak sebesar ledakan milik Kirsten. Sejak kejadian notebook Dell ditahun 2006, baterai perangkat gadget mulai redah dan sangat minim baterai lithium meledak lagi.



Untuk menjaga agar baterai lithium tetap aman. Jangan membuat short baterai, dan jaga agar tidak terkena logam atau sesuatu yang bersifat kondutor. Jarak antara kutub plus dan minus di baterai lithium sangat dekat. Dan pemisahnya dibuat tipis untuk memperkecil ukuran baterai. Bila terjadi korsleting maka baterai akan sangat cepat panas.

Walau baterai lithium memiliki pencegahan agar tidak terjadi overcharge. Sebaiknya tidak terus di isi sampai 100%. Bila anda memiliki smartphone, ketika baterai penuh di charge maka smartphone akan memberikan pesan Unplug Charger. Ikuti saran tersebut. Bila baterai lithium sudah mulai kembung, sebaiknya menganti dengan baterai baru.

Berita terkait
Satu lagi pria asal China berumur 30 tahun terkena sengatan listrik di iPhone 4. Seorang remaja 14 tahun tersengat listrik dari charger iPhone 6. Brasil tersengat listrik charger sambil mengunakan smartphone. Tahun 2018 tercatat 4 orang terkena sengatan listrik dari perangkat gadget. Mengapa charger menjadi berbahaya, dapat dilihat beberapa kejadian

Baterai smartphone terbakar merupakan kejadian langka. Tidak setiap hari terjadi sebuah baterai smartphone meledak atau terbakar. Tapi frekuensi yang dilaporkan ... mungkin kita bertanya tanya, apakah aman. Jawabnya masih aman, asalkan tahu apa yang kita lakukan terhadap smartphone.



Baterai smartphone Samsung Galaxy S3 meledak dan terekam oleh camera CCTV. Rekaman video ada di bank KRung Thai di Thailan. Umumnya tidak ada bukti bagaimana sebuah baterai smartphone meledak, kali ini asli terekam dari awal.

Smartphone OnePlus One meledak, dan pihak OnePlus sudah meminta maaf kepada pemilik smartphone atas kegagalan baterai mereka. Baterai smartphone tersebut meletup ketika pemiliknya sedang naik kereta bawah tanah

Smartphone Samsung Galaxy S4 milik seorang remaja di Texas meledak dibawah bantal tidurnya.Dia menempatkan smartphone dibawah bantal  tdiur, untuknya dia mencium bau menyengat dan sempat mengamankan smartphone sebelum terjadi kerusakan lebih luas.

Seorang anak berumur 7 tahun luka cukup parah ketika smartphone Galaxy S2 meledak. Ariana Aitzhan sedang bermain di kebun, orang tuanya mendengar terikan si kecil. Mengetahui ada yang salah, mereka menemukan putrinya sedang di lantai.

Mungkin adalah masalah di camera Blackmagic yang harganya tidak murah. Mendadak keluar asap dari camera. Camera Blackmagic 2.5K Cinema digunakan oleh produsen Forest Gibson terbakar. Jangan jangan baterainya juga.



Seorang pelajar di Kennebunk Main dirawat karena luka bakar tingkat 2 minggu lalu. Karena iPhone 5C mendadak menyala alis blep kebakar di saku celananya. Dia dibawa kerumah sakit dan iPhone 5C terlihat sudah hangus tidak bisa digunakan lagi.

Satu user Samsung S4 kesal dengan Samsung. Kalau iPhone bermasalah, smartphone ditarik dan diganti baru. Tapi Samsung lupa bagaimana internet bekerja. Si pembuat video memiliki tanggung jawab sosial.

Ini terjadi di Taiwan, baterai smartphone terbakar dari HTC One X. Terlihat kotak case plastik meleleh akibat panas baterai ketika baterai smartphone diisi dengan charger.

Baterai Samsung S4 kabarnya telah terbakar dan membakar rumah. Ini kabar baru dan disebutkan perangkat tersebut masih asli. Tidak mengunakan charger dan baterai KW.

Baterai Samsung Galaxy S3 meledak lagi. Fanny Schaltter warga Swiss berusia 18 tahun. Dia mendengar suara letupan dan mencium bau aneh. Katanya baterai Samsung Galaxy S3 itu meledak dan terbakar di celananya.

Smartphone Galaxy S3 meletup, pastinya baterai yang bermasalah. Galaxy S3 sedang di charger tengah malam, pemiliknya mendengar suara letupan keras. Dan melihat smartphone sudah tergeletak berantakan dan tercium bau hangus.

Baterai lithium mampu menampung energi lebih besar dibanding baterai NiMH. Sebagai perbandingan 100Wh/kg NiMH setara 150-250Wh/kg baterai lithium. Baterai lithium kecil, mampu menampung energi lebih besar dan ringan. Bahkan memiliki umur lebih lama dari NiMH.



Baterai Lithium menjadi berbahaya bila mengalami overcharger. Singkatnya atom Lihtium bisa mengkristal menjadi dentrit lalu melepaskan energi sekaligus dan reaksinya seperti melepas panas dan memperkuat reaksi lainnya. Fenomena ini disebut Thermal Runaway di dalam baterai.

Smartphone Xiaomi palsu meledak di kantong. Sempat diselidiki oleh staf Xiaomi  dan diketahui model tersebut palsu. Menurut Xiaomi , smartphone tersebut bukan produksi mereka atau model imitasi.

Hati hati dengan perangkat gadget, khususnya dengan baterai ampere besar. Sabtu lalu seorang pria berusia 55 tahun mendapatkanluka bakar tingkat 2 di paha kanannya, setelah baterai cadangan smartphonenya yang disimpan di saku celana mendadak beletup.

Dari Discovery Channel. Baterai Lithium memiliki keunggulan dengan bobot ringan tetapi power besar. Bagaimana bateerai Lithium untuk kendaraan dibuat.

Teknik ini berlaku untuk baterai Li-ion dan Ni-MH




No popular articles found.