Planet Mars mungkin ditabrak komet C/2013 A1


Kategori : Science | Date : 29 March 2013
Ketika planet Jupiter dihantam Shoemaker Levy, sempat menjadi tontonan dari kosmik langka bagi manusia. Tahun depan para astronom memperkirakan planet Mars akan ditabrak komet C/2013 A1. Walau belum dipastikan, bila Mars ditabrak maka komet dapat menembu dan masuk menabrak permukaan Mars.

Komet C/2013 A1 baru ditemukan 3 Januari 2013 lalu. Saat ini para astronom hanya memiliki waktu singkat untuk membuat perhitungan apakah ada kemungkinan Mars ditabrak komet tersebut. Diperkirakan sekitar 19 Oktober 2014 C/2013 A1 bisa menabrak Mars, walau kemungkinan tersebut sangat kecil.  Masalahnya tidak ada yang tahu apakah arah komet akan bergerak sesuai perhitungan. Komet C/2013 A1 pertama ditemukan oleh observasi Australian Siding Spring.

Ukuran komet sekitar 1-3km bergerak dengan kecepatan 56km peretik. Bila menabrak Mars akan menghasilkan tabrakan setara kekuatan 35 juta megaton TNT. Atau terjadi meteor shower dari dampak pecahan komet
Pihak NASA mengatakan ada peluang peralatan yang ada di Mars dapat mengabadikan lintasan komet tersebut tahun depan. Termasuk peralatan Maven akan diluncurkan bulan November 2013 untuk analisa atmosfir planet Mars, termasuk melihat komet di Mars. Maven akan tiba lebih dahulu beberapa minggu sebelum kedatangan komet  C/2013 A1

+ news.discovery.com/space




Mengirim barang dan astronot ke pesawat ISS setidaknya membutuhkan waktu 2 hari. Dari peluncuran, mulai mendekat, merapat dan docking. Kali ini lebih cepat. Pesawat Soyuz Progress 70 hanya membutuhkan waktu 4 jam, mengalahkan rekor Soyuz 34 di tahun 2013.

Apa yang terjadi bila sebuah meteor sangat besar menghantam bumi. Setidaknya berukuran 500km, atau setingkat dengan planet kerdil / Dwarf Planet. Ukuran kecil malah tidak membahayakan. Yang berbahaya adalah gelombang kejut dan panas ledakan asteroid ketika jatuh menjadi meteor.

Bila manusia benar pindah ke Mars, mungkin mereka yang beragama Islam akan dilarang untuk pergi kesana. Kelompok pemimpin di Uni Emirat Arab mengeluarkan keputusan bahwa umat Islam seharusnya tidak pergi ke planet Mars.



Nasa memberikan video rekaman dari salah satu satelit yang ada di planet Mars. Seperti apa bentuknya, apakah seperti melihat bumi yang bulat dan biru. Permukaan Mars berupa gurun berbatu

Fisikawan Inggris Stephen Hawking memperingatkan kepada kita, manusia tidak akan bertahan di bumi. Nasihatnya, kita harus pergi ke luar angkasa, dan kita tidak akan bertahan di planet yang rapuh ini kecuali melarikan diri ke planet lain.

Mungkin kita bertanya seperti apa bentuknya. Seandainya Bumi menjadi bulan di planet Saturnus, Neptunus atau Jupiter yang lebih besar atau sebaliknya. Mungkin lebih indah, tetapi tidak untuk 3 planet yang besar

Seorang profesor dari universitas Indiana mengatakan "Kita berada di dalam lubang hitam yang ada di alam semesta lain". Secara khusus sebuah lubang hitam seperti mata air. Profesor Poplawski mengatakan versi modifikasi dari teori relativitas umum Einstein.



Peneliti mengatakan komet ISON akan terang seperti komet Lovejoy. Buntut komet akan terlihat jelas. Komet Pan Starrs adalah komet kedua yang terbaik untuk bisa dilihat.

Jorge Zuluaga dan Ignacio Ferrin dari universitas Antioquia di medellin mengunakan trigeometry ketinggian, kecepatan dan ketinggian serta posisi lintasan ketika jatuh ke bumi. Mereka menghitung dengan metode Monte Carlo untuk mengetahui arah orbit meteor tersebut. Kesimpulannya, meteor tersebut termasuk kelompok asteroid Apollo.

Satu lagi planet Kepler 37b ditemukan. Tetapi ukurannya hanya sepertiga dari ukuran planet bumi, bahkan diperkirakan sedikit lebih besar dari bulan. Planet Kepler 37b memiliki jarak 210 tahun cahaya, tidak terlalu jauh kata peneliti.

Galaksi spiral NGC 6872 yang ditemukan NASA menjadi galaksi spiral terbesar saat ini. Rentangnya mencapai 552 ribu tahun cahaya, dan jaraknya memang jauh sekitar 212 juta tahun cahaya dari Bumi.


No popular articles found.