Tip membangun computer gaming, apa yang perlu diperhatikan apa yang tidak


Hardware | 29 March 2013

Memiliki computer yang kuat seperti computer gaming memerlukan analisa yang cerdas. Computer harus memiliki procesor dan VGA yang kuat, tetapi perlu di ingatkan bahwa perangkat seperti ini menghasilkan panas. Mengingat perangkat hardware untuk gaming computer saat ini agak berbeda dibanding teknologi sebelumnya. Monitor semakin lebar, harga memory computer sudah terjangkau, teknologi SSD semakin murah, jumlah inti procesor semakin banyak dan semakin rapat.

Beberapa tip untuk membangun dan membeli peralatan computer untuk gaming bisa dilihat informasi dibawah ini.

Memilih casing

Beli case dengan ukuran cukup besar untuk memuat VGA dan peralatan lain di dalamnya. Ukuran bisa dimulai dari medium tower keatas, tetapi tidak di ukuran mini tower. Bila tertarik mengunakan watercooler, carilah case dengan ukuran cukup besar. Karena beberapa disain watercooler menempatkan ukuran radiator pendingin yang besar dan memanjang. Ukuran case dapat direncakan dari awal dengan melihat kebutuhan hardware untuk PC game.

Memilih Procesor

Pikirkan panas procesor. Khususnya bila tertarik dengan procesor sekelas 6 core. Anda tidak memerlukan procesor sebesar itu, pilih saja 4 core sudah cukup. Kecuali kebutuhan gaming dan kerja, bisa memanfaatkan procesor 6 core.

Ukuran VRAM atau memory VGA

VGA terkadang memakan budget hampir satu unit computer diluar perangkat VGA itu sendiri. Perlu diperhatikan apakah anda memerlukan VGA yang sangat kuat, karena semakin besar kekuatan VGA dan semakin besar pemakaian power. Membeli VGA yang besar akan berbanding ke budget untuk power supply. Lihat dahulu lebar layar monitor untuk computer, semakin besar layar monitor maka disarankan mengunakan VGA dengan 2-4 GB memory. Bisa memilih VGA kelas mainstream atau middle end yang kebutuhan powernya tidak terlalu besar. Kecuali membutuhkan detail gambar sempurna pada game, pilihan hanya jatuh di VGA kelas high end.
Berapa resolusi yang anda butuhkan dalam permainan game. Bila setara qHD atau UHD (Ultra HD video 3840x2160pixel) maka mutlak dibutuhkan VRAM 4GB.

Memilih kapasitas memory untuk PC

Harga memory sudah murah, tetapi harganya mulai bergerak naik. Tidak perlu membeli memory terlalu besar, khususnya bagi OS 32 bit yang terbatas dan terpakai sampai 3,4GB dan sisanya tidak akan digunakan oleh Windows.
Bila mengunakan OS 64 bit bisa memilih kapasitas RAM diatas 4GB, mungkin 8GB sudah cukup. Atau 16GB untuk mereka yang membutuhkan aplikasi besar seperti game dengan monitor ukuran besar, video editing, edit foto dan lainnya. Saat ini banyak penguna computer dengan OS 64bit, karena dapat mengoptimalkan kinerja memory computer.
Di tahun 2014, banyak pengembang game dan aplikasi memerlukan memory sangat besar. Rata rata meminta 6GB untuk game dan aplikasi akan menyarankan OS 64 bit.

Kemampuan SSD

SSD mahal tapi berguna. Menghindari pembelian SSD untuk gaming, tunggu dulu. SSD memiliki kecepatan lebih baik dari harddisk. Harddisk umumnya memberikan kecepatan sampai 150MB/s, SSD dapat mencapai 500MB/s. Kecepatan rata SSD mencapai 2x lebih cepat dari harddisk. Keuntungan SSD tidak hanya di game saja. Bila anda sering mengutak utik aplikasi seperti video editing yang memerlukan kecepatan storage. Kemampuan SSD lebih bermanfaat. Penguna SSD tidak perlu khawatir ketika mengcopy file besar dalam hitungan GB diantara partisi. Tinggal copy dan paste di dalam SSD, tanpa ada bunyi dan cepat. Ukuran bisa dimulai dari 90GB, atau 120GB. Pasang dibagian Boot dan semua sistem computer disana, termasuk file temporary Windows dan game. Biarkan harddisk anda bekerja untuk media penyimpan utama, sisanya ditempatkan ke SSD yang lebih cepat. SSD nyaris tidak perlu di defrag, isi sampai mendekati pentuh dan buang sisa file yang tidak dipakai ketika space mulai habis. Umur SSD berbeda dengan harddisk. Semakin jarang di Write maka SSD memiliki umur lebih lama.

Jangan percaya iklan, tapi ketahui apa yang ditawarkan oleh produk premium. Lihat kebutuhan anda.

Yang perlu dianalisa lebih lanjut seperti :
  • Power supply kelas sertifikasi 80Plus Platinum, mahal, efisien, hemat power. Harga mahal tapi menjamin perangkat hardware aman dan bukan sebagai power supply yang hemat saja tapi kestabilan output power.
  • Memory DDR untuk gaming. Tidak banyak mempercepat tetapi menjamin kestabilan computer bekerja. Tidak perlu terlalu tinggi dalam angka Mhz, kecuali anda memang membutuhkan semua perangkat ala high end.
  • Monitor dengan gambar yang baik belum tentu cocok untuk gaming. Khusus teknogi layar IPS, umumnya memiliki respontime 5ms G to G. Sedangkan LCD biasa sudah mencapai 2ms. Monitor dengan layar IPS akan lebih lambat tapi warnanya sangat baik tap[i belum tentu cocok untuk gaming. Saat ini kecepatannya monitor dengan layar IPS masih lebih lambat dibanding layar LCD biasa. Untuk game, periksa spesifikasi monitor apakah memiliki speed yang cukup.
  • Mekanik keyboard, hardcore gaming membutuhkan perangkat ini. Walau agak berbunyi, tetapi akurasinya lebih baik, pantukan ketukan tut keyboard rata rata stabil selama umur pemakaian. Umurnya lebih lama dan harganya lebih mahal. Jangan membeli keyboard murah dengan iming iming kata mekanik. Periksa tipe Tut keyboard umumnya mengunakan Tut Cherry MX karena sudah terjamin handal.
  • SSD menjadi alternatif dan paling dibutuhkan. Sekali mencoba kemampuan SSD maka anda tidak akan pernah melirik harddisk.
  • Dan terakhir garansi lokal dari masing masing produk bila terjadi masalh, dan bukan garansi yang tertera di website

Berita terkait
Apa yang kita bayangkan dengan computer dengan watercooler, tenang dan tidak berisik dan disain menarik dilihat orang lain. Computer Maingear R1 Razer Edition adalah kombinasi 2 perusahaan yang merancang computer gaming khusus. Tampil di pameran IFA dengan spesifikasi awal Core i5 6500

Banyak aplikasi yang berfungsi mematikan aplikasi dan membersihkan RAM Android. Apakah itu perlu atau memperburuk kinerja smartphone Android. Melihat fungsinya terlihat berguna, prakteknya tidak bahkan akan menganggu.



Butuh case berbentu seperti furnitur atau meja tulis. Lian Li mengeluarkan model Lian Li DK-01, DK-02 dan DQ-01. Bentuknya memang meja, hanya dibawah daun meja diberiktan tempat untuk perangkat computer.

Harga memory computer sudah murah, tapi apakah efektif meningkatkan performa computer. Saat ini banyak DDR memory dan computer sudah bekerja dengan kecepatan 1333Mhz. Tapi kecepatan Mhz pada memory belum tentu meningkatkan performa computer.

Disain board kecil, anti getaran, anti guncang. Terpasang dengan procesor Intel, dirancang untuk kondisi agak kacau alis lingkungan keras. Dapat dihubungkan untuk 3 monitor.

Gigabyte GA 6LXSV dan GA LASS, keduanya untuk procesor Xeon seri E3-1200 V3. Disain motherboard untuk procesor server tersebut dibuat dengan form factor ATX. GA 6LXSV misalnya dapat dipasang di case tower  atau rack server.

Kingston menawarkan HyperX Beast dan memory entry level dengan warna hitam. HyperX Beast adalah bagian dari seri memory Predator, ditawarkan dari 4 sampai 8GB memory modul dengan kecepatan tertinggi sampai 2400Mhz



Nvidia kembali serang AMD dengan GeForce GTX 650 Ti Boost. Ributnya kedua perusahaan membuat gamer bergembira hati, karena harga dan performa keduanya menurunkan harga VGA dibawah $200. AMD menempatkan Radeon HD 7790 di kelas $150 dengan memory 1GB.

Powercolor langsung memperkenalkan VGA AMD terbaru HD 7790. Ada 2 model dengan berbeda clock dan fan pendingin. PowerColor Turbo Duo HD 7790 OC sudah di overclock 25Mhz dari model aslinya. Heatsink pendingin lebih besar dengan 2 fan.

Corsair keluarkan keyboard game key pad K70 dengan switch Cherry MX. Mengunakan bahan aluminium kyeboard untuk bodi dan di cat hitam atau warna asli aluminium




No popular articles found.
< /body>